Daftar episode Dagashikashi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dagashikashi adalah sebuah seri anime yang didasarkan dari seri manga berjudul sama, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kotoyama. Seri anime yang terdiri dari 12 episode ini ditayangkan sejak bulan Januari hingga Maret 2016. Seri ini diproduksi oleh Feel, dan disutradarai oleh Shigehito Takayanagi, yang juga menulis skenario bersama dengan Yasuko Kamo. Kanetoshi Kamimoto berperan sebagai desainer karakter, dan Satoshi Motoyama sebagai pengarah suara. Musim kedua ditayangkan sejak tanggal 12 Januari hingga 30 Maret 2018, dan produksinya diambil alih oleh Tezuka Productions, sementara Feel dikreditkan atas kerja sama latar. Meskipun Motoyama kembali mengisi perannya sebagai pengarah suara, beberapa peran lain telah diambil oleh para staf baru. Untuk musim kedua ini, Satoshi Kuwabara berperan sebagai sutradara, Mayumi Morita sebagai penulis skenario, dan Nana Miura sebagai desainer karakter.[1]

Episode[sunting | sunting sumber]

Dagashikashi (2016)[sunting | sunting sumber]

No. Judul resmi bahasa Inggris[a]
Judul asli bahasa Jepang[2]
Tanggal tayang asli
1"Umaibō, Fries, and... / Coffee Milk Candies, Young Donuts and..."
"Umaibō to potefu to... / Kōhī gyūnyū kyandī to yangu dōnatsu to..." (Jepang: うまい棒とポテフと… / コーヒー牛乳キャンディとヤングドーナツと…)
7 Januari 2016 (2016-01-07)
Kokonotsu Shikada ingin menjadi seorang mangaka, tetapi ayahnya yang bernama Yō memaksanya untuk mewarisi toko dagashi milik keluarga. Pada saat itu, seorang gadis cantik dan eksentrik bernama Hotaru Shidare datang ke rumah mereka dan meminta Yō untuk bekerja di perusahaan pengembang manisan keluarganya. Yō menolak karena dia tidak bisa meninggalkan toko jika Kokonotsu tidak ingin mewarisi toko. Dengan demikian, Hotaru memutuskan untuk tinggal sampai Kokonotsu setuju untuk mewarisi toko tersebut. Kemudian, Kokonotsu bertemu dengan si kembar Endo—Tō dan Saya—di kafe mereka dan memberi tahu mereka tentang Hotaru tanpa menyebut namanya. Saya kemudian bertemu langsung dengan Hotaru tanpa mengetahui bahwa dialah yang dimaksud Kokonotsu sebelumnya.
2"Kinako-bou, Namaiki Beer, and... / Fue Ramune, Menko, and..."
"Kinakobō to Namaiki bīru to... / Fue Ramune to Menko to..." (Jepang: きなこ棒と生いきビールと… / 笛ラムネとめんこと…)
14 Januari 2016 (2016-01-14)
Hotaru tiba di toko Shikada (san Yō) dan jatuh pingsan karena meminum campuran bir permen yang tidak mengandung alkohol. Kokonotsu kemudian bertemu dengan Saya, dan Hotaru bertemu dengan mereka saat bermain menggunakan permen yang juga bisa berfungsi sebagai peluit. Hotaru kemudian bercerita tentang kisah yang berkaitan dengan dagashi. Saya percaya bahwa itu hanyalah omong kosong, tetapi Kokonotsu mengetahui bahwa itu hanya upaya untuk membuatnya luluh dan juga menyiratkan bahwa kelakuan gila Hotaru mungkin tidak sepenuhnya tulus. Saya meredakan situasi ketika dia membayangkan semua permen yang bisa didapatkannya secara gratis apabila Kokonotsu mewarisi toko ayahnya. Ketiganya kemudian memainkan Menko sampai sore hari, dan Saya mengejutkan Kokonotsu dan Hotaru dengan keberuntungannya sebagai pemula pada permainan itu.
3"Buta-men, Kuru Kuru Bou Jelly, and... / Bontan-ame, Seven Neon, and..."
