Daftar suku bangsa di Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah peta etnolinguistik Myanmar (catatan: Sejumlah etnis minoritas tidak ada di dalam peta ini seperti suku Rakhine yang mencakup 3,5 persen populasi).

Myanmar (juga dikenal sebagai Burma) merupakan negara dengan etnis yang beragam mencapai 135 suku bangsa yang berbeda yang resmi diakui oleh pemerintah Myanmar. Suku-suku ini digolongkan dalam delapan "ras etnis nasional besar":

  1. Bamar
  2. Chin
  3. Kachin
  4. Karen
  5. Kayah
  6. Mon
  7. Rakhine
  8. Shan[1]

"Ras etnis nasional besar" utamanya digolongkan berdasarkan daerah alih-alih linguistik atau etnisitas, misalnya Ras Etnis Nasional Besar Shan beranggotakan 33 suku bangsa yang berbicara dalam bahasa yang tergolong dalam empat rumpun bahasa berbeda.[2]

Ada banyak suku bangsa yang tidak diakui, yang terbesar adalah Tionghoa Myanmar dan Panthay (bersama-sama membentuk 3% populasi), India Myanmar (yang membentuk 3% populasi), Rohingya, Anglo-Burma dan Gurkha. Tidak ada statistik resmi terkait populasi dua kelompok terakhir, tetapi diperkirakan berjumlah sekitar 52.000 Anglo-Burma di Myanmar dengan sekitar 1,6 juta di luar negeri.

Komposisi etnis di Myanmar (perkiraan kasar)
Bamar
  
68,00%
Shan
  
9,00%
Karen
  
7,00%
Tionghoa Myanmar
  
2,50%
Mon
  
2,00%
Kayah
  
1,83%
Rakhine
  
1,7%
Kachin
  
1,50%
India Myanmar (mayoritas Tamil Myanmar)
  
1,25%
Kelompok lainnya yaitu
Chin, Mizo Myanmar, Rohingya, Akha dan Lahu
  
4,50%
  1. ^ Retrieved from Myanmar Ministry of Hotels and Tourism webpage at Diarsipkan 20 December 2007 di Wayback Machine.
  2. ^ "Myanmar People & Races". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 June 2010. Diakses tanggal 14 December 2007.  Misalnya, suku Shan menuturkan sebuah bahasa Tai–Kadai, suku Lahu menuturkan sebuah bahasa Tibeto-Burma, suku Khmu menuturkan sebuah bahasa Mon–Khmer, dan suku Yao yang menuturkan sebuah bahasa Hmong–Mien.