Declared Distance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Declared Distance adalah publikasi status jarak operasional yang tersedia disekitar permukaan utama landas pacu dalam area sisi udara bandar udara yang diberitahukan kepada seluruh pengguna area untuk lepas landas dan mendarat, seperti pilot, pemandu lalu lintas udara, dan yang personil yang berkaitan dalam hal keselamatan penerbangan. Pilot akan mengacu pada decleared distance seperti untuk mengambil keputusan apakah panjang landas pacu memadai untuk melakukan lepas landas.

Rincian[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah istilah jarak yang perlu dipublikasi dan dihitung dengan satuan meter atau kaki bagi landas pacu yang digunakan oleh maskapai penerbangan komersil yang menjalani rute internasional:

TORA[sunting | sunting sumber]

Take Off Run Available (TORA) adalah panjang landas pacu yang tersedia untuk dipergunakan pesawat udara saat lepas landas, tanpa melibatkan stopway dan clearway.

TORA = Panjang landas pacu

ASDA[sunting | sunting sumber]

Accelerate Stop Distance Available (ASDA) adalah panjang landas pacu yang tersedia untuk dipergunakan pesawat udara saat lepas landas, ditambah dengan panjang stopway jika tersedia.

ASDA = Panjang landas pacu + Stopway (jika ada)

TODA[sunting | sunting sumber]

Take Off Distance Available (TODA) adalah panjang landas pacu yang tersedia untuk dipergunakan pesawat udara saat lepas landas ditambah dengan panjang clearway jika ada.

TODA = Panjang landas pacu + Clearway (jika ada)

LDA[sunting | sunting sumber]

Landing Distance Available (LDA) adalah panjang landas pacu yang dapat dipergunakan pesawat udara saat mendarat dengan syarat jika thereshold tidak dipindahkan, apabila ada kondisi kerusakan landas pacu atau perbaikan yang menyebabkan thereshold dipindahkan, maka panjang LDA yang tersedia adalah panjang landas pacu setelah thereshold dipindahkan.

ASDA = Panjang landas pacu (sesuai kondisi thereshold aktif)

Ilustrasi Publikasi[sunting | sunting sumber]

Decleared distance

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Publikasi decleared distance dapat ditemukan dalam sebuah NOTAM apabila ada perubahan tertentu di sebuah bandar udara, atau secara keseluruhan ditemukan di dalam buku Aeronautical Information Publication (AIP), selain itu pada umumnya juga terdapat dalam publikasi data teknis bandar udara seperti pada Aerodrome Manual atau buku standar pengoperasian bandar udara. Jika arah landas pacu tidak dapat digunakan untuk lepas landas atau mendarat, atau keduanya karena alasan tertentu, maka akan dinyatakan dan istilah not usable atau singkatan "NU" yang disampaikan untuk dimasukkan kedalam data Aeronautical Information Publication (AIP) sebagai data permanen atau data sementara.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Aerodromes - Annex 14 to the Convention on International Civil Aviation, Aerodrome Design and Operations, Volume 1 (edisi ke-4 (Fouth edition)), International Civil Aviation Organization, July 2004, ISBN 92-9194-376-2 
  2. "Order JO 7340.1Z: Contractions" (PDF). Federal Aviation Administration. March 15, 2007.