Daftar episode Sakura Quest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sakura Quest diarahkan oleh Soichi Masui dan diproduksi oleh P.A.Works. Ini berjalan selama 25 episode dan ditayangkan di Jepang dari 5 April hingga 20 September 2017 di Tokyo MX, dengan siaran lebih lanjut di ABC, AT-X, BS11, dan Tulip TV.[1] Alexandre S. D. Celibidache dikreditkan dengan karya asli,[2] dan naskahnya ditulis oleh Masahiro Yokotani. Kanami Sekiguchi berdasarkan desain karakter yang digunakan dalam anime pada desain asli Bunbun.[3] Musik ini diproduksi oleh band (K)NoW_NAME, yang juga melakukan lagu pembukaan dan penutup. Lagu pembukaan pertama adalah "Morning Glory" dan lagu penutup pertama adalah "Freesia".[4] Lagu pembukaan kedua adalah "Lupinus" dan lagu penutup kedua adalah "Baby's Breath".[5] Anime ini dilisensikan oleh Funimation di Amerika Utara dengan dubbing bahasa Inggris,[6] dan serial ini dialirkan oleh Crunchyroll dengan subtitle bahasa Inggris.[2]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul[a] Tanggal[7]
1"Off to Magical Manoyama"
"Ma no Yama e" (魔の山へ)
5 April 2017
Yoshino berusaha mencari pekerjaan di Tokyo sebelum dia lulus dari perguruan tinggi, tetapi memiliki sedikit keberuntungan. Dia akhirnya menerima tawaran pekerjaan untuk bertindak sebagai Ratu untuk desa pedesaan Manoyama. Meskipun telah pindah keluar dari kota pedesaan untuk menikmati kehidupan kota di Tokyo, Yoshino memutuskan untuk menerima pekerjaan itu, hanya untuk mencari tahu dari dewan pariwisata kota bahwa dia dipekerjakan berdasarkan identitas yang salah. Namun demikian, Yoshino menjalani upacara "penobatan", dan melihat bahwa seperti kampung halamannya, Manoyama sedang menurun dan berjuang secara ekonomi. Sebagai akibat gagal membaca kontraknya, Yoshino menemukan bahwa dia harus tinggal di Manoyama selama satu tahun, bukan satu hari seperti yang awalnya dia pikirkan. Dia mencoba untuk melarikan diri dari kota, tetapi berhenti ketika dia secara tidak sengaja melukai Kadota. Ketika dia secara tidak sengaja terkunci di luar asrama, Yoshino menghabiskan malam di "istana" kota, di mana dia menemukan bahwa sebagai seorang anak, dia adalah tamu ke-100.000 kota dan Ratu kota sebelumnya. Keesokan paginya, Yoshino menerima penolakan dari lamaran pekerjaan terakhirnya, dan dengan enggan menerima posisinya sebagai Ratu.
2"The Gathering of the Five Champions"
"Tsudoishi Gonin no Yūshatachi" (集いし五人の勇者たち)
12 April 2017
Untuk merayakan penobatan Ratu baru, Kadota membeli seribu kotak Manjū dan tugas-tugas Yoshina dengan menjual semuanya. Dia berjanji kepada Yoshino bahwa jika dia dapat menjual seluruh Manjū dalam waktu satu minggu, maka dia akan dibebaskan dari kontraknya. Pertama, Yoshino merekrut Sanae untuk mendesain halaman web online untuk mencoba menjual Manjū melalui internet, tetapi situs tersebut gagal mengambil lalu lintas. Maki kemudian menyarankan mereka memfilmkan iklan, dan Shiori mengundang Ririko untuk bertindak sebagai juru kamera. Iklan itu melibatkan Yoshino yang membantai "Chupakabura", monster mitos lokal kota ini. Namun, meskipun upaya terbaik mereka, mereka tidak dapat menjual semua Manjū sebelum batas waktu. Sementara kesal, gadis-gadis memutuskan untuk makan beberapa sisa Manju bersama dan mengakui bahwa mereka masing-masing bersenang-senang bekerja sama. Yoshino kemudian mengungkapkan keinginannya untuk melihat bunga sakura kota dengan semua orang, terlepas dari fakta bahwa bunga sakura tidak akan mekar selama dua minggu lagi.
3"The Cry of the Mandrake"
"Mandoreiku no Sakebi" (マンドレイクの叫び)
19 April 2017
Yoshino terus berusaha membantu merevitalisasi Manoyama, dengan sedikit keberhasilan. Selama wawancara televisi, Yoshino menyadari bahwa dia sebenarnya tidak tahu banyak tentang kota, atau apa yang harus dilakukan untuk benar-benar mengubah keadaan. Namun, ketika dia mencoba bertanya pada penduduk kota apa yang mereka pikir harus dilakukan, mayoritas dari mereka akhirnya menjadi benar-benar apatis terhadap situasi mereka. Yoshino meneliti sejarah kota sedikit lebih jauh dan mengetahui bahwa Manoyama terkenal dengan lobaknya, dan mencoba memasarkan maskot berbahan dasar lobak yang disebut "Kabura Kid", yang berakhir dengan kegagalan. Kadota kemudian memiliki ide untuk menggunakan Chupakabura sebagai maskot kota terhadap keinginan Merchant Board, menghasilkan perseteruan saat ini antara papan Tourism dan Merchant. Yoshino dan Kadota kemudian menuju kompetisi Regional Mascot Festival, tetapi kepala untuk kostum Chupakabura salah tempat di tempat sampah. Kadota kemudian pergi untuk memutuskan apakah akan memakai topeng Chupakabura kotor, atau topeng Kabura Kid, yang dia tidak suka. Frustrasi pada kebingungan semua orang, Yoshino membuat Kadota mengenakan topeng Kabura Kid, tetapi ketika dia naik ke panggung, dia membuat pidato yang tulus tentang bagaimana dia akan menemukan sesuatu yang akan membuat warga kota Manoyama bersatu untuk memperbaiki kota mereka. Setelah itu, Yoshino secara resmi meminta bantuan Shiori, Maki, Ririko, dan Sanae untuk membantunya sebagai "Menteri" nya.
