Daldjono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daldjono
Nama lahirR. Geraldus Daldjono Hadisudibyo
Nama lainPak Dal
Lahir(1909-07-11)11 Juli 1909
Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hindia Belanda
Meninggal15 Oktober 1977
Yogyakarta, Indonesia
PekerjaanPengarang lagu anak-anak
Instrumenbiola

R. Geraldus Daldjono Hadisudibyo atau lebih dikenal dengan nama Pak Dal (11 Juli 1909 – 15 Oktober 1977) ialah Seniman berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa lagu-lagu perjuangan seperti Mars Bambu Runcing dan Mars Harapan Bangsa dan lagu anak-anak seperti Bintang Kecil dan Bunda Piara. Pak Dal merupakan ayah kandung dari Pencipta Lagu dan Penyanyi A. Riyanto. Pak Dal pernah dipercaya memimpin orkes yang tampil rutin di Radio Republik Indonesia Surakarta.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

R. Geraldus Daldjono Hadisudibyo atau yang dikenal dengan nama Pak Dal, lahir di Surakarta, Hindia Belanda, pada tanggal 11 Juli 1909. Dia merupakan salah satu seniman yang dikenal melalui karya-karyanya dalam bentuk lagu yang diciptakan dalam rangka memberikan semangat perjuangan kepada para pejuang yang sedang berjuangan memerdekakan Indonesia. Pak Dal dibesarkan dalam keluarga petani yang sederhana di Surakarta, Jawa Tengah. Meskipun demikian, kondisi itu tidak menghalangi dirinya untuk menjadi pencipta lagu andal. Bakatnya dalam bidang seni musik sudah terlihat sejak ia menjadi siswa Sekolah Rakyat (setingkat dengan Sekolah Dasar). Pada saat di Sekolah Rakyat, Pak Dal sering tampil dalam pertunjukan yang diadakan di sekolahnya. Begitu pula pada masa SMP dan SMA, Pak Dal dikenal di kalangan teman-teman sebagai anak yang memiliki kelebihan dalam bidang musik. Dia juga tergabung dalam kelompok paduan suara.

Meskipun dia memiliki bakat dalam bidang musik, Pak Dal tidak meneruskan pendidikannya secara formal di sekolah musik. Namun pada akhirnya dia memilih berprofesi sebagai seorang guru di SGA (Sekolah Guru Atas, setingkat SMA) dan menjadi dosen teori musik pada SAM (Sekolah Akademi Musik) Yogyakarta. Pak Dal tetap aktif menulis lagu hingga wafat pada tanggal 15 Oktober 1977 dalam usia 68 tahun.

Putra - Putri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]