Danau Yamanaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Danau Yamanaka, Jepang
Lake-yamanaka.jpg
Citra satelit Danau Yamanaka (tahun 1975)
Jenis tubuh airDanau air tawar
Aliran keluar utamaSungai Sagami
Kedalaman rata-rata- m
Kedalaman maks.15,0 m
Volume air0,069 km³
Panjang pantai113,5 km
Ketinggian permukaan982 m
1 Pantai pantai merupakan perkiraan.

Danau Yamanaka (山中湖, Yamanaka-ko) adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi, Jepang. Di antara kelima danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, danau ini merupakan danau yang terluas, sekaligus danau terluas nomor 3 di Jepang. Selain itu, danau ini lokasinya lebih tinggi dibandingkan 4 danau lainnya yang terletak di kaki Gunung Fuji, tetapi yang paling dangkal. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu.

Pada tahun 1956, sekelompok anak SD yang sedang belajar di alam menemukan sekelompok tumbuhan air Marimo (Fuji Marimo) di danau ini.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Danau Yamanaka, di sebelah kiri adalah Gunung Fuji

Di antara kelima danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, danau ini letaknya paling tenggara, merupakan hulu Sungai Sagami yang di Prefektur Yamanashi disebut sebagai Sungai Katsura. Di antara kelima danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, danau ini merupakan satu-satunya danau yang menjadi hulu sebuah sungai.

Letak danau sangat tinggi di atas permukaan laut namun airnya dangkal, sehingga seluruh permukaan air danau menjadi es di musim dingin yang sangat dingin. Terakhir kali seluruh permukaan danau ini membeku adalah tanggal 10 Januari 2006.

Di salah satu bagian danau yang disebut teluk Hirano, permukaan danau selalu diselubungi es karena airnya sangat dangkal dan hampir-hampir tidak berombak. Di setiap musim dingin, orang memancing ikan di permukaan danau di Teluk Hirano setelah sebelumnya es dilubangi lebih dulu.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di sekeliling danau merupakan daerah peristirahatan dan terdapat banyak villa milik universitas dan perusahaan besar, berikut lapangan tenis, dan galeri. Selain itu, di pinggir danau terdapat rute khusus untuk bersepeda sambil melihat pemandangan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lima danau Fuji
Danau Kawaguchi | Danau Yamanaka | Danau Sai | Danau Shōji | Danau Motosu