Daftar episode 13 Reasons Why

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

13 Reasons Why adalah serial televisi web drama remaja Amerika Serikat yang awalnya di kembangkan untuk Netflix sebagai serial terbatas oleh Brian Yorkey, berdasarkan novel tahun 2007, Thirteen Reasons Why oleh Jay Asher.[1]

Serial ini menghasilkan 49 episode yang dirilis selama empat musim, antara 31 Maret 2017 hingga 5 Juni 2020.

Ringkasan Serial[sunting | sunting sumber]

MusimEpisodeWaktu rilis
11331 Maret 2017 (2017-03-31)
21318 Mei 2018 (2018-05-18)
31323 Agustus 2019 (2019-08-23)
4105 Juni 2020 (2020-06-05)

Episode[sunting | sunting sumber]

Musim 1 (2017)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
11"Tape 1, Side A"Tom McCarthyBrian Yorkey31 Maret 2017 (2017-03-31)

Clay Jensen menemukan sebuah kotak berisi kaset-kaset audio secara anonim yang ditinggalkan di depan pintu rumahnya. Dia mendengarkan melalui boombox ayahnya dan menyadari bahwa kaset tersebut direkam oleh teman sekelasnya yang baru saja meninggal, Hannah Baker. Clay mencuri walkman Tony untuk terus mendengarkan kaset tersebut. Clay mendengarkan rekaman pertama, di mana Hannah mulai menceritakan pengalaman yang menyebabkan dia bunuh diri. Dia mulai dengan berbagi cerita tentang ciuman pertamanya, dengan Justin Foley, yang secara tidak sengaja menyebarkan desas-desus cabul yang memulai urutan peristiwa yang mengarah mengapa ia bunuh diri. Clay mengungkap, melalui banyak kilas balik singkat, telah jatuh cinta pada Hannah dan sebelumnya bekerja dengannya di bioskop lokal. Hal ini terungkap bahwa Hannah telah mempercayakan Tony untuk bertanggung jawab atas rekaman itu.


Subjek: Justin Foley, karena menyebarkan gambar cabul Hannah bersama dengan rumor seksual tentang pertemuan mereka.
22"Tape 1, Side B"Tom McCarthyBrian Yorkey31 Maret 2017 (2017-03-31)

Hannah mengenang tentang persahabatannya dengan dua murid baru lainnya: Jessica, yang sering berpindah karena ayahnya berada di Angkatan Udara, dan Alex, yang mereka temui di kedai kopi. Jessica dan Alex akhirnya mulai berpacaran dan berhenti menghabiskan waktu bersama Hannah. Pada saat ini, ibu Hannah, Olivia, menemukan catatan di buku teks putrinya yang menuntunnya untuk percaya bahwa Hannah diganggu di sekolahnya.


Subjek: Jessica Davis, karena menyalahkan Hannah tentang putusnya dengan Alex.
33"Tape 2, Side A"Helen ShaverDiana Son31 Maret 2017 (2017-03-31)

Ketika Clay berusaha untuk menjalin hubungan romantis dengan Hannah, hubungan-hubungannya terancam oleh "daftar terbaik/terburuk" yang dibuat oleh Alex Standall, yang juga meletakkan "target" pada Hannah. Saat ini, ibu Hannah, Olivia Baker, mencari kepala sekolah tentang kecurigaannya akan bullying dan menggangu pertemuan orang tua. Di tengah penyelidikannya, Clay mendekat ke Alex untuk mencari jawaban, yang tidak hanya merasa menyesal atas tindakannya di kaset, tetapi juga memperingatkan Clay terhadap kepercayaannya dengan Tony. Ketika Justin mencoba untuk memulihkan diri dari kemerosotannya baru-baru ini, Bryce yang kuat, menantang Clay dan Alex untuk minum di gang.


Subjek: Alex Standall, karena memasukkan Hannah sebagai pantat terbaik di sekolah untuk membuat Jessica Davis cemburu dan menghancurkan persahabatannya dengan Jessica.
44"Tape 2, Side B"Helen ShaverThomas Higgