Decima Moore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Decima Moore

Lilian Decima, Lady Moore-Guggisberg, CBE (11 Desember 1871 – 18 Februari 1964), lebih dikenal dengan nama panggungnya Decima Moore, adalah seorang penyanyi dan aktris Inggris, yang dikenal karena penampilannya dalam bermain soprano yang di produksi oleh Perusahaan Opera D'Oyly Carte ia juga terjun di bidang komedi musik. Dia adalah anak bungsu dari sepuluh bersaudara (karenanya, dinamai "Decima"). Adiknya, aktris Eva Moore, adalah ibu dari aktris Jill Esmond, istri pertama Laurence Olivier.[1]

Moore membuat debut panggungnya dibintangi sebagai Casilda di Gilbert and Sullivan hit, The Gondoliers, pada tahun 1889 pada usia 17 dan tinggal dengan perusahaan selama dua tahun. Dia kemudian membintangi berbagai drama teater West End dan musik selama dua tahun berikutnya, bergabung dengan perusahaan George Edwardes untuk menciptakan peran cerdas Rose Brierly dalam hit komedi musik Edwardian berjudul A Gaiety Girl pada tahun 1893. Setelah tur dengan perusahaan Edwardes di musikal, dia kembali ke Inggris dan opera ringan kemudian memainkan peran Scent of Lilies di The Rose of Persia (1899) juga tampil dk Florodora (1900–01) dan My Lady Molly (1903).

Pada tahun 1905, Moore menikah dengan Mayor (kemudian menjadi Brigadir Jenderal) Sir Frederick Gordon Guggisberg, pindah bersamanya ke Afrika Barat. Selama dekade berikutnya, dia sering kembali ke Inggris dan juga melakukan tur, kebanyakan di teater resmi, serta bernyanyi di konser. Pada tahun 1908, dia adalah salah satu anggota pendiri Liga Waralaba Aktris dan menjadi sangat aktif dalam gerakan hak pilih. Penampilan panggung terakhirnya di London adalah pada tahun 1914. Selama Perang Dunia I, Moore bekerja di Prancis atas nama tentara Inggris. Pada tahun 1918 ia dianugerahi CBE atas jasanya untuk negaranya. Moore aktif dalam pekerjaan amal selama masa pensiunnya yang panjang. Dia adalah pencipta asli terakhir dari peran Gilbert dan Sullivan yang masih hidup.

Réferensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baker, Anne Pimlott. "Moore, (Lilian) Decima (1871–1964)", oxforddnb.com, Oxford University Press, September 2004; accessed 12 February 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]