Darna Ajaib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Darna Ajaib
Darna Ajaib poster 1980.jpg
Poster bioskop Darna Ajaib
Sutradara Lilik Sudjio
Produser S. Widirga
Yanto Tanujaya
Laurence Kosasih
Penulis Sofyan Sharna
Pemeran Lydia Kandou
Dian Ariestya
Donny Nurhadi
A. Hamid Arief
Kusno Sudjarwadi
Nani Widjaya
Rina Hasyim
Nia Zulkarnaen
Ria Irawan
Ryan Hidayat
Teddy Mala
Musik Gatot Sudarto
Sinematografi Leo Fioole
Penyunting Ismail Marzuki
Studio Penas
PFN
AOI (Tokyo)
Cine Centrum Hilversum
Distributor Cancer Mas Film
Tanggal rilis 1980
Durasi 95 menit
Negara Indonesia

Darna Ajaib adalah film pahlawan super remaja Indonesia tahun 1980 yang disutradarai oleh Lilik Sudjio. Film ini dibintangi antara lain oleh Lydia Kandou, Dian Ariestya, dan Donny Nurhadi. Film ini juga menampilkan bintang cilik Ria Irawan, Nia Zulkarnaen, dan Ryan Hidayat. Connie Sutedja juga tampil sebagai bintang tamu.

Film ini dibuat berdasarkan serial komik pahlawan super "Darna" karya komikus Armin Tanjung, yang terinspirasi dari tokoh pahlawan super yang bernama sama ciptaan Mars Ravelo, komikus dari Filipina.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Lastri, istri Suhendar yang tinggal di sebuah kampung dan tak kunjung dikaruniai anak, tiba-tiba hamil dan melahirkan anak perempuan yang berbadan kobra, dia meninggal karena ketakutan melihat wujud anaknya, sedangkan suaminya meninggal setelah diserang sebuah kekuatan yang jahat. Di kota Jakarta, Dewo dan istrinya yang telah mengandung begitu lama, mendapatkan seorang anak perempuan diiringi dengan fenomena yang tak kalah aneh, bunga-bunga bermekaran dan bayinya lahir terbungkus di dalam sebuah selaput ajaib. Duabelas tahun kemudian, puteri Lastri dipungut oleh Paman dan Bibinya dan diberi nama Malia (Ria Irawan), kekuatan anehnya yang tidak diketahui siapapun menjatuhkan korban sehingga dia melarikan diri ke kota. Di sisi lain, Darna (Nia Zulkarnaen), puteri Dewo, kini mengetahui bahwa dirinya dapat memiliki kekuatan luar biasa yang diperolehnya dari kalung yang berisikan selaput ajaib yang membungkus dirinya sewaktu dia lahir. Malia diangkat sebagai anak oleh pasangan yang cukup berada di Jakarta dan disekolahkan. Di sekolah, dia bertemu dan akhirnya menjadi teman baik dengan Darna dan Doddy (Ryan Hidayat) dan ketiganya menjadi sahabat karib.

Beranjak remaja, Malia (Dian Ariestya), Darna (Lydia Kandou), dan Doddy (Donny Nurhadi) mulai mengenal asmara. Doddy sama-sama menyukai Malia maupun Darna, akhirnya memilih Malia sebagai kekasih namun masih menjalin hubungan dekat dengan Darna. Karena kesewenangan Doddy dalam menjalin hubungan tersebut, hubungan Malia dan Darna kini diwarnai kecemburuan yang semakin memanas. Kekuatan aneh Malia pun mulai kembali muncul dan mengakibatkan korban jiwa berjatuhan, termasuk sepupu perempuan Doddy, dan akhirnya Ibunda Doddy. Malia akhirnya bertemu dengan orang tuanya yang sebenarnya, raksasa iblis jahat yang memerintahkannya untuk membunuh siapa saja yang menyakiti hatinya, termasuk teman-temannya. Di sisi lain, kekuatan Darna pun semakin luar biasa, dia dapat berubah wujud, terbang, dan berlari secepat kilat. Akhirnya Darna harus memilih antara persahabatannya dengan Malia atau memberantas kejahatan yang diturunkan oleh ayah Malia yang sebenarnya.[1]

Tokoh dan pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Darna Ajaib, diakses pada 17 Mei 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]