"Butamen to kurukuru bō zerī to... / Bontan'ame to Sebun Neon to..." (Jepang: ブタメンとくるくるぼーゼリーと… / ボンタンアメとセブンネオンと…)
21 Januari 2016 (2016-01-21)
Hotaru bersama dengan Tō, tiba di toko pada hari yang agak panas dan memutuskan untuk merebus air di dalam toko dalam rangka membuat butamen. Hotaru menegaskan bahwa memakan dagashi dalam keadaan panas terik adalah cara terbaik untuk menikmatinya. Tō mengaku kepada Kokonotsu bahwa dirinya datang ke toko tersebut hanya untuk berfantasi tentang Hotaru yang sedang—secara sensual—memakan dagashi tersebut. Karena pendingin udara rusak dan mengakibatkan beberapa dagashi mungkin dalam kondisi buruk akibat cuaca panas, ketiganya memutuskan untuk pergi ke kolam renang. Kokonotsu dan Tō bertemu Yō (yang sedang kerja sambilan sebagai penjaga kolam) dan gadis-gadis di kolam renang. Terungkap bahwa Yō dan Hotaru berkonspirasi bahwa pertemuan mereka di kolam renang merupakan upaya untuk membuat Kokonotsu lebih akrab dengan permen. Namun, rencana tersebut menjadi bumerang ketika dagashi yang diletakkan oleh mereka berdua di dalam kolam tidak dapat dimakan karena adanya tanda "Dilarang Makan atau Minum" yang lupa mereka hapus. Keesokan harinya, Hotaru tiba di toko dan menemukan Tō, tetapi Kokonotsu tidak ada karena sibuk memindahkan dagashi yang mungkin sudah rusak sejak kemarin. Hotaru mencoba untuk memulai percakapan dengan Tō tentang dagashi, tetapi salah mengira tingkah acuh Tō terhadap dagashi sebagai tantangan untuknya. Keadaan ini memuncak ketika Hotaru melempar permen dengan cepat ke mulut Tō, sementara Kokonotsu tiba di toko bersama tukang perbaikan pendingin udara. Kokonotsu membuat Hotaru tetap tinggal dengan Saya di kafe dan keduanya mulai akrab.
4"Fugashi, Fugashi, and... / Glico, Glico, and..."
"Fugashi to fugashi to... / Guriko to Guriko to..." (Jepang: ふがしとふがしと… / グリコとグリコと…)
28 Januari 2016 (2016-01-28)
Kokonotsu tiba di toko dan menemukan Hotaru dengan mata yang sedang ditutup. Ia menantang Kokonotsu untuk bertanding uji coba rasa dalam keadaan mata tertutup menggunakan fugashi dengan berbagai rasa. Hotaru juga memasukkan persyaratan bahwa tangan si pencicip harus terikat di belakang agar tidak berbuat curang dengan cara mengidentifikasi makanan ringan hanya berdasarkan tekstur. Keduanya menebak setiap rasa diberikan dengan benar, tetapi Kokonotsu mencoba menipu Hotaru dengan rasa fugashi yang langka ketika fugashi yang mereka cicipi habis. Hotaru masih menebaknya dengan benar dan Kokonotsu menjadi kecewa. Namun, ketika giliran Kokonotsu tiba, Hotaru mengeluh mulutnya terasa kering dan lari ke luar untuk membeli minuman, meninggalkan Kokonotsu dalam keadaan mata tertutup dan tangan terikat. Yō kembali ke toko sebelum Hotaru dan keliru menyimpulkan situasi. Setelah itu, Tō dan Kokonotsu bertemu di kafe Endō. Tō memperhatikan Kokonotsu yang sedang menggambar Saya dan Hotaru, dan dia menarik perhatian pada perbedaan ukuran payudara mereka. Setelah kembali ke toko permen, Kokonotsu menabrak Hotaru dan menyadari bahwa dia meninggalkan buku catatan bergambarnya tadi di kafe. Hotaru yang merasakan kesulitan Kokonotsu, melemparkannya sekotak Glico karamel dan keduanya memanfaatkan energi kilokalori dalam permen untuk berlari kembali ke kafe secepat mungkin. Hotaru kehabisan permen dan energi ketika keduanya tinggal berjarak 300 meter dari kafe. Hotaru memberikan potongan terakhirnya dan pingsan karena kelelahan. Ketika Kokonotsu tiba di kafe, sayangnya dia bertemu dengan Saya yang sudah melihat gambar tersebut.
5"Bottle Ramune, Baby-Star Ramen, and... / Yatta Men, Watch Out for the Sour Grape, and..."
"Binramune to bebī sutā rāmen to... / Yattā men to suppai budō ni goyōjin! to..." (Jepang: ビンラムネとベビースターラーメンと… / ヤッターめんとすっぱいぶどうにご用心!と…)
4 Februari 2016 (2016-02-04)
Pada larut malam, Kokonotsu menyela ayahnya dan Hotaru yang sedang menikmati binramune. Saat Hotaru menjelaskan tentang keanehan binramune, Kokonotsu berkomentar bahwa binramune jelas membuat orang kecanduan, terutama setelah melihat Yō meminumnya dengan rakus—meskipun kenyataannya itu seharusnya dijual. Keduanya memutuskan untuk memulihkan diri sementara Kokonotsu kembali tidur. Beberapa waktu kemudian (pukul 1.30 dinihari), Kokonotsu sekali lagi terbangun, kali ini oleh ayahnya yang sedang membuat vlog makanan. Yō menyatakan bahwa dia melakukannya untuk menghasilkan uang dari iklan YouTube, tetapi menjelaskan bahwa kanalnya hanya memiliki total 13 jumlah tayangan dari seluruh videonya. Ketika Kokonotsu memutuskan untuk menonton rekaman ayahnya, dia melihat bahwa Yō membaca teks dari naskah dan tidak banyak bicara tentang Baby Star Ramen. Kokonotsu memutuskan untuk membantu dengan menyebutkan fakta tentang asal usul, maskot, dan konvensi penamaan Baby Star Ramen tanpa menyadari bahwa webcam masih dalam keadaan merekam. Kejadian itu akhirnya membuat video Yō ditonton lebih dari 100 kali. Kemudian, Hotaru mampir setelah mendengar bahwa Kokonotsu dan Tō bangkrut. Ia lalu memperkenalkan hadiah-hadiah yang berada di dalam kemasan yattamen kepada mereka, meskipun hadiah tersebut hanyalah kupon alih-alih uang yen. Hotaru mengaku bahwa dia sebenarnya tidak pernah memenangkan hadiah permen dalam hidupnya, tetapi tetap memperkenalkan mereka berdua dengan "tantangan Permen Asam". Tantangan ini melibatkan tiga bungkus permen karet rasa anggur dengan salah satu di antaranya terasa sangat asam; orang yang memakan permen rasa asam tersebut harus melakukan sesuatu untuk para pemenang. Hotaru percaya bahwa dia telah mengalahkan mereka berdua karena kemasan permen karet tersebut dapat dengan mudah memberitahukan permen mana yang terasa asam, tetapi setelah memeriksa ulang, dia menyadari bahwa permen karet tersebut sudah memiliki kemasan baru. Ketiganya makan satu butir dan Hotaru kalah. Kokonotsu mencoba untuk mendorong Hotaru yang sedih dengan mengatakan bahwa keberuntungannya yang payah dapat dipandang sebagai salah satu jenis bakat. Bagaimanapun, Hotaru lari sambil frustrasi sebelum Kokonotsu dan To menyadari bahwa dia tidak pernah menegakkan bagiannya dari kesepakatan.
6"Super Himo Q, Ohajiki, and sometimes Maken Gumi... / Yoguret, Coconuts, and..."
"Chō himo Q to ohajiki to... Tokidoki makengumi / Yōguretto to kokonatsu to..." (Jepang: 超ひもQとおはじきと…ときどきまけんグミ / ヨーグレットとココナツと…)
18 Februari 2016 (2016-02-18)
Hotaru mengundang Saya, Tō, dan Kokonotsu ke sebuah kuil untuk membahas Super Himo Q, sebuah dagashi yang menyerupai cacing gummi memanjang. Tō memotong penjelasannya dengan dagashi yang berbeda, permen karet Maken (permainan kata-kata dari jan-ken). Tō membuka kemasannya dan menemukan bahwa dia memiliki versi Paa (kertas) dari permen tersebut. Melihat adanya kesamaan dengan mainan tangan yang melar dan dengan tatapan dari Hotaru, Tō memutuskan untuk melakukan hal iseng. Ia sengaja membalik rok Saya, membuat Saya marah dan memukulnya hingga terpental beberapa meter. Hotaru kembali membahas Super Himo Q dan menunjukkan berbagai cara bermain. Ini mengarah ke permainan modifikasi tarik menarik antara dirinya dan Kokonotsu untuk menentukan siapa yang akan mewarisi toko. Permainan berakhir imbang, jadi Hotaru mulai memberi tahu Kokonotsu dan Saya tentang sejarah dagashi berukuran panjang sembari menggunakannya sebagai nunchaku. Ayunan Hotaru yang liar menyebabkan sepotong dagashi terlepas dan terbang ke udara. Kokonotsu mengejarnya secara naluriah, meraihnya dengan mulutnya dan mendarat di atas Tō. Mereka berempat kemudian memutuskan untuk bermain Ohajiki demi menyelesaikan masalah siapa yang akan mewarisi toko. Ketika Saya—sekali lagi—menunjukkan kemahirannya dalam permainan yang tidak pernah dimainkannya, Hotaru menawarkan Saya untuk bekerja di toko Shikada. Pipi Saya merona setelah memikirkan hal itu sembari menatap Kokonotsu. Hotaru yang berada di posisi terakhir, mengeluarkan kartu truf, yaitu ohajiki terlarang. Sayangnya, ohajiki tersebut terlepas dari tangannya dan hancur begitu menyentuh tanah, membuatnya menangis. Keesokan harinya, Saya masih berpikir tentang tawaran Hotaru. Ia mengenang kembali pada masa ketika dirinya dan Kokonotsu masih kecil dan bermain dokter-dokteran menggunakan Yoguret, dagashi bernutrisi yang dikemas dalam kemasan blister. Saya memeriksa suhu badan Kokonotsu dengan menempelkan tangannya di dahi Kokonotsu, tetapi mendorongnya mundur ketika mereka melakukan kontak mata dan bersikeras agar Kokonotsu yang menjadi dokter. Saya kemudian mencoba memanfaatkan setiap kesempatan demi membuat Kokonotsu menyentuh tubuhnya, tetapi Kokonotsu—tanpa sadar—meresepkan "obat" setiap kali Saya muncul dan membuatnya pulang. Ketika mereka berpura-pura melakukan operasi, Kokonotsu memberi Saya potongan terakhir Yoguret sebagai obat bius. Kokonotsu sedih karena dia sudah tidak memiliki Yoguret lagi. Ketika Saya mencoba menghiburnya, mereka berdua terjatuh sambil berpegangan tangan. Kembali pada masa sekarang, Saya mencoba menghilangkan kenangan yang memalukan tersebut, sambil menduga bahwa Kokonotsu mungkin sudah melupakannya sekarang, dan melanjutkan perjalanannya ke toko Shikada. Hotaru kemudian memperkenalkan dagashi untuk hari ini, Yoguret. Tindakan tersebut membuat Kokonotsu dan Saya berpaling satu sama lain karena malu dan Saya melesat pergi. Meski demikian, dia merasa sedikit lega karena Kokonotsu masih mengingat kenangan itu.
7"Summer Festival, Hotaru, and... / Summer Festival, Saya, and..."
"Natsu matsuri to Hotaru to... / Natsu matsuri to Saya to..." (Jepang: 夏祭りとほたると…/夏祭りとサヤと…)
25 Februari 2016 (2016-02-25)
Kokonotsu menemani ayahnya untuk mendirikan monjayaki tahunan mereka sehari sebelum festival musim panas dimulai. Hari berikutnya, dia, Tō dan Hotaru tiba di festival. Setelah mengumumkan berapa banyak uang yang mereka miliki masing-masing (masing-masing ¥2.500, ¥3.000 dan ¥200), Hotaru memberi tahu mereka berdua bahwa dia bisa menghasilkan uang yang lebih banyak dengan bermain katanuki. Setelah dengan hati-hati memotong desain tulip yang sulit dan memenangkan ¥5.000, Tō memutuskan untuk mencoba permainan tersebut dan memotong desain payung setelah beberapa kali mencoba. Sayangnya, dia tersandung dan mematahkan desain payung itu untuk menebus hadiahnya. Kemudian, Kokonotsu membantu Yō di stan monjayaki. Saya muncul dan Yō memutuskan untuk membiarkan Kokonotsu menjelajahi festival bersama Saya, sementara Tō mengambil alih tempat Kokonotsu. Setelah mencoba beberapa permainan dan makanan, Kokonotsu memutuskan untuk mencoba menyendok ikan mas. Setelah dia gagal beberapa kali, Saya mengenang kembali pada masa ketika mereka masih kecil dan Kokonotsu juga gagal berulang kali pada permainan itu. Setelah menggunakan semua uangnya tetapi tidak berhasil, pemilik stan memberinya ikan mas karena merasa kasihan, yang diberikan Kokonotsu kepada Saya. Secara kebetulan, hal yang sama akhirnya terjadi lagi. Saya menerima ikan mas dengan pipi merona dan berterima kasih.
8"Super Scary Story Gum, Typhoon, and... / Kendama, Popping Fortune-Telling Chocolate, and..."
"Chō kowai hanashi gamu to taifū to... / Kendama to puchipuchi uranai choko to..." (Jepang: 超怖い話ガムと台風と…/けん玉とプチプチ占いチョコと…)
3 Maret 2016 (2016-03-03)
Di tengah badai kencang, Kokonotsu, Hotaru, dan Saya berada di dalam toko sementara Tō menceritakan kisah-kisah menakutkan yang membuat Saya ketakutan. Kisah-kisah tersebut malah membuat Kokonotsu diliputi pertanyaan karena plot ceritanya yang tidak konsisten. Hotaru kemudian menjelaskan bahwa Tō hanya menceritakan kembali kisah-kisah dari kemasan Permen Karet Kisah Super Seram yang sepenuhnya merupakan cerita fiksi. Namun demikian, kisah-kisah tersebut masih membuat Saya takut. Kemudian, setelah menerima inspirasi dari video YouTube, Tō membeli sepasang kendama untuknya dan Kokonotsu dan mencoba untuk menguasai cara bermainnya. Setelah gagal berulang kali, Saya muncul dan dengan mudah memutar bola sambil mengungkapkan bahwa Tō sudah memiliki beberapa kendama di rumah. Perkataan Saya memperkuat ketidakmahirannya dengan kendama. Setelah menemukan Tō di dekat tanggul dan berdiskusi singkat tentang popularitas, Tō memperkenalkan Coklat Meletus Ramalan kepada Kokonotsu. Dagashi itu berhasil memprediksi kondisi kesehatan Tō yang sedang baik dan fakta bahwa tak satu pun dari mereka berdua yang telah menyelesaikan PR musim panas mereka. Setelah meletuskan cokelat "Wish" dan ingin melihat panchira, Hotaru muncul mencari Kokonotsu. Setelah mereka setuju untuk bertemu di toko nantinya, Hotaru melompat dari tepian tempat dia berdiri, memperlihatkan mereka berdua pandangan sekilas dari celana dalamnya. Tiga kebetulan dari coklat tersebut membuat mereka heran.
9"Wata-pachi, Lucky Choco-droppings, and... / Sakura Daikon, Egg Ice Cream, and..."
"Watapachi to un choko to... / Sakura daikon to tamago aisu to..." (Jepang: わたパチとうんチョコと... /さくら大根と卵アイスと...)
10 Maret 2016 (2016-03-10)
Saya tiba di toko tetapi tidak menemukan siapa pun di sana. Hotaru datang sedikit terlambat dengan mulut sariawan, tetapi dia terus memakan dagashi, berlawanan dengan saran Saya. Ia terus-menerus makan tetapi reaksi aneh yang berasal dari Watapachi akhirnya mengenai sariawannya. Kemudian, Saya memperhatikan dagashi yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Hotaru bercerita tentang Un-Choco—nama dan metode penyebarannya mengingatkan Saya pada buang air besar. Ketika Saya mencoba untuk mengisyaratkan hal itu, Hotaru salah paham dan mengasumsikan bahwa Saya menyindir daya tarik Watapachi berada di luar kelompok umur mereka. Setelah mengonsumsi beberapa anggur dan permen rasa coklat, Hotaru kemudian ingin berbicara tentang godaan dagashi, tetapi keliru mengiranya sebagai telur alih-alih kotoran. Sekitar dua jam kemudian, Kokonotsu tiba di toko dan menemukan Hotaru sedang makan nasi, sedangkan Saya telah pulang ke rumahnya. Hotaru mengungkapkan bahwa dia berasal dari Osaka dan sering menekan dialek kansai-nya. Setelah berdiskusi tentang Sakura Daikon dan fakta bahwa beberapa dagashi dibatasi di wilayah tertentu, Hotaru pergi dan mengungkapkan bahwa dia berbohong tentang asal-usulnya. Hotaru kemudian kembali untuk bertanya kepada Kokonotsu apakah dia suka payudara. Kokonotsu berbohong karena percaya bahwa itu adalah pertanyaan jebakan, tetapi mengubah jawabannya begitu Hotaru mulai berjalan keluar. Hotaru kemudian memperkenalkan Es Krim Telur, tetapi dia dan Kokonotsu saling tidak setuju mengenai apakah mereka sehari-hari akan menyebutnya sebagai Es Krim Payudara atau Es Krim Bom. Hotaru kemudian memutuskan untuk memakannya, menyebabkan es krim hangat tersebut meledak di sekujur tubuhnya. Hotaru berkomentar bahwa dia sekarang mengerti mengapa Es Krim Telur disebut sebagai bom, sementara Kokonotsu sekarang mengerti mengapa Es Krim Telur bisa disebut sebagai payudara.
10"That's Dagashi!"
"Dagashi janē ka!" (Jepang: 駄菓子じゃねえか!)
17 Maret 2016 (2016-03-17)
Pada tengah malam, Tō didekati oleh Hotaru yang meminta bantuannya dalam suatu hal. Beberapa hari kemudian, Kokonotsu menyadari bahwa Hotaru belum pernah datang sama sekali ke tokonya sejak beberapa hari terakhir ini. Setelah berkonsultasi dengan Saya, keduanya memutuskan untuk mengunjungi rumah Hotaru. Mereka terkejut setelah menemukan Hotaru yang terbaring di tempat tidurnya, dan menolak untuk makan segala jenis dagashi yang dibawa Kokonotsu. Hotaru kemudian mengungkapkan bahwa sariawan di mulutnya memburuk. Ia ingin kembali sehat tepat waktu agar bisa mencicipi rasa baru Baby Star Ramen yang akan segera dirilis. Hotaru memutuskan untuk mengikuti saran Tō untuk berhenti makan dagashi demi mempercepat sariawannya sembuh, tetapi tindakan tersebut memicu gejala putus obat yang membuat Hotaru menyerang Kokonotsu demi bisa merebut dagashi yang dibawanya. Setelah berhasil menenangkannya, Kokonotsu dan Saya mengetahui bahwa "obat" yang diminum Hotaru untuk mengobati sariawannya ternyata merupakan dagashi, sehingga tidak membantu proses penyembuhannya sama sekali. Kenyataan tersebut membuat mereka berdua kecewa.
