Dataran Tiongkok Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Dataran Tiongkok Utara (Hanzi Sederhana: 华北平原; Hanzi Tradisional: 華北平原; Pinyin: Huáběi Píngyuán) adalah sebuah wilayah yang berbasis di deposit-deposit Sungai Kuning dan merupakan dataran aluvial terbesar di timur Asia. Dataran tersebut berbatasan di bagian utara dengan Pegunungan Yanshan dan di sebelah barat dengan wilayah dataran tinggi Pegunungan Taihang, Shanxi ('pegunungan barat'). Di bagian selatan, wilayah tersebut bergabung dengan Dataran Yangtze. Dari timur laut sampai tenggara, dataran tersebut bersebelahan dengan Laut Bohai, dataran tinggi Semenanjung Shandong, dan Laut Kuning. Sungai Kuning mengalir di sepanjang pertengahan dataran tersebut sampai Laut Bohai.

Bagian selatan dari dataran tersebut secara tradisional disebut sebagai Dataran Tengah (Tionghoa: 中原; Pinyin: Zhōngyuán), yang membentuk sipilisasi Tiongkok.[1][2]

Dataran tersebut meliputi sebuah wilayah dengan luas sekitar 409,500 meter pkiloersegi (158,109 sq mi), yang kebanyakan memiliki ketinggian kurang dari 50 meter (160 ft) di atas permukaan laut. Dataran bertanah kuning datar tersebut adalah wilayah utama dari produksi sorghum, milet, maizena, dan kapas di China. Gandum, wijen, dan kacang tanah juga tumbuh disana. Dataran tersebut merupakan salah satu wilayah terpadat di dunia.

Beijing, sebuah ibukota nasional, terletak di sebelah timur laut dataran tersebut, dengan Tianjin, sebuah kota industrial berpengaruh dan pelabuhan komersial, berada di dekat pesisir timur laut-nya. Ladang minyak Shengli di Shandong adalah sebuah basis petroleum berpengaruh. Wilayah tersebut juga merupakan tempat menuju ke Sungai Kuning.

Dataran Tiongkok Utara adalah wilayah di sekitaran Sungai Kuning dan anak-anak sungainya, serta sebuah stepa kosong pada bagian Utara.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BASIC INFORMATION ON CHINA
  2. ^ Keekok Lee (24 Oktober 2008). Warp and Weft, Chinese Language and Culture. Strategic Book Publishing. hlm. 39–40. ISBN 978-1-60693-247-6. Diakses tanggal 2 November 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Dataran di China Templat:Topik Hebei Templat:Topik Henan

Koordinat: 36°34′48″LU 117°09′36″BT / 36,58°LU 117,16°BT / 36.58000; 117.16000