4"The Lone Alchemist"
"Kokō no Arukemisuto" (孤高のアルケミスト)
26 April 2017
Yoshino dan teman-temannya membantu Sanae pindah ke kabin mereka. Di perjalanan, truk mereka rusak dan mereka meminta bantuan Doku, mekanik dan penemu lokal Manoyama, untuk memperbaikinya. Doku juga memberi mereka prototipe exoskeleton bertenaga yang ia kembangkan untuk membantu mereka memindahkan barang-barang mereka. Setelah mendengar bahwa kota ini memiliki distrik ukiran kayu besar, Yoshino mendapat ide untuk menggunakan keterampilan pemahat kayu untuk membantu mempromosikan Manoyama. Namun, Dewan Pariwisata telah mencoba untuk mempromosikan pemahat kayu kota dengan sedikit keberhasilan di masa lalu. Yoshino kemudian mendapat ide untuk menggabungkan ide-ide baru dan lama dengan mendekorasi exoskeleton dengan ukiran kayu. Ketika ide itu tidak terbukti praktis, mereka malah memutuskan untuk menghias mesin penjual otomatis Changu yang berubah menjadi menyerupai ukiran kayu Buddha. Namun, proyek itu membuat para pemahat kayu yang lebih konservatif dan Dewan Pedagang, membiarkan Yoshino dan teman-temannya tidak yakin apa yang harus dilakukan. Sanae kemudian mengaku pada Yoshino bahwa dia meninggalkan Tokyo karena dia lelah bekerja sendiri, dan menyadari bahwa dunia akan terus berjalan meskipun apakah dia melakukan sesuatu atau tidak. Dia kemudian memberitahu Yoshino bahwa dia tidak memiliki motivasi untuk menjadi salah satu Menteri dan pergi.
5"The Budding Yggdrasil"
"Yugudorashiru no Mebae" (ユグドラシルの芽生え)
3 Mei 2017
Yoshino dan teman-temannya, dengan pengecualian Sanae, memulai program studi yang ketat untuk mengetahui semua yang mereka bisa tentang ukiran kayu. Setelah menemukan bahwa pemahat kayu Manoyama terus mengubah produk mereka seiring waktu berubah, Yoshino mendapatkan ide untuk membangun istana besar dari patung kayu sebagai objek wisata yang disebut "Sakura Pond Familia". Namun, Kadota menunjukkan masalah siapa yang akan mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk membangun struktur semacam itu. Yoshino berhasil mendapatkan dukungan dari Tuan Sandal, yang adalah seorang seniman lokal yang sangat terkenal. Sementara itu, Sanae terus bertanya-tanya apa tujuannya di Manoyama. Dia memiliki pembicaraan singkat dengan Yoshino, yang mengatakan kepadanya bahwa bahkan jika ada yang bisa digantikan dalam pekerjaan, orang perorangan akan selalu memiliki hasil yang berbeda. Didorong, Sanae mulai mengambil langkah untuk membuat Sakura Pond Familia menjadi kenyataan. Dia pertama-tama menyarankan memulai dengan mendirikan panel ukiran kayu tradisional di stasiun kereta Manoyama, sementara pada saat yang sama mempromosikan lini produk ukiran kayu seperti sepatu desainer, yang semua orang setuju. Setelah itu, beberapa pengunjung tiba di stasiun kereta api melihat ukiran kayu dan terpesona saat melihat mereka.
6"The Rural Masquerade"
"Den'en no Masukarēdo" (田園のマスカレード)
10 Mei 2017
Dewan Pariwisata mempersiapkan kedatangan kru film yang akan menggunakan Manoyama sebagai lokasi untuk film. Karena kekurangan staf dan anggaran terbatas untuk film, Yoshino dan teman-temannya setuju untuk membantu kru keluar, dengan pengecualian Maki yang tampaknya enggan terlibat dalam film. Namun, mereka dengan cepat mengetahui bahwa sutradara adalah seorang pria yang agak eksentrik yang cenderung terus mengubah alur film. Salah satu perubahan yang dia minta adalah membakar rumah terlantar setempat untuk sebuah adegan, yang membuat Shiori tidak nyaman. Meskipun dia mendapat izin dari pemilik rumah, Shiori berbohong dan mengatakan pada yang lain dia tidak bisa menghubungi mereka. Sementara itu, syuting dimulai dan menderita lebih banyak kemunduran ketika salah satu aktris kecil terluka dan tidak dapat menampilkan kembali perannya. Yoshino bertanya pada Maki apakah dia bisa berdiri, menyebabkan Maki dengan marah menangkapnya dan menyerbu. Marah, Sanae pergi untuk menghadapi Maki ketika dia melihat Maki ternyata berkenalan dengan pemimpin perempuan film itu, Moe. Maki menjelaskan kepada Sanae bahwa dia merasa dia tidak memiliki dorongan untuk menjadi aktris sejati dan memutuskan untuk mencari beberapa pengejaran lain dalam hidup. Sanae menghukum Maki karena dengan begitu mudah meninggalkan sesuatu yang dia dedikasikan hidupnya dan menyuruhnya untuk meminta maaf kepada Yoshino sebelum pergi. Sementara itu, Yoshino terus mencari dukungan.
7"The Mansion in Purgatory"
"Rengoku no Yakata" (煉獄の館)
17 Mei 2017
Ririko bertindak sebagai saksi untuk aktor yang hilang, dan memiliki kesulitan melakukan adegan sampai Maki memberinya beberapa pelatihan. Maki kemudian mengatur untuk mengumpulkan sejumlah anak-anak untuk bertindak sebagai "mini-zombies", berkat ayahnya yang menjadi wakil kepala sekolah lokal. Namun, Maki mulai mengingat masa kecilnya dan kecintaannya pada akting, yang membuatnya kesal. Dia kemudian melihat video dari drama sekolah tua dia di bahwa ayahnya difilmkan. Sementara itu, Yoshino menghubungi pemilik rumah yang ditinggalkan dan mengetahui bahwa mereka sudah memberi izin kepada Shiori. Dia menghadapi Shiori yang mengakui bahwa dia telah menghabiskan masa kecilnya di rumah dan memiliki kenangan indah tentang hal itu. Shiori menyadari bahwa keputusan untuk membakar rumah bukanlah miliknya untuk dibuat dan memungkinkan pembuatan film untuk dilanjutkan. Pada hari terakhir syuting, persiapan untuk membakar rumah sedang dibuat. Namun, sang sutradara membuat keputusan kedua untuk membuat lompatan pahlawan ke dalam api membakar dengan kekasihnya. Sisanya kru enggan membahayakan Moe, tetapi Maki relawan menjadi stunt dobelnya, akhirnya menemukan gairahnya untuk berakting lagi. Adegan ini sukses dan syuting selesai, dan Shiori menemukan bahwa Yoshino telah mengajukan permohonan untuk memiliki wanita yang dulu tinggal di rumah dimasukkan dalam kredit. Setelah itu, Dewan Pariwisata menerima permintaan syuting lainnya, meskipun sang sutradara bahkan membuat tuntutan yang lebih memalukan seperti meledakkan sebuah kuil.
8"The Fairy's Recipe"
"Yōsei no Reshipi" (妖精のレシピ)
24 Mei 2017
Yoshino dan para menterinya membantu Shiori memanen tanaman keluarganya, dan bertemu dengan kakak perempuan Shiori, Sayuri. Sayuri bekerja sebagai perawat di rumah sakit di kota tetangga dan berencana pindah ke sana untuk membuat perjalanan menjadi lebih mudah. Sementara itu, Yoshino menyelenggarakan C-Rank Gourmet, yang berencana untuk datang dengan hidangan tanda tangan untuk Manoyama yang diharapkan akan menarik wisatawan ke kota. Namun, semua upaya yang dilakukan oleh Yoshino dan para menterinya untuk membuat hidangan mereka sendiri berakhir dengan kegagalan, jadi mereka malah memutuskan untuk berkonsultasi dengan restoran lokal kota. Mereka kemudian bertemu Kumano, seorang kenamaan lama Sayuri yang baru saja kembali ke Manoyama dari Prancis, dan berniat untuk mewarisi restoran keluarganya. Shiori kemudian mengetahui bahwa Sayuri dan Kumano sama-sama meremukkan satu sama lain di SMA, yang tak satu pun dari mereka sadari. Kemudian, Nyonya Oribe yang marah menghadapkan Yoshino, menunjukkan bahwa C-Rank Gourmet telah dijadwalkan pada hari yang sama dengan festival musim panas tahunan, menempatkan acara Dewan Pariwisata dalam persaingan langsung dengan Dewan Pedagang. Yoshino kaget pada pengawasan dan meminta maaf. Meskipun ketika Ny. Oribe bertanya kepada Yoshino apa yang dia rencanakan untuk memperbaiki masalah, Shiori melangkah dan meyakinkan semua orang bahwa dia akan datang dengan rencana yang akan membuat semua orang senang.
9"The Lady's Scales"
"Shukujo no Tenbin" (淑女の天秤)
31 Mei 2017
Mengambil alih acara Dewan Pariwisata, Shiori memutuskan untuk mengubahnya menjadi sebuah kontes di mana peserta berkompetisi dengan membuat sajian Sōmen terbaik, dengan resep pemenang menjadi hidangan khas Manoyama. Karena Sōmen adalah makanan pokok setempat, Dewan Pedagang tidak keberatan dengan rencana Shiori. Yoshino dan para menterinya keluar untuk merekrut kontestan. Yoshino bertemu dengan Dokushima dan memintanya untuk mengembangkan mesin pembuat Sōmen khusus sementara Shiori dan yang lainnya berbicara dengan Kumano lagi, yang menyebutkan bahwa dia awalnya pergi ke Prancis untuk berlatih sebagai juru masak untuk mengesankan Sayuri. Ketika Sayuri bersiap untuk meninggalkan kota, Kumano bertemu dengannya lagi dan bertanya padanya mengapa dia tidak pernah bertemu dengannya di stasiun kereta untuk mengucapkan selamat tinggal sebelum dia pergi ke Prancis. Sayuri menjawab bahwa dia juga telah menunggu di stasiun pada waktu yang telah disepakati tetapi tidak pernah melihatnya, meninggalkan keduanya bingung. Setelah festival dimulai, Shiori sangat gembira melihat kerumunan besar yang hadir. Yoshino memamerkan mesin arcade Sōmen-making interaktif miliknya, dan sementara Shiori tidak memenangkan kontes, resep Happy Sōmen-nya menjadi sangat populer. Shiori juga angka bahwa alasan mengapa Sayuri dan Kumano tidak pernah bertemu karena Sayuri adalah sengaja menggunakan kalender usang dan datang pada hari yang salah sebagai hasilnya, dan membersihkan sampai kesalahpahaman di antara mereka. Kontes ini sukses, dan Yoshino memberi Shiori gelar resmi "Menteri Mediasi."
10"The Dragon's Soft Spot"
"Doragon no Gekirin" (ドラゴンの逆鱗)
7 Juni 2017
Yoshino ditugasi untuk membantu menyelenggarakan "Rural Romance Matchmaking Tour" untuk Komunitas Klub setempat, di mana tiga wanita dari kota telah diundang untuk mengunjungi Manoyama untuk mencari calon pelamar. Yoshino dan menteri-menterinya mengatur jadwal yang direncanakan untuk tur, yang termasuk mengajarkan tarian tradisional wanita Manoyama, yang diajarkan kepada semua gadis di kota. Yoshino juga tertarik untuk mempelajarinya, meskipun Ririko menyatakan bahwa dia tidak pernah tertarik untuk mempelajari dansa. Pada hari pertama Matchmaking Tour, Yoshino dan Maki menyapa tiga wanita dan memperkenalkan mereka kepada anggota tunggal Klub Komunitas. Mereka kemudian mengatur barbekyu malam di samping danau setempat, di mana para wanita dan Klub Komunitas semakin berbaur. Yoshino, Maki, Shiori, dan Sanae melakukan Manoyama Dance, dengan Ririko menolak untuk berpartisipasi. Kadota menjelaskan kepada para wanita bahwa tarian itu awalnya diciptakan untuk menangkis seekor naga yang hidup di danau. Hujan badai tiba-tiba menghantam, memaksa semua orang melarikan diri untuk berlindung. Namun, dalam kebingungan, patung naga batu tanpa sengaja terjatuh dan rusak. Ketika seorang manusia besar yang tidak dikenal muncul dari danau, Ririko dipisahkan dari anggota kelompok lainnya dan mencari perlindungan di halte bus terdekat.
11"The Forgotten Requiem"
"Bōkyaku no Rekuiemu" (忘却のレクイエム)
14 Juni 2017
Keesokan harinya, Yoshino mengatur agar patung naga itu diperbaiki, meskipun teman-temannya bercanda bahwa mereka sekarang dikutuk oleh naga itu. Sementara itu, Ririko mengasingkan dirinya di bawah kedok dingin, karena ia merenungkan bagaimana ia tampaknya tidak cocok dengan sisa kota. Saat tur perjodohan terus berlanjut, terungkap bahwa kakek buyut Tuan Sandal bertemu di Manoyama, yang berarti keturunannya berasal dari suku Manoyama. Yoshino juga menemukan bahwa ibu Ririko berasal dari luar kota, tetapi akhirnya pergi dan bercerai. Dengan ibunya pergi dan ayahnya bekerja di luar negeri, Ririko tinggal bersama neneknya. Namun, ketika tur bergerak melalui kota, mereka mulai menemukan petunjuk bahwa mereka sedang diikuti oleh orang asing yang misterius. Ririko mulai mempelajari legenda naga, dan memberitahu Yoshino bahwa ada interpretasi yang berbeda. Alih-alih menangkis naga itu, tarian itu awalnya seharusnya menenangkannya, tetapi karena kesalahpahaman naga bersembunyi dalam ketakutan dan mati sendirian, dan penduduk desa yang menyesal menulis lagu untuk menghormati naga. Untungnya, Tuan Sandal kebetulan tahu lagu itu, karena diturunkan dari nenek yang hebat kepadanya. Malam itu, pada acara terakhir dari tur, terungkap orang asing misterius itu sebenarnya adalah pacar salah satu gadis yang mengunjungi yang mengikutinya ke kota. Ririko kemudian mengatasi rasa malunya dan menyanyikan lagu naga, membuat semua orang terkesan. Keesokan harinya, para gadis kembali ke rumah, tetapi berjanji untuk kembali mengunjungi Manoyama lagi, dan Ririko menunjukkan bahwa mereka dapat memasarkan kota sebagai tempat yang populer untuk kawin lari.
12"The Dawn Guild"
"Yoake no Girudo" (夜明けのギルド)
21 Juni 2017
Ketika Yoshino dan para menterinya bersiap untuk Festival Pendirian yang akan datang, mereka didekati oleh Amamiya. Dia adalah produser untuk serial dokumenter populer yang disebut Moving Mountains, dan sebagai penduduk asli Manoyama, dia tertarik untuk memfilmkan sebuah episode yang berfokus pada Dewan Pariwisata Manoyama. Sambil syuting berjalan dengan lancar, Amamiya merasa terganggu dengan fakta bahwa Yoshino tampak terlalu "normal", yang dapat membuat sulit bagi pemirsa untuk tertarik padanya. Setelah itu, Yoshino mengungkapkan kepada teman-temannya bahwa dia adalah 100.000 pengunjung ke kota di masa mudanya, dan meskipun kisah itu menjadi sempurna untuk Amamiya, teman-temannya setuju untuk merahasiakan fakta itu di antara mereka. Keesokan harinya, dewan kesulitan menemukan sponsor untuk mendanai Festival Found ketika Amamiya tiba dan membiarkan mereka tahu dia mengamankan band terkenal Ptolemaios untuk tampil di festival, dan bahkan meyakinkan jaringannya untuk mendanai penuh acara tersebut. Tugas terakhir mereka adalah meyakinkan Dewan Pedagang dan Klub Komunitas untuk mengizinkan distribusi kupon kepada para turis untuk bisnis Manoyama. Meskipun banyak anggota yang menolak pada awalnya, Yoshino berhasil mengumpulkan dukungan yang cukup dari orang-orang yang dia bantu untuk meyakinkan Ny. Oribe untuk mendukung rencananya. Malam itu, Yoshino dibangunkan oleh Maki dan Sanae, yang menunjukkan kepadanya kerumunan orang yang telah tiba di antisipasi untuk konser Ptolemaios, yang merupakan tanda positif untuk kehadiran festival.
13"The Marionette's Banquet"
"Marionetto no Kyōen" (マリオネットの饗宴)
28 Juni 2017
Kedatangan Ptolemaios menarik banyak orang ke Manoyama, yang menghadiri Festival Pendirian saat mereka menunggu konser dimulai. Namun, kebanyakan penonton lebih tertarik pada Ptolemaios daripada festival. Ketika konser ditunda dan dimulai di tengah-tengah kontes trivia, banyak penonton yang pergi untuk melihat konser sebagai gantinya. Terlepas dari kemunduran ini, Yoshino dan para menterinya dapat menyelesaikan kontes trivia dan festival berakhir dengan kehadiran lebih dari 6.000 orang. Kemudian, ketika Moving Mountains mengudara, para gadis cemas untuk menemukan bahwa episode itu diedit dengan cara yang salah mengartikan bagaimana persiapan festival benar-benar terjadi, dan tidak menunjukkan rekaman Festival Pendirian yang sebenarnya, melainkan berfokus pada Ptolemaios. Selain itu, hanya dua puluh dari seribu kupon yang didistribusikan telah ditebus, menunjukkan bahwa tidak ada tamu yang memutuskan untuk kembali ke kota. Yoshino menyadari bahwa terlepas dari semua usahanya, tidak ada yang benar-benar berubah di kota. Merasa tidak nyaman, ia mengepak kopernya dan pergi ke stasiun kereta.
14"The Queen, Convicted"
"Kokuō no Danzai" (国王の断罪)
5 Juli 2017
Setelah Festival Pendirian, Yoshino dan para menterinya pergi berlibur dan berpisah. Yoshino kembali ke kampung halamannya, Sanae mengunjungi teman-temannya di Tokyo, Maki pergi untuk melihat salah satu drama Moe, dan Shiori dan Ririko mengerjakan proposal untuk mengubah rumah kosong Manoyama menjadi tempat tidur dan sarapan. Sanae pergi minum-minum dengan teman-temannya, yang membahas kesulitan pekerjaan kantor dan membangun bisnis mereka sendiri, dan mereka mencatat bahwa Sanae tampaknya lebih percaya diri dan yakin sejak mereka terakhir melihatnya. Maki makan malam dengan Moe, yang meyakinkannya untuk menghadiri lokakarya akting yang diselenggarakan oleh seorang sutradara terkenal. Yoshino bertemu kembali dengan keluarganya dan teman-teman lamanya, dan menghadiri festival lokal kotanya. Setelah melihat bagaimana kotanya tampaknya telah direvitalisasi, Yoshino mendapatkan kembali keinginan untuk membantu Manoyama, dan orang tuanya mengatakan kepadanya bahwa mereka berencana membawa seluruh keluarga untuk mengunjunginya di sana suatu hari nanti. Kembali ke Manoyama, Shiori dan Ririko memeriksa salah satu rumah yang kosong, di mana mereka bertemu dengan sekelompok turis berbahasa Spanyol. Sementara para turis ramah dan tidak bermaksud jahat, Shiori dan Ririko tidak dapat mengerti bahasa Spanyol dan menjadi takut pada mereka.
15"The Queen's Return"
"Kokuō no Kikan" (国王の帰還)
12 Juli 2017
Yoshino, Maki, dan Sanae kembali ke Manoyama, di mana mereka bertemu dengan para turis Spanyol di istana. Shiori dan Ririko menjelaskan bahwa mereka adalah bagian dari kelompok yang disebut "Cryptid Twelve", yang datang ke Manoyama untuk menemukan Chupakabura yang mistis. Secara kebetulan, kota ini akan melakukan "pengeringan", yang merupakan prosedur yang belum pernah dilakukan selama 70 tahun di mana Sakura Pond sepenuhnya terkuras untuk mengendalikan populasi black bass. Harapan Cryptid Twelve bahwa pengeringan kolam dapat mengungkapkan bukti Chupakabura. Namun, akan membutuhkan waktu dua minggu bagi kolam untuk benar-benar kering, meskipun Yoshino dan menteri-menterinya berhasil menemukan penginapan untuk Cryptid Twelve menggunakan paket B&B mereka. Sementara itu, Kadota tampaknya bermasalah memikirkan kolam yang dikeringkan. Suatu malam, Kadota melihat sesuatu di kolam dan melompat masuk. Dia hampir tenggelam, tetapi dengan cepat diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit, dengan semua orang bertanya-tanya apa yang mendorongnya ke dalam air. Ririko kembali ke rumah dan sengaja mendengar Doku memanggil Ny. Oribe untuk memperingatkannya tentang peristiwa yang terjadi lima puluh tahun yang lalu. Ketika hujan mulai turun, Kadota kabur dari rumah sakit, bertekad untuk mencegah siapa pun melihat apa yang ada di dasar kolam.
16"The Harlequin on the Pond"
"Kojō no Arurukan" (湖上のアルルカン)
19 Juli 2017
Yoshino, Maki, dan Sanae menemukan Kadota yang demam setelah dia menabrakkan mobilnya mencoba menarik sesuatu dari Kolam Sakura. Ririko kemudian menunjukkan foto yang dilihat neneknya, menggambarkan Kadota, Doku, dan Ny. Oribe sebagai bagian dari band rock di masa muda mereka. Penasaran, gadis-gadis itu berbicara dengan Doku, yang mengatakan kepada mereka bahwa dia, Kadota, dan Ny. Oribe memang membentuk band 50 tahun yang lalu, dan semua berencana untuk melarikan diri ke Tokyo selama Festival Mizuchi tahunan untuk memajukan karier musik mereka. Namun, alih-alih pergi dengan Doku dan Oribe, Kadota menabrakkan festival dan mulai memainkan gitarnya di atas pelampung kuil festival dalam upaya untuk "membangunkan" kota. Dia secara tidak sengaja menyebabkan kuil jatuh dan tenggelam ke dalam kolam, menghentikan festival. Gadis-gadis itu kemudian menyimpulkan bahwa Kadota ingin memindahkan kuil untuk menyembunyikan masa lalunya. Sementara itu, Ririko menghadapkan neneknya tentang peristiwa 50 tahun yang lalu, dan Ny. Oribe menyarankan agar dia pergi setelah mimpinya saat dia masih muda. Sementara itu, karena kolam mengering sepenuhnya, kerumunan besar tiba-tiba datang untuk mengamati, memberi Yoshino ide untuk menghidupkan kembali Festival Mizuchi. Setelah itu, Kadota pulih dari penyakitnya dan Cryptid Twelve meninggalkan kota untuk melanjutkan perjalanan mereka. Yoshino kemudian diberitahu bahwa dia harus menemukan Tiga Harta Sakral dari Festival Mizuchi: Staf, Hanging Drum, dan Naga Emas. Semua tiga harta telah hilang selama bertahun-tahun, tetapi Yoshino mengambil tantangan untuk menemukan mereka.
17"The Sphinx's Antics"
"Sufinkusu no Tawamure" (スフィンクスの戯れ)
26 Juli 2017
Yoshino dan teman-temannya mencari Manoyama untuk tiga harta, tetapi tidak ada yang ingat di mana mereka pergi. Mereka kemudian mengejar petunjuk di mana Profesor, seorang antropolog budaya, mungkin tahu di mana harta itu berada, tetapi ia tinggal di Desa Warayiba yang terpencil di pegunungan. Yoshino dan teman-temannya bertemu dengannya, dan dia memberi mereka petunjuk bahwa salah satu dari harta itu disembunyikan di salah satu gudang tua di kota. Namun, dia tidak memberi tahu mereka bahwa harta itu sebenarnya disimpan di gudangnya sendiri. Sementara itu, rute bus dari Manoyama ke Warayiba direncanakan untuk dipindahkan, yang secara efektif akan mengganggu populasi lansia kecil di desa tersebut. Setelah masih tidak beruntung menemukan harta karun itu, Sanae ingat nasihat yang diberikan Profesor kepadanya dan muncul dengan ide untuk mengajari penduduk lansia cara menggunakan tablet. Orang tua dapat menggunakan tablet untuk berkomunikasi dan mengurangi ketergantungan mereka pada bus sementara pencarian harta karun dapat dikoordinasikan dengan lebih baik. Rencana ini berhasil, dengan orang tua belajar cara menggunakan tablet mereka. Profesor kemudian mengundang Yoshino ke rumahnya, di mana dia membawa sanderanya. Profesor dan penduduk Warayiba kemudian merilis video yang mengumumkan niat mereka untuk memisahkan diri dari Kerajaan Chupakabura kecuali layanan bis mereka dipulihkan.
18"Minerva's Sake Saucer"
"Mineruvua no Sakazuki" (ミネルヴァの杯)
2 Agustus 2017
Yoshino secara sukarela menjadi sandera warga Desa Warabiya karena dia ingin membantu mereka mendapatkan layanan bus mereka kembali juga. Akhirnya, penduduk desa mengubah kota mereka menjadi "Republik Warabiya", dan mulai mendapatkan penggemar dan dukungan dari Manoyama. Sanae berhadapan dengan Profesor, yang menjelaskan bahwa dia tidak mengharapkan penarikan desa untuk berhasil dalam memulihkan layanan bus, tetapi dia ingin membuat Manoyama sadar akan isu-isu Warabiya. Dia juga mengungkapkan kepadanya bahwa dia menyuruh mereka mengajari penduduk desa cara menggunakan internet sehingga mereka dapat merekam kehidupan dan budaya mereka dalam arsip digital yang akan ada lama setelah desa menghilang. Sanae kemudian bekerja sama dengan Takamizawa untuk mendirikan layanan bus "sesuai permintaan" untuk Warabiya. Karena penduduk desa sekarang dapat menggunakan internet, mereka membuat reservasi untuk bus online, menghilangkan kebutuhan rute bus reguler. Profesor mengakhiri penarikan dan memasukkan Warabiya kembali ke Kerajaan Chupakabura. Malam itu, Profesor memberi tahu Yoshino dan kawan-kawannya bahwa harta karun terletak di gudangnya sebelum ambruk dan mati. Setelah pemakaman Profesor, Yoshino dan teman-temannya menemukan Staf di gudang Profesor dan menggunakan bus on demand untuk mengangkutnya kembali ke Manoyama.
19"The Foggy Folklore"
"Kiri no Fōkuroa" (霧のフォークロア)
9 Agustus 2017
Yoshino dan teman-temannya mencari sekolah yang ditutup di dekat rumah untuk Harta lain, Hanging Drum. Sementara di sana, mereka mendengar desas-desus tentang sekolah tua dihantui oleh roh yang dikenal sebagai "Blood Soaked Santa", dan bertemu dengan ayah Maki. Dengan bantuannya, Yoshino dan teman-temannya dapat menemukan Hanging Drum, meskipun itu rusak dan perlu diperbaiki. Ketika Drum dipindahkan, Yoshino mengetahui bahwa sekolah itu dijadwalkan untuk dirobohkan, dan memutuskan untuk mencoba dan menemukan cara untuk melestarikannya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengadakan pesta makan siang yang panas di sana. Sementara itu, Maki masih menolak untuk pindah kembali ke rumahnya karena hubungannya yang tegang dengan ayahnya. Dia berhenti untuk memberi ibunya hadiah, tetapi malah bertengkar dengan ayahnya dan pergi. Maki kemudian mengetahui bahwa permohonannya untuk audisi diterima, tetapi memutuskan untuk tidak pergi. Dia berlari ke ayahnya lagi, yang mengenang bahwa Maki dulu jauh lebih bahagia ketika dia lebih muda dan mengejar akting. Yoshino dan Sanae mencari tahu tentang audisi dari kakak Maki dan meyakinkan Maki untuk pergi, menunjukkan bahwa dia hanya akan menyesal tidak mengambil kesempatan. Mendengarkan saran teman-temannya, Maki berangkat ke Tokyo untuk menghadiri audisi.
20"The Phoenix in the Holy Night"
"Seiya no Fenikkusu" (聖夜のフェニックス)
16 Agustus 2017
Meskipun mengambil bagian dalam audisi, Maki tidak dipilih untuk bagian dan kembali ke Manoyama. Dia datang kembali untuk melihat bahwa pesta makan siang yang panas itu gagal, karena tidak ada yang datang untuk hadir, dan menduga bahwa tidak ada yang menyadari bahwa sekolah itu benar-benar tutup karena upacara penutupan resmi tidak pernah diadakan. Ini memberi Yoshino ide untuk mengadakan upacara penutupan resmi untuk sekolah dan mengundang semua lulusan yang lalu untuk hadir. Salah satu acara utama akan menjadi tahap Natal bermain dengan Maki mengambil peran utama. Dalam terang ini, Maki mengambil alih semua persiapan untuk bermain. Pada hari upacara penutupan, kehadirannya kuat karena sejumlah lulusan dan staf yang lalu tiba. Drama ini terbukti sukses besar, dengan seluruh penonton memberikan tepuk tangan mereka. Yoshino kemudian mengungkapkan bahwa meskipun sekolah ditutup, mereka berencana untuk membuka kembali gedung tersebut dan menjadikannya sebagai pusat komunitas publik yang didedikasikan untuk menyebarkan budaya Manoyama, yang menerima dukungan para lulusan. Didorong oleh keberhasilan permainan Natal, Maki memutuskan untuk membentuk rombongan aktingnya sendiri dan membuat permainan di sekitar Dragon Song untuk menjelaskan asal-usulnya. Sementara itu, seorang donatur anonim membayar biaya perbaikan untuk Hanging Drum, dan Maki menduga bahwa sang dermawan adalah ayahnya.