11"Cola Gum, Yō and... / Miyako Kombu, Ramune and..."
"Kōragamu to you to... / Miyako Konbu to ramune to..." (Jepang: コーラガムとヨウと... /都こんぶとラムネと...)
24 Maret 2016 (2016-03-24)
Setelah bertanya pada Hotaru tentang mengapa Yō memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan ayahnya, Kokonotsu beserta Hotaru dan Saya memata-matai Yō dari dalam kotak ketika dia bekerja di toko. Meskipun tindakan tersebut pada awalnya tampak tidak berguna, Yō akhirnya menunjukkan bakat sosialnya ketika dia membantu seorang anak laki-laki yang membeli Cola Gum demi seorang gadis yang disukainya. Kejadian tersebut memberi Kokonotsu kesan yang sedikit lebih baik dari ayahnya. Beberapa waktu kemudian, Kokonotsu dan Hotaru duduk di stasiun kereta dan menunggu kereta yang akan tiba berikutnya. Untuk menghabiskan waktu, keduanya menikmati beberapa Miyako Kombu dan Ramune yang dibawa oleh Hotaru sambil bercerita tentang asal-usul kedua dagashi tersebut. Percakapan kemudian bergeser ke arah harapan dan rencana masa depan untuk keduanya. Hotaru kemudian mengungkapkan bahwa dia tidak akan memaksa Kokonotsu untuk melanjutkan usaha toko ayahnya. Ia melanjutkan dengan menyatakan bahwa dirinya akan selalu ada jika Kokonotsu berubah pikiran. Tindakan Hotaru tersebut menyebabkan Kokonotsu ketinggalan kereta.
12"I’m Gonna Eat It-Hi, Poem of Cherries, and... / Morinaga Milk Caramel, Sakuma Drops, and..."
"Taberundesu hai to sakuranbo no uta to... / Miruku carameru to sakumashiki doroppu to..." (Jepang: 食べるんですHiとさくらんぼの詩と… /ミルクキャラメルとサクマ式ドロップと…)
31 Maret 2016 (2016-03-31)
Hotaru dan Saya membahas tentang cinta di dermaga pantai. Tō dan Kokonotsu sekali lagi berupaya untuk menjadi populer melalui dagashi peramal. Ketika mereka semua bertemu satu sama lain dari kejauhan, Kokonotsu mengingat percakapannya dengan Hotaru di halte kereta. Ia memutuskan untuk memberi Hotaru jawaban. Kokonotsu khawatir kalau keraguannya dapat membuat Hotaru terikat ke kota tersebut.

Dagashikashi 2 (2018)[sunting | sunting sumber]

No. Judul[b] Tanggal tayang asli
1"Big Katsu, Peperoncino, and..."
"Biggukattsu to peperonchīno to..." (Jepang: ビッグカッツとペペロンチーノと...)
12 Januari 2018 (2018-01-12)
Dalam perjalanan pulang ke rumah bersama Saya, Kokonotsu menyadari bahwa toko dagashi keluarganya sedang dalam keadaan tak terawat. Adegan mundur ke sekitar tiga bulan yang lalu. Secara tidak sengaja, Kokonotsu memanggil Hotaru setelah berpikir keras tentang Tonkatsu Ramen. Kemudian, Saya merawat kafe keluarganya dan menyuarakan keinginannya untuk makan pasta asli, sementara Hotaru muncul dengan dagashi yang disebut Peperoncino.
2"Baseball Board Game Gum, Pop Pop Boat, and..."
"Yakyū-ban gamu to ponponsen to..." (Jepang: 野球盤ガムとポンポン船と...)
19 Januari 2018 (2018-01-19)
Ketika daerah itu dilanda badai, Yō terjebak di luar rumah sementara Saya, Tō, dan Hotaru terjebak di toko dagashi milik Kokonotsu. Ketika Hotaru dan Saya mandi, Hotaru mengeluarkan Pop Pop Boat sementara Tō mencoba mengintip mereka.
3"Beigoma, Reminiscence, and..."
"Begoma to tsuioku to..." (Jepang: ベゴマと追憶と...)
26 Januari 2018 (2018-01-26)
Kokonotsu dan Tō mencoba bermain dengan mainan gasing yang disebut "beigoma", tetapi gasing tersebut selalu berakhir di kaki Kokonotsu. Hotaru kemudin bergabung dengan keduanya. Saya datang dan turut berpartisipasi. Mereka memulai permainan battle royale menggunakan beigoma. Kemudian, Hotaru mengenang tentang toko dagashi tua yang biasa dikunjunginya saat dirinya masih kecil.
4"Homerun Bar, Fireworks Festival, and..."
"Hōmuranbā to hanabi taikai to..." (Jepang: ホームランバーと花火大会と...)
2 Februari 2018 (2018-02-02)
Mereka memutuskan untuk pergi ke festival kembang api lokal. Saya menyarankan kepada Kokonotsu untuk mengajak Hotaru, tetapi Hotaru rupanya telah tiba di toko milik Kokonotsu dan mencoba untuk memilih es krim "Homerun Bar" dengan stik bertanda menang. Kokonotsu bertanya pada Hotaru apakah dia ingin pergi ke festival. Hotaru bertanya apakah hanya mereka berdua yang pergi ke sana. Karena ketinggalan bus, Hotaru dan Kokonotsu melakukan percakapan pribadi tepat saat kembang api dimulai. Hotaru memberi Kokonotsu stik es krim miliknya, lalu meninggalkan kota pada hari berikutnya. Setelah Hotaru meninggalkan kota tersebut, Kokonotsu mulai merindukannya.
5"Ambulance, Get a Move On, You Cod!, and..."
"Kyūkyūsha to taratara shi tenja ne yo to..." (Jepang: 救急車とタラタラしてんじゃね~よと…)
9 Februari 2018 (2018-02-09)
Toko dagashi mereka rusak dan hampir ditutup karena strategi penjualan Yō yang kurang laku serta Kokonotsu yang mengalami depresi karena kepergian Hotaru. Kokonotsu akhirnya meyakinkan Yō untuk membersihkan toko mereka dan tetap buka, tetapi Yō mematahkan jari kakinya saat mencoba berlari keluar rumah. Kokonotsu mengajak Saya dan Tō untuk membantunya membersihkan toko tersebut. Ia juga memperkenalkan sebuah dagashi kepada Saya dengan nama yang terdengar seperti penghinaan. Tak lama setelah menyelesaikan pekerjaan mereka, mereka mengamati ada sebuah toko swalayan yang beroperasi tepat di seberang mereka.
6"Convenience Store, Job Magazine, and..."
"Binikon to kyūjin jōhō-shi to..." (Jepang: ビニコンと求人情報誌と...)
16 Februari 2018 (2018-02-16)
Seorang pria berpakaian rapi bernama Beni Yutaka menyambut Kokonotsu, Saya, dan Tō ke toko swalayan barunya yang memiliki segala hal—mulai dari majalah erotis hingga kue-kue kecil. Kokonotsu menilai bahwa kue-kue itu terlalu mahal untuk ukuran toko di daerah tersebut, dan menawarkan dagashi sebagai gantinya. Beni kemudian menganggap Kokonotsu sebagai saingannya. Saat Kokonotsu pulang ke rumah, dia terkejut saat menemukan Beni, yang menawarinya pekerjaan di swalayan tersebut. Beni mencoba beberapa cara seperti menggoda Kokonotsu dengan upah yang sedikit lebih tinggi dari minimum, kemudian dengan majalah erotis, lalu akhirnya dengan iklan berupa foto karyawannya yang tampak bahagia—kecuali seorang wanita di pojok.
7"Hajime Owari, Chocoball, and..."
"Owari Hajime to chokobōru to..." (Jepang: 尾張ハジメとチョコボールと…)
23 Februari 2018 (2018-02-23)
Seorang wanita kurang rapi bernama Hajime Owari melihat iklan Kokonotsu yang sedang mencari pekerja paruh waktu. Hajime memiliki kualifikasi tinggi tetapi kebiasaan pribadinya membuatnya dipecat dari berbagai pekerjaan, termasuk pekerjaan terakhirnya di swalayan di seberang jalan. Ketika Kokonotsu tidak sengaja memberitahukan bahwa ayahnya masih berada di rumah sakit, Hajime menawarkan diri untuk bekerja sebagai ganti biaya sewa kamar dan makan. Pada esok paginya, Kokonotsu menemukan Hajime tidur di lantai dan merasa menyesal karena telah mempekerjakannya, sampai Hajime bercerita tentang Chocoball dan hadiah di dalamnya.
8"Roll Candy, High Eight Chocolate, and..."
"Rōrenkyandi to haieichokoko to..." (Jepang: ロールキャンディとハイエイトチョコと…)
2 Maret 2018 (2018-03-02)
Saya cemburu setelah melihat Hajime di toko dagashi milik Kokonotsu. Sepulang sekolah, dia kembali ke toko tersebut untuk mencarinya, tetapi Hajime malah tidur. Saya kemudian memutuskan untuk membeli Roll Candy, tetapi mereka berdua tidak tahu cara memakannya. Kemudian, Tō mampir ke toko sambil berpura-pura menjadi penagih utang sebagai lelucon untuk Kokonotsu, tetapi dia justru menemukan Hajime di dalam toko. Tō terus berpura-pura, dan Hajime menjawab dengan mengeluarkan "Chocolate Glasses" sekaligus meyakinkan Tō untuk membelinya.
