Dawuh Guru Media

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dawuh Guru
Logo Dawuh Guruu
Tanggal pendirian27 November 2017
PendiriAhmad Ali Adhim
Didirikan diYogyakarta
TipeKomunitas Kreator Konten Keislaman
Kantor pusatJl. Tambora RT 01 RW 04 Kalipang, Sugio, Lamongan
Lokasi
PemilikAhmad Ali Adhim
Situs webdawuhguru.co.id

Dawuh Guru adalah komunitas pembuatan konten quote-quote[1] keislaman yang berasal dari Indonesia.[2] Namanya dikenal melalui karya desainnya yang tersebar di berbagai media diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube. Dawuh Guru juga aktif membuat konten artikel keislaman yang bersifat moederat dalam rangka pencegahan berita bohong di dunia maya.[3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dawuh Guru didirikan pada 27 November 2017 di Kota Yogyakarta, komunitas konten kreator konten keislaman ini didirikan oleh Ahmad Ali Adhim, lahir dan terbentuk dari santri-santri yang aktif menulis dan membuat konten di Pesantren Kreatif Baitul Kilmah di bawah asuhan Sastrawan Dr. KH. Aguk Irawan Lc., M.A. Sejak aktif di Mesia Sosial, komunitas ini semakin dikenal karena desain kontennya tersebar di dunia maya, dan beberapa kali diundang untuk mengisi acara pelatihan jurnalistik, penulisan karya sastra, pengelolaan media,[4] maupun desain grafis di berbagai daerah.[5]

Penelitian tentang Dawuh Guru[sunting | sunting sumber]

  • Jurnal berjudul Tindak Tutur Akun Instagram Dawuhguru Sebagai Bahan Ajar Teks Poster.[6]
  • Skripsi berjudul Analisis Wacana Norman Fairclough Tentang Dakwah Islam Akun Instagram Dawuh Guru.[7]
  • Skripsi berjudul Pengaruh Akun Instagram @dawuhguru Terhadap Peningkatan Minat Membaca Al Qur'an Followers.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 15 Kata-Kata Quotes Nasihat dari Tokoh Nusantara, Cocok untuk Caption, Keren, Inspiratif dan Penuh Makna, Sragen Update, Pikiran Rakyat. Diakses 14 Maret 2023.
  2. ^ Datangkan Founder Dawuh Guru, PMII Serius garap Literasi di Purworejo, Suara Merdeka. Diakses 19 Januari 2022.
  3. ^ Libatkan Founder Dawuh Guru, PMII Serius Garap Literasi di Purworejo, Pikiran Rakyat. Diakses 19 Januari 2022.
  4. ^ Founder Dawuh Guru dan Rumah Kearifan Yogyakarta Rumuskan Literasi Digital yang Edukatif, Kilat News. Diakses 14 Maret 2023.
  5. ^ Datangkan Founder Dawuh Guru, PMII Serius Garap Literasi di Purworejo, Purworejo 24. Diakses 19 Januari 2022.
  6. ^ Tindak Tutur Akun Instagram Dawuhguru Sebagai Bahan Ajar Teks Poster, Annisa Rakhmawati, Denik Wirawati. 2021. Kode Jurnal Bahasa Universitas Negeri Medan. Diakses 14 Maret 2023.
  7. ^ Analisis Wacana Norman Fairclough Tentang Dakwah Islam Akun Instagram Dawuh Guru, Mukhammad Khaqqul Yaqin. 2021. Perpustakaan UIN Khas Jember. Diakses 14 Maret 2023.
  8. ^ Pengaruh Akun Instagram @dawuhguru Terhadap Peningkatan Minat Membaca Al Qur'an Followers, Hutasuhut, Oktavia Dernayanti. 2023. Electronic Theses IAIN Ponorogo. Diakses 14 Maret 2023.