21"The Pixie in the Town of Ice"
"Kōri no Machi no Pikushī" (氷の町のピクシー)
23 Agustus 2017
Maki, Shiori, dan Ririko menemukan Erika, yang mereka temukan sedang mencoba melarikan diri dari Tokyo. Mereka memutuskan untuk membiarkan Erika tinggal bersama mereka untuk sementara waktu sampai dia tenang. Sementara itu, Yoshino dan Sanae membawa proposal mereka untuk menghidupkan kembali Festival Mizuchi ke Dewan Pedagang, dan Ny. Oribe menerima, meskipun dia menginstruksikan mereka untuk mendapatkan persetujuan dari semua penjaga toko lainnya di kota. Shiori menjadi gelisah ketika dia menyadari bahwa di luar kelompok, dia adalah satu-satunya orang yang tidak pernah menunjukkan minat untuk meninggalkan rumah. Dia mencoba untuk berbicara dengan Erika untuk mencari tahu mengapa dia ingin meninggalkan Manoyama, dan Erika mengungkapkan ketakutan terbesarnya adalah semakin tua di kota tanpa mengambil kesempatan untuk mengalami kehidupan di luar. Mendengar percakapan, Maki dan Ririko belajar dari Takamizawa bahwa ia dan teman-temannya menemukan Naga Emas ketika mereka masih muda dan menguburnya di taman terdekat. Yoshino dan teman-temannya bertemu Takamizawa di taman, tetapi belajar bahwa mereka harus memecahkan kode rahasia yang dia dan teman-teman buat ketika mereka masih muda untuk menemukan Naga Emas.
22"The New Moon Luminarie"
"Shingetsu no Ruminarie" (新月のルミナリエ)
30 Agustus 2017
Ririko mampu mencari tahu kode, mencatat bagaimana itu harus dibaca secara vertikal dan bukan secara horizontal, tetapi pesan yang dihasilkan tampak bertentangan karena dikatakan untuk mengambil 2427 langkah di luar taman. Sementara itu, adik laki-laki Erika, Anji, menjadi khawatir tentang ketidakhadiran Erika dan ingin dia pulang ke rumah, dan mulai bertanya tentang kekuatan Naga Emas untuk mengabulkan keinginannya. Yoshino dan teman-temannya kemudian kembali ke asrama, di mana Erika mulai menderita sakit gigi karena molar yang kendur. Tidak ada obat penghilang rasa sakit anak yang tersedia dan toko biasanya tutup pada malam hari, tetapi melalui Ny. Oribe, mereka dapat meyakinkan pemilik farmasi setempat untuk membukanya. Kemudian, mereka menerima kabar bahwa Anji telah melarikan diri dari rumah untuk menemukan Naga Emas yang ingin agar Erika pulang. Setelah pencarian besar-besaran oleh seluruh kota, Tuan Sandal menemukan Anji dan mengembalikannya. Setelah melihat berapa banyak Anji ingin dia tetap tinggal, Erika setuju untuk kembali ke rumah. Shiori kemudian mendapat ide untuk merevitalisasi distrik belanja dengan meminjam kebiasaan kebiasaan lentera gantung di Desa Warayiba di luar rumah mereka, untuk membuat distrik terlihat lebih hidup. Takamizawa dan teman-temannya berhasil menemukan "Naga Emas", tetapi sebenarnya itu mainan dan bukan harta yang sesungguhnya. Mereka kembali ke kota dan kagum melihat seluruh distrik dihiasi dengan lentera.
23"The Crystal of Melting Snow"
"Yukidoke no Kurisutaru" (雪解けのクリスタル)
6 September 2017
Maki terus mengerjakan permainan Dragon Song, meskipun kelompok aktingnya menyebutkan kekhawatiran mereka bahwa ending asli di mana naga mati mungkin terlalu menyedihkan untuk bermain, dan Maki setuju beberapa penyesuaian mungkin diperlukan. Sementara itu, Yoshino menerima tawaran dari seorang alumni Manoyama untuk membuka cabang dari toko roti Belem yang sangat sukses di kota. Ny. Oribe bertanya di sekitar distrik perbelanjaan untuk melihat apakah ada pemilik yang bersedia menyewakan ruang toko mereka, tetapi banyak yang menolak karena mereka tinggal di lantai dua toko mereka. Bahkan seorang anggota Dewan Pedagang yang tidak tinggal di tokonya, Akiyama, menolak untuk menyewakan untuk alasan yang tidak diketahui. Ny. Oribe kemudian mengatur pertemuan darurat Dewan Pedagang dan mempertimbangkan pembubaran organisasi karena distrik perbelanjaan tampaknya telah menjadi usang. Pedagang lainnya mulai menekan Akiyama untuk menyewakan tokonya, sampai Yoshino angkat bicara dan menunjukkan bahwa meskipun itu untuk revitalisasi kota, keputusan tidak boleh dipaksakan pada mereka yang tidak ingin berpartisipasi. Akiyama kemudian mengungkapkan bahwa ia menyewakan tokonya kepada orang luar di masa lalu, hanya baginya untuk meninggalkan untuk menyimpan dan meninggalkan Akiyama untuk melunasi pinjaman. Merasa malu, salah satu pedagang lain relawan untuk menyewakan tokonya ke Belem. Maki mengubah akhir dari permainan menjadi lebih bersemangat. Yoshino memutuskan untuk menggunakan mainan Naga Emas sebagai salah satu dari tiga harta untuk Festival Mizuchi. Namun, karena persiapan berjalan lancar, Kadota memberi tahu semua orang bahwa pemerintah berencana untuk menyerap Manoyama ke kota tetangga Tomikura.
24"The Eternal Obelisk"
"Yūkyū no Oberisuku" (悠久のオベリスク)
13 September 2017
Yoshino dan teman-temannya memutuskan bahwa cara terbaik untuk mencegah penyerapan adalah melanjutkan Festival Mizuchi dan meyakinkan orang bahwa Manoyama masih layak dipertahankan. Amamiya kemudian tiba dan memperingatkan mereka bahwa bosnya Kume akan menawarkan untuk menyiarkan Festival Mizuchi di TV nasional dengan syarat bahwa peran Ririko sebagai naga dalam permainan Dragon Song akan disusun kembali untuk salah satu idola jaringan. Tidak ingin mengulangi Festival Pendirian, Kadota dengan tegas menolak tawaran Kume dan mengusirnya. Alih-alih menggunakan TV, penduduk kota mulai mempromosikan festival online dengan merekam semua kegiatan persiapan. Kadota sementara bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang bisa dia lakukan untuk kota itu sendiri. Maki bertanya pada Yoshino apa yang akan dia lakukan setelah kontraknya, dan dengan demikian masa jabatannya sebagai Ratu Chupakabura, berakhir. Yoshino merenung bahwa berkat waktunya di Manoyama, dia mungkin mempertimbangkan tinggal di negara itu daripada kembali ke Tokyo. Saat membersihkan kuil naga, sebuah tugu batu ditemukan berisi daftar semua orang yang membantu membangun Kolam Sakura, termasuk kakek buyut Tuan Sandal. Dua hari sebelum festival, warga kota bersatu untuk mengadakan ulang tahun kejutan untuk Yoshino. Festival ini akhirnya dimulai dan dimulai dengan kuat, dengan banyak pengunjung sebelumnya ke kota yang kembali untuk hadir. Melihat batu peringatan, Kadota mendapatkan ide untuk menjadikan Manoyama dan kampung halaman Tuan Sandal menjadi kota kembar, yang mungkin membantu mencegah penyerapan. Setelah mengetahui bahwa walikota tempat tinggal Tuan Sandal, Walikota Naumann, sedang dalam perjalanan ke Jepang untuk melihat bunga sakura, Kadota pergi menjemputnya untuk menunjukkan kepadanya Festival Mizuchi dan berbicara tentang menjadikan Manoyama sebagai kota kembar. Ny. Oribe khawatir karena Kadota mungkin merusak festival seperti yang dia lakukan 50 tahun lalu, tapi Yoshino memutuskan untuk mempercayainya.
25"The Kingdom of Cherry Blossoms"
"Sakura no Ōkoku" (桜の王国)
20 September 2017
Kadota mampu menemukan Walikota Naumann dan membawanya kembali ke Manoyama pada waktunya untuk bermain, dengan bantuan berbagai warga kota. Sementara itu, keluarga Yoshino tiba untuk berkunjung, dan Amamiya juga hadir untuk merekam beberapa acara untuk berita malam. Pertunjukan Dragon Song dimulai, dan tidak seperti kisah asli dimana naga mati sendirian, arwahnya kembali untuk memaafkan penduduk desa dan mendorong mereka untuk lebih terbuka dan menerima orang luar. Drama itu kemudian diakhiri dengan Ririko menyanyikan Dragon Song penuh. Festival Mizuchi kemudian berakhir dan staf merayakan keberhasilan acara, dengan Kadota dan Walikota Naumann menjadi teman cepat. Yoshino dan teman-temannya kemudian melihat bunga sakura dan merenungkan tahun lalu, serta apa yang akan mereka lakukan di masa depan. Maki memutuskan untuk tinggal dan menulis lebih banyak drama berdasarkan cerita rakyat Manoyaman, Sanae ingin membuka kantor konsultasi regional di kota, Ririko ingin melakukan perjalanan dunia, dan Shiori akan terus bekerja di Badan Pariwisata. Yoshino memutuskan bahwa dia akan meninggalkan Manoyama setelah masa jabatannya sebagai Ratu berakhir untuk mengejar mimpinya sendiri, tetapi akan selalu mempertimbangkan Manoyama sebagai kampung halaman kedua. Selama upacara pengunduran diri, Kadota juga mengumumkan bahwa ia membubarkan Kerajaan Chupakabura, karena Manoyama tidak lagi membutuhkan Raja atau Ratu selama kota itu sebagai kemauan untuk memperbaiki dirinya. Ketika Yoshino pergi di kereta, banyak penduduk kota mengucapkan salam perpisahan. Tuan Sandal mengamati dan menyatakan bahwa Yoshino dan Manoyama memulai petualangan baru. Juga terungkap bahwa Yoshino tidak kembali ke Tokyo, tetapi malah pergi ke kota lain untuk membantu merevitalisasi. Adegan terakhir menunjukkan Yoshino dan teman-temannya semua mengejar impian mereka.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Semua judul bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sakura Quest TV Anime Listed With 25 Episodes". Anime News Network. April 19, 2017. Diakses tanggal 19 April 2017. 
  2. ^ a b "Crunchyroll to Stream P.A. Works' Sakura Quest Original Anime". Anime News Network. 5 April 2017. Diakses tanggal 5 April 2017. 
  3. ^ "P.A. Works' Sakura Quest Promo Video Reveals April 5 Premiere". Anime News Network. 15 Februari 2017. Diakses tanggal 15 Februari 2017. 
  4. ^ "TVアニメ「サクラクエスト」主題歌情報" (dalam bahasa Jepang). P.A.Works. Diakses tanggal 5 April 2017. 
  5. ^ "Sakura Quest Anime's 2nd Cour Visual, Theme Songs Revealed". Anime News Network. 28 Juni 2017. Diakses tanggal 28 Juni 2017. 
  6. ^ "Funimation Adds Sakura Quest Anime Series to Simuldub Lineup". Anime News Network. 2 April 2017. Diakses tanggal 3 April 2017. 
  7. ^ "Sakura Quest" (dalam bahasa Jepang). Tokyo MX. Diakses tanggal 5 April 2017. [pranala nonaktif permanen]