Lompat ke isi

Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima Game of Thrones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penghargaan dan nominasi Game of Thrones
Games of Thrones logo
Jumlah[a]
Kemenangan 272
Nominasi 757
Referensi

Game of Thrones adalah seri televisi drama fantasi Amerika yang dibuat untuk HBO oleh David Benioff dan D. B. Weiss. Seri ini merupakan adaptasi dari A Song of Ice and Fire, seri novel fantasi karya George R. R. Martin.[1][2] Ceritanya, yang berlatar di benua fiksi Westeros dan Essos, memiliki beberapa alur cerita dan pemeran yang banyak. Alur cerita pertama mengikuti konflik dinasti di antara para penggugat yang bersaing untuk mendapatkan suksesi Iron Throne dari Seven Kingdoms, dengan keluarga bangsawan lainnya berjuang untuk kemerdekaan dari takhta. Yang kedua mencakup upaya untuk merebut kembali takhta oleh keturunan terakhir yang diasingkan dari dinasti penguasa yang digulingkan; yang ketiga mencatat ancaman musim dingin yang akan datang dan makhluk legendaris serta orang-orang ganas di Utara.[3]

Seri ini, yang sebagian besar ditulis oleh Benioff dan Weiss, telah dinominasikan untuk banyak penghargaan, termasuk delapan Golden Globe Awards (satu kemenangan), sepuluh Writers Guild of America Awards, delapan Producers Guild of America Awards (satu kemenangan), sepuluh Directors Guild of America Awards (dua kemenangan), delapan Art Directors Guild Awards (lima kemenangan), tiga puluh empat Saturn Awards (enam kemenangan), empat belas Satellite Awards (tiga kemenangan), dan Peabody Award (satu kemenangan). Seri ini telah menerima 164 nominasi Primetime Emmy Award, termasuk delapan nominasi Outstanding Drama Series berturut-turut, dengan total 59 kemenangan.[4] Game of Thrones menerima banyak nominasi, dengan penghargaan yang mengakui berbagai aspek dari seri seperti penyutradaraan, penulisan, pemeran, efek visual, atau kualitas keseluruhan.

Peter Dinklage adalah anggota pemeran yang paling banyak mendapat penghargaan dan nominasi, dengan penghargaan seperti Primetime Emmy Award dan Golden Globe untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam Seri. Ia juga satu-satunya anggota pemeran yang menerima Emmy. Selain itu, anggota pemeran Lena Headey, Emilia Clarke, Kit Harington, Maisie Williams, Nikolaj Coster-Waldau, Alfie Allen, Sophie Turner, Gwendoline Christie, Carice van Houten, Diana Rigg, dan Max von Sydow menerima nominasi Primetime Emmy Award untuk penampilan mereka dalam seri tersebut. Pemeran lainnya juga dipuji, banyak yang menerima berbagai nominasi penghargaan, termasuk enam nominasi Screen Actors Guild Award untuk Penampilan Luar Biasa oleh Ansambel dalam Seri Drama yang memberi penghargaan kepada semua pemeran utama untuk musim 1, 3, 4, 5, 6 dan 7. Pada tahun 2015, Game of Thrones mencetak rekor untuk memenangkan jumlah Primetime Emmy Awards tertinggi untuk sebuah serial dalam satu tahun, dengan 12 kemenangan dari 24 nominasi. Pada tahun 2016, serial ini menjadi serial yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah Emmy Awards, dengan total 38 kemenangan.[4] Hingga saat ini, Game of Thrones telah memenangkan 272 penghargaan dari 757 nominasi. Acara ini juga memegang enam rekor dunia dari Guinness Book of World Records, termasuk "Program TV yang paling banyak dibajak" dan "Siaran langsung drama TV terbesar".[5]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Meslow, Scott (April 9, 2012). "How 'Game of Thrones' Masters the Art of Adapting Novels for TV". The Atlantic. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 11, 2012. Diakses tanggal February 17, 2020. 
  2. ^ Armstrong, Jennifer (April 4, 2011). "'Game of Thrones': George R. R. Martin talks HBO show". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 22, 2019. Diakses tanggal February 17, 2020. 
  3. ^ Fowler, Matt (April 8, 2011). "Game of Thrones: "Winter is Coming" Review". IGN. Ziff Davis. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 17, 2012. Diakses tanggal July 10, 2016. 
  4. ^ a b Hibberd, James (September 18, 2016). "Game of Thrones makes Emmy history: Most awards ever". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2018. Diakses tanggal February 17, 2020. 
  5. ^ Swatman, Rachel (July 14, 2017). "Game of Thrones: 10 records deserving of the Iron Throne". Guinness World Records. Jim Pattison Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 14, 2019. Diakses tanggal January 21, 2020. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan