Daxia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Karakter Tionghoa untuk Ta-Hsia atau Daxia

Daxia, Ta-Hsia, atau Ta-Hia (Hanzi: 大夏; Pinyin: Dàxià) adalah nama yang diberikan pada zaman kuno oleh Tiongkok Han kepada Tukhara atau Tokhara: bagian utama dari Bactria, yang wilayahnya meliputi Afghanistan modern, dan sebagian selatan Tajikistan dan Uzbekistan.

Nama "Daxia" mula-mula muncul dalam catatan-catatan Tiongkok dari abad ke-3 SM, untuk menyebut sebuah kerajaan di barat jauh – memungkinkan kemungkinan sebuah kontak pertama dengan ekspansi kerajaan Yunani-Bactria – dan kemudian digunakan oleh penjelajah Zhang Qian pada 126 untuk menyebut Bactria.

Diyakini, pada masa lalu "Daxia" menyandingkan atau menyamakan Tokhara dengan negara Dahae (di pesisir tenggara Laut Kaspia), yang biasanya dikenal dalam sumber-sumber Tiongkok klasik sebagai Dayi (Hanzi: 大益; Pinyin: Dayi).[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut sejarawan Tiongkok Yu Taishan, Shijii menyebut duta-duta terpisah dari Huanqian 驩潛 (Khwarezm), Dayi 大益 (Dahae), Suxie 蘇薤 (Soghdia), dan lain-lain. ([spp131_chinese_dynasties_western_region.pdf Yu Taishan, 2004, "A History of the Relationship Between the Western & Eastern Han, Wei, Jin, Northern & Southern Dynasties and the Western Regions", Sino-Platonic Papers, no. 131 (March)], p. 19.