Danilo Türk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danilo Türk
Presiden Slovenia
Masa jabatan
23 Desember 2007 – Sekarang
Perdana MenteriJanez Janša
Borut Pahor
Sebelum
Pengganti
Sedang Menjabat
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir19 Februari 1952 (umur 72)
Maribor, Yugoslavia
(kini Slovenia)
Partai politikIndependen
Suami/istriBarbara Miklič
Alma materUniversitas Ljubljana
Universitas Belgrade
Situs webwww.daniloturk.si/
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Danilo Türk (pronounced [tyrk]; lahir 19 Februari 1952) adalah arus Presiden Slovenia. Ia juga seorang pengacara dan diplomat.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Türk lahir di sebuah keluarga kelas menengah bawah di Maribor, Slovenia (kemudian bagian dari Republik Federal Sosialis Yugoslavia). Ayahnya meninggal ketika ia masih kecil. Dia menghadiri II bergengsi. Gimnasium SMA di Maribor. Pada tahun 1971 ia masuk ke Universitas Ljubljana di mana ia belajar hukum. Ia memperoleh gelar MA dengan tesis pada hak-hak minoritas dari Universitas Beograd 's Fakultas Hukum. Pada tahun 1978, ia menjadi asisten dosen di Fakultas Hukum di Ljubljana. Pada tahun 1982, dia memperoleh gelar PhD dengan tesis pada prinsip non-intervensi dalam hukum internasional. Pada tahun 1983, ia menjadi direktur Institut untuk Hukum Internasional Universitas Ljubljana. Pada tahun-tahun berikutnya, dia bekerja pada hak-hak minoritas. Pada pertengahan 1980-an, ia bekerja sama dengan Amnesty International untuk melaporkan isu-isu hak asasi manusia di Yugoslavia.

Antara 1986 dan 1992, ia menjabat sebagai Pelapor Khusus PBB tentang Realisasi Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Pada tahun 1990, ia kembali ke Slovenia sebagai anggota Komisi Konstitusi Slovenia Majelis Nasional dipimpin oleh Prancis Bučar dan Peter Jambrek. Dia co-menulis bab hak asasi manusia dalam Konstitusi Slovenia 19XX.

Diplomatik dan Karier Akademis[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1992 hingga 2000, Türk adalah pertama di Slovenia Wakil Tetap ke Perserikatan Bangsa-bangsa. Selama waktu ini, dia adalah presiden dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa pada bulan Agustus 1998 dan November 1999.[1] Dari tahun 2000 hingga 2005, ia menjabat sebagai Asisten Sekretaris PBB Jenderal untuk Urusan Politik. Pada tahun 2005 ia kembali ke Slovenia, menjadi profesor hukum internasional dan wakil dekan kemahasiswaan di Fakultas Hukum Universitas Ljubljana.

Pemilihan untuk Presiden[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2007 ia diterima untuk berjalan dalam pemilu 2007 presiden Slovenia. Sebagai calon independen, dia didukung oleh sebuah koalisi luas dari partai-partai sayap kiri, disusun oleh oposisiZaresdan Sosial Demokrat, yang Partai Demokrat pensiunan Slovenia, serta dengan ekstra-parlementer Kristen Sosialis dan Partai Demokrat. Dalam putaran pertama pemilihan presiden, yang diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2007, dia meletakkan kedua dengan 24,54% suara, yang membawa dia ke jangka-off melawan kandidat kanan tengah Lojze Peterle yang menerima 28,50% dari suara rakyat. Ia memenangkan jangka-off pada tanggal 11 November 2007 oleh tanah longsor, dengan 68,2% suara,[2] menjadi yang ketiga presiden Slovenia pada tanggal 23 Desember 2007.

Isu Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2011, Danilo Turk berhasil menjalani robot-dibantu kanker prostat bedah di Institut Urologi di Innsbruck, Austria. Media telah mempertanyakan keputusannya untuk melakukan operasi tersebut di luar negeri, seperti itu bisa juga dilakukan di Rumah Sakit Umum Celje di Slovenia.[3] Andrej Kmetec, Kepala Departemen Urologi di University Medical Centre Ljubljana menjelaskan bahwa dia telah menyarankan Türk untuk memilih pusat Innsbruck karena mereka memiliki lebih banyak pengalaman melakukan jenis seperti operasi dari Celje.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Presidents of the Security Council: 1990-1999", UN.org.
  2. ^ “UN diplomat wins Slovenia election”, Al Jazeera, 11. November 2007
  3. ^ "Predsednikova operacija v Avstriji ni nezaupnica slovenskemu zdravstvu" (dalam bahasa Slovene). MMC RTV Slovenia. 31 March 2011. 
  4. ^ "Predsednik Danilo Türk na operacijo v Avstrijo" (dalam bahasa Slovene). 31 March 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Janez Drnovšek
Presiden Slovenia
2007–Sekarang
Petahana