9"Internets, Super Ball, and..."
"Intānettsu to sūpābōru to…" (Jepang: インターネッツとスーパーボールと…)
9 Maret 2018 (2018-03-09)
Setelah mendengar Beni membual tentang swalayannya menjual kue yang dibuat berdasarkan pesanan melalui internet, Kokonotsu memutuskan untuk mencoba membuat situs web untuk tokonya, dan Hajime mulai merancang situs tersebut. Namun, mereka menghabiskan terlalu banyak waktu bermain-main dengan halaman konsep. Kemudian, Hajime menyadari bahwa dia lupa memesan Super Ball untuk toko tersebut, sehingga dirinya membuat banyak bola pengganti Super Ball dengan tangan.
10"Monjiro Squid, Manga Manuscript, and..."
"Monjirō ito manga genkō to..." (Jepang: 紋次郎いかと漫画原稿と…)
16 Maret 2018 (2018-03-16)
Toko dagashi Kokonotsu menerima pesanan berupa satu Monjiro Squid secara daring. Kokonotsu dan Hajime menuju ke rumah sakit terdekat untuk mengantarkan cumi-cumi tersebut, tetapi baru menyadari bahwa penerimanya adalah Yō. Dengan senang hati, Yō menerima pesanan tersebut, tetapi menyangkal bahwa dialah yang memesan. Yō kemudian menyetujui Kokonotsu mengambil alih toko dagashi mereka. Kokonotsu sadar bahwa dia belum mengerjakan satu halaman manga sama sekali. Kokonotsu melihat iklan untuk kontes manga yang akan jatuh tempo dalam dua hari dan mencoba membuat bab manga dari awal, tetapi menyadari bahwa dia tidak dapat menyelesaikannya tepat waktu sendirian. Hajime menawarkan untuk membantunya menyelesaikan naskahnya, bersama dengan Saya dan Tō yang memberikan dukungan moral.
11"Homerun Bar Winning Stick, Snow, and..."
"Hōmuranbā no atari bō to yuki to..." (Jepang: ホームランバーの当たリ棒と雪と…)
23 Maret 2018 (2018-03-23)
Kokonotsu, Hajime, dan Saya berhasil menyelesaikan manga pada waktunya untuk diikutsertakan dalam kontes. Kokonotsu tiba di tempat kontes tepat waktu, tetapi manga karyanya ditolak oleh editor karena menyerahkan hasil yang terburu-buru. Kokonotsu mulai meragukan dirinya sendiri sementara kereta pulang tertunda tanpa batas yang belum ditentukan akibat turunnya salju. Kemudian, Hotaru muncul di hadapannya—di stasiun yang sama.
12"I'm Back, Welcome Back, and..."
"Tadaima to okaeri to…" (Jepang: ただいまとおかえりと…)
30 Maret 2018 (2018-03-30)
Hotaru mengungkapkan bahwa dirinya pergi untuk membantu perusahaan keluarganya dan kebetulan sedang menuju ke tempat lain di kereta yang sama dengan Kokonotsu. Meskipun Kokonotsu masih dalam keadaan suram, Hotaru menghiburnya. Ketika keberangkatan kereta dibatalkan secara resmi, Hotaru menyatakan bahwa dirinya membawa koper penuh dengan ramen dagashi "Buta-men", dan keduanya menghabiskan malam bersama. Keesokan harinya, Kokonotsu terbangun sendirian dan bertanya-tanya apakah pertemuan mereka merupakan mimpi, tetapi rupanya Hotaru masih berdiri di luar. Hotaru mengungkapkan bahwa dia berencana untuk kembali bersamanya ke toko dagashi keluarga Shikada. Keduanya kemudian naik kereta berikutnya dan mendapati Hajime, Saya, dan Tō menyambut kepulangannya, meskipun Kokonotsu tidak berhasil. Setelah Hajime mengungkapkan bahwa dirinya bekerja di toko tersebut, Hotaru menaruh kepercayaan pada keterampilan bisnis Kokonotsu dan memintanya bekerja untuknya alih-alih Yō. Pada saat yang sama, Yō kembali dari rumah sakit dan memohon Kokonotsu untuk terus menjalankan toko keluarga mereka, kemudian Beni muncul dalam rangka menawarkan pekerjaan kepada Kokonotsu di toko swalayannya. Hotaru memanggil Beni dengan sebutan kakak, sementara Saya bersikeras bahwa Kokonotsu ingin fokus pada manga-nya. Kokonotsu melarikan diri dari toko tersebut sementara yang lain berdebat tentang nasibnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Funimation.
  2. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dagashi Kashi Anime Gets 2nd Season in 2018". Anime News Network. 4 Agustus 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Agustus 2017. Diakses tanggal 4 Agustus 2017. 
  2. ^ "STORY" (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-14. Diakses tanggal 6 Januari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]