Dataran Ishikari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dataran Ishikari dilihat dari atas.

Dataran Ishikari adalah dataran terluas di Hokkaido (4.000 km2)[1] yang terletak di wilayah Hokkaido Tengah. Dataran ini juga disebut Dataran Rendah Sungai Ishikari.[2] Dataran ini merupakan dataran terluas kedua di Jepang setelah Dataran Kantō.[3]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Dibatasi oleh Pegunungan Mashike di sebelah utara, Pegunungan Yubari di sebelah timur, Laut Jepang di sebelah barat, dan Dataran Tinggi Vulkanik Goshi serta kaki Gunung Berapi Tarumae di sebelah selatan.[1] Bersama dengan Dataran Yufutsu di selatan, tempat ini disebut Dataran Rendah Ishikari.[2] Dataran Ishikari terletak di daerah aliran tengah dan muara Sungai Ishikari, yang merupakan sungai kelas satu terbesar di Hokkaido.

Daerah tepi kiri Sungai Ishikari di Dataran Ishikari dihuni oleh deretan kota-kota besar seperti Kota Sapporo, Ebetsu, Chitose, Iwamizawa, Takikawa, dan Fukagawa. Lebih dari dua perlima dari total populasi Hokkaido, yaitu 2,2 juta orang, tinggal di wilayah ini.[1] Di sisi lain, daerah tepi kanan Sungai Ishikari merupakan daerah pedesaan yang terdiri dari desa-desa seperti Desa Shinshinotsu, Kota Tsukigata, dan Kota Urausu.[1] Dataran Ishikari terbagi antara Subprefektur Ishikari dan Subprefektur Sorachi, dan bagian dataran yang termasuk dalam wilayah Sorachi juga dikenal sebagai Dataran Sorachi.

Sebelum era pembangunan Hokkaido pada zaman Meiji, Dataran Ishikari dulunya merupakan lahan basah luas yang disebut "Rawa Ishikari" dengan luas total 63.110 hektar. Rawa ini terbentang di antara Sungai Ishikari, anak-anak sungainya, dan berbagai danau kecil. Perkeretaapian dan pusat kota di wilayah metropolitan Sapporo dibangun dengan menghindari area rawa ini. Seiring waktu, lahan basah ini berangsur-angsur menghilang dan berubah menjadi lahan pertanian. Hal ini terjadi karena pembangunan saluran drainase, pelurusan sungai berkelok untuk pengendalian air, dan peningkatan tanah.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d 石狩平野 石狩市、2022年11月29日閲覧。
  2. ^ a b 尾崎正紀・小松原琢「石狩低地帯及び周辺地域の 20 万分の 1 陸域地質図及び説明書」 地質調査総合センター、2022年11月29日閲覧。
  3. ^ "日本一広い平野はどこ? トップ3とあわせて 日本の地形の特徴もおさえよう【親子で学ぶ日本地理】 | HugKum(はぐくむ)". hugkum.sho.jp (dalam bahasa Jepang). 2023-02-23. Diakses tanggal 2024-02-07. 
  4. ^ 【あっちこっち湿地】(4)開発前の石狩地方に巨大湿原(山田伸一=北海道博物館学芸主査)『北海道新聞』夕刊2021年7月26日2面