Daftar komik Asterix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Komik Asterix berbahasa Indonesia.

Daftar ini adalah semua komik Asterix, termasuk 33 komik dari komik resmi dan variasinya


Goscinny dan Uderzo[sunting | sunting sumber]

No. Judul Judul Perancis Latar utama Tahun terbit
1 Asterix Prajurit Galia Astérix le Gaulois Desa Galia 1961
Romawi mengetahui bahwa rahasia dari kekuatan Galia adalah ramuan ajaib yang diolah oleh dukun Panoramix, dimana Romawi memutuskan untuk menangkap sang Dukun dan meminta resep ramuan ajaib tersebut. Tergantung Asterix dan kawan-kawan untuk menolong Panoramix.
2 Asterix dan Sabit Emas La Serpe d'or Perjalanan ke Lutetia (Paris) 1962
Sabit Panoramix patah, maka Asterix dan Obelix mengajukan diri untuk pergi ke Lutetia membeli yang baru. Tetapi di Lutetia terjadi kelangkaan sabit emas yang misterius yang menyebabkan para pahlawan kita menyelidikinya.
3 Asterix dan Orang-orang Gothi Astérix et les Goths Jerman 1963
Dukun Panoramix ditangkap oleh sebuah suku dari orang-orang Gothi, maka Asterix dan Obelix harus menyelamatkannya.
4 Asterix Gladiator Astérix gladiateur Roma 1964
Assurancetourix ditangkap Romawi untuk dijadikan hadiah oleh Gubernur Galia Galigula Bibopus. Caesar tidak senang dengan hadiahnya dan meminta Assurancetourix untuk dijadikan umpan singa. Asterix dan Obelix menjelajahi Roma dan menjadi gladiator demi menyelamatkan Assurancetourix.
5 Perjalanan Keliling Galia Le Tour de Gaule d'Astérix Beberapa kota Perancis 1965
Romawi memutuskan untuk memblokade desa untuk mengalahkan desa Galia. Untuk menghilangkan blokade tersebut, Asterix menantang orang Romawi bahwa ia dan Obelix mampu melakukan perjalanan keliling Galia dan kembali ke desa dengan bermacam-macam makanan Galia dimana orang Romawi tidak akan bisa menghentikan mereka. Disini pertama kali Obelix bertemu anjingnya, Idefix.
6 Asterix dan Cleopatra Astérix et Cléopâtre Mesir Kuno 1965
Cleopatra marah setelah bangsanya dianggap rendahan oleh Caesar. Ia lalu bertaruh bahwa bangsa Mesir mampu membuat monumen besar dalam waktu singkat. Edifis yang menerima tugas tersebut meminta tolong Panoramix untuk membantunya. Namun, musuhnya dan Romawi berusaha untuk mengganggu pembangunan tersebut.
7 Pertarungan antar Kepala Suku Le combat des chefs Desa Galia 1966
Romawi bersekongkol dengan kepala desa Galia pro-Romawi untuk mengadakan pertandingan ritual antar kepala suku. Menhir Obelix menyebabkan Panoramix hilang ingatan, menyebabkan desa Galia tersebut tidak dapat menggunakan ramuan ajaib.
8 Asterix di Inggris Astérix chez les Bretons Inggris 1966
Satu desa di Inggris masih bertahan dibawah gempuran bangsa Romawi yang menyerang Inggris. Yolitorax meminta bantuan dari desa Galia untuk bertahan dari Romawi dan diberikan ramuan ajaib oleh dukun Panoramix. Asterix dan Obelix lalu membantu dan mengantar Yolitorax kembali ke Inggris.
9 Asterix dan Orang-orang Normandia Astérix et les Normands Inggris 1966
Bangsa Normandia sangat pemberani sampai-sampai mereka tidak punya konsep akan ketakutan. Mereka lalu datang ke desa Galia dan menculik keponakan kepala desa Abraracourcix, Goudurix.
10 Asterix Prajurit Romawi Astérix légionnaire Afrika 1967
Asterix dan Obelix bergabung ke legiun Romawi untuk mencari tunangan Panacea yang ikut di ketentaraan Romawi. Mereka lalu dikirim ke Afrika Utara untuk mengalahkan pengkhianat Scipio.
11 Perisai dari Arverna Le bouclier Arverne Berbagai kota di selatan Perancis 1968
Kepala desa Abraracourcix harus menjalani pengobatan di Arverna untuk menyembuhkan sakit maag-nya, ditemani oleh Asterix dan Obelix. Pada saat yang sama, Caesar memerintahkan serdadunya untuk mencari perisai milik pejuang Galia Vercingetorix yang telah berpindah tangan ke banyak orang.
12 Asterix di Olimpiade Astérix aux Jeux Olympiques Yunani 1968
Desa Galia memutuskan untuk mengirim Asterix sebagai delegasi untuk berpartisipasi di Olimpiade di Yunani, walaupun harus berpartisipasi menggunakan nama Romawi. Penyelenggara lomba lalu menyatakan bahwa penggunaan ramuan ajaib dilarang, sehingga Asterix harus berjuang dengan kekuatannya sendiri.
13 Asterix dan Panci Sup Bawang Astérix et le chaudron Galia 1969
Licixmunafix kepala suku tetangga meminta bantuan Abraraxourcix untuk menyembunyikan uang desanya (yang ditaruh di panci sup bawang) supaya tidak dipungut oleh pemungut pajak Romawi. Ketika uang yang diamanahkan tersebut hilang di bawah pengawasan Asterix, iapun terpaksa keluar dari desa untuk mengembalikan uang Licixmunafix demi menyelamatkan kehormatannya.
14 Asterix di Spanyol Astérix en Hispanie Spanyol 1969
Pepe, seorang anak kecil yang diculik Romawi untuk menjatuhkan mental bangsa Spanyol, berhasil diselamatkan oleh Asterix dan Obelix. Mereka lalu mengantar Pepe pulang ke tanah airnya.
15 Sang Penghasut La Zizanie Desa Galia 1970
Akalbusyukus dikenal sangat baik dalam menciptakan masalah. Caesar yang melihat potensinya dalam menciptakan perpecahan menyebabkannya dikirim ke desa Galia untuk memecahkan persatuan di desa tersebut.
16 Asterix di tengah-tengah Orang Swiss Astérix chez les Helvètes Swiss 1970
Inspektur pemeriksa keuangan Bhathukrhejanhus yang diracun Gubernur Condate Malarius meminta tolong Panoramix untuk menyembuhkannya, namun ia butuh bunga Bintang Perak untuk ramuan obatnya. Asterix dan Obelix lalu dikirim ke Swiss untuk mencari bunga yang dibutuhkan Panoramix, walaupun dengan berbagai macam rintangan.
17 Negeri Dewa-Dewa Le Domaine des dieux Sekitar desa Galia 1971
Caesar berusaha untuk menghancurkan bangsa Galia melalui kebudayaan, dimana ia akan mendirikan sebuah perumahan mewah Romawi di dekat desa tersebut. Warga desa lalu berusaha untuk menganggu pembangunan tersebut, walaupun akhirnya harus dihentikan demi bebasnya budak. Mereka lalu mulai mengganggu warga Romawi supaya meninggalkan Negeri Dewa-Dewa.
18 Mahkota Caesar Les Lauriers de César Roma 1972
Abraracourcix yang mabuk melantur bahwa ia akan membuat makanan yang dibumbui dengan mahkota Caesar. Ia lalu memerintahkan Asterix dan Obelix ke Roma untuk mengambil mahkota Caesar.
19 Sang Peramal Le Devin Desa Galia 1972
Seorang peramal palsu berteduh di rumah kepala desa, yang lalu mulai mengeluarkan ramalan-ramalan kepada warga desa. Setelah si peramal keluar dari desa, Warga desa lalu meminta kepada peramal tersebut untuk meramal masa depannya, dengan meminta uang dan makanan sebagai "bahan bacaan". Selanjutnya, ia ditangkap Romawi, namun akhirnya diperintahkan untuk mengusir warga desa dengan memberikan ancaman bencana.
20 Asterix di Corsica Astérix en Corse Korsika 1973
Sebagai bentuk perayaan atas kemenangan Vercingetorix di Gergovia, warga desa Galia dan kawan-kawan bangsa lainnya menyerang satu kamp Romawi, yang ternyata menyimpan satu tahanan dari Korsika, Trompetpianikabiolalala, yang merupakan kepala suku. Asterix dan Obelix lalu menemaninya kembali ke Korsika, untuk menyatukan suku-suku yang terpecah melawan Romawi.
21 Hadiah dari Caesar Le Cadeau de César Desa Galia 1974
Seorang pemilik pesanggrahan, Orthopedix, mendapatkan sertifikat kepemilikan tanah dari seorang pemabuk Romeomintaigus yang menggunakannya untuk membayar birnya. Ia lalu menantang kedudukan Abraracourcix sebagai kepala desa setelah ditekan istrinya. Hal ini menyebabkan perpecahan di desa tersebut. Parahnya lagi, Romeomontaigus meminta tentara di salah satu kamp di dekat desa Galia untuk mengambil kembali desa tersebut.
22 Asterix Menyeberang Samudera Le Grand traversée Amerika Utara 1975
Ordralfabetix yang menutup warung ikannya karena tidak punya ikan (yang dia impor dari Lutetia) menyebabkan Panoramix tidak senang karena ikan dibutuhkan untuk membuat ramuannya. Asterix dan Obelix lalu bersukarela untuk menangkap ikan di laut, namun gagal dan akhirnya tersesat. Mereka lalu menemukan daratan yang rupanya adalah Amerika Utara dan bertemu warga asli dan diundang ke desa mereka, namun akhirnya mereka kabur dari desa. Sekelompok penjelajah Viking lalu mendarat di daerah yang sama dan membawa Asterix dan Obelix ke kapal mereka.
23 Obelix dan Kawan-kawan Obélix et Compagnie Desa Galia 1976
Caesar berusaha untuk mengalahkan bangsa Galia dengan uang, yang ia upayakan dengan mengirim penasihat keuangannya ke desa Galia. Sang penasihat lalu mulai membeli menhir dengan harga yang meningkat setiap harinya. Hal ini menyebabkan warga desa lain mulai membuat menhir dan membayar orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Rencana Caesar tersebut gagal karena ia mulai kehabisan dana, adanya perebutan pasar yang sengit antara menhir buatan lokal dan Mesir, serta boikot dari pengrajin menhir lokal.
24 Asterix di Belgia Astérix chez les Belges Belgia 1979
Kepala desa Abraracourcix marah ketika mendengar Caesar menyatakan bahwa bangsa Belgia adalah yang terkuat dari seluruh bangsa taklukannya. Abraracourcix, ditemani oleh Asterix dan Obelix, lalu pergi ke Belgia untuk membuktikan bahwa pernyataan Caesar tersebut salah.

Uderzo[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalnya Goscinny, Uderzo meneruskan serial tersebut sendiri. Ia menulis cerita dengan tema bermacam-macam, seperti feminisme dan alien, selain itu ia juga membuat cerita dengan perjalanan ke India dan Atlantis. Serial karangan Uderzo ini seringkali dikritik karena kekurangan unsur-unsur humor dan gaya tulisan dari Goscinny. Walaupun sebagian fans menganggap Asterix berakhir di komik Asterix di Belgia - komik terakhir yang dibuat bersama oleh Goscinny dan Uderzo - minat terhadap serial Asterix selanjutnya tidak menunjukkan penurunan.

No. Judul Judul Perancis Latar utama Tahun terbit
25 Desa Belah Tengah Le Grand fossé Desa di Galia 1980
Asterix dan Obelix berkunjung ke desa Galia yang terbagi dua karena rivalitas kepala desa. Namun anak kepala desa yang berseberangan saling mencintai dan menolak perpecahan. Bersama Asterix dan Obelix, mereka berjuang untuk menyatukan desa itu kembali.
26 Perjalanan ke Mesopotamia L'Odyssée d'Astérix Timur Tengah 1981
Panoramix kehabisan minyak batu karang yang menyebabkan Asterix dan Obelix bersedia untuk mencari minyak tersebut. Seorang dukun yang merupakan agen Romawi, Nolnolpituix, ikut serta dalam perjalanan, namun juga berusaha untuk menggagalkan misi mereka.
27 Bayi Asterix Le Fils d'Astérix Desa Galia 1983
Asterix dan Obelix dikejutkan oleh seorang bayi yang ditinggalkan di depan rumah mereka, dimana Asterix lalu terpaksa mengurus bayi tersebut karena tidak ada yang tahu siapa orang tuanya. Di sisi lain, tentara Romawi yang dipimpin Brutus berusaha untuk mendapatkan anak tersebut, yang ternyata adalah anak kandung Caesar, Caesarion.
28 Asterix dan Putri Rahazade Astérix chez Rahazade India 1987
Seorang fakir dari India, Raykapurit, meminta tolong Assurancetourix untuk membuat hujan di negerinya yang sedang kekeringan. Asterix dan Obelix lalu menemani Assurancetourix ke India untuk membuat hujan turun, dan menyelamatkan putri Rahazade yang akan dikorbankan.
29 Mawar dan Pedang Bermata Dua La Rose et le glaive Desa Galia 1991
Seorang feminis, Youpielatula, datang ke desa dan menggantikan Assuranceturix sebagai guru desa dan "membebaskan" perempuan-perempuan di desa. Hal itu menyebabkan para pria di desa tersebut keluar dan mengasingkan diri. Caesar secara rahasia mengirim satu batalion wanita untuk mengalahkan desa tersebut, setelah mendapat kabar bahwa bangsa Galia tidak akan menyerang wanita.
30 Obelix yang Malang La Galère d'Obélix Atlantis 1996
Obelix meminum sepanci penuh ramuan ajaib Panoramix sehingga ia berubah menjadi batu, lalu anak kecil. Setelah itu, sekelompok budak kabur dan membawa kapal Caesar, budak tersebut lalu masuk ke desa Galia setelah mengetahui tentang kekuatan mereka. Mereka semua lalu melakukan perjalanan ke Atlantis untuk menolong Obelix kembali menjadi tua.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Cerita di dalam 33 album resmi selalu berjumlah 44 halaman.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.asterix.co.nz - “…the 44 pages of the normal Asterix comics.”

Pranala luar[sunting | sunting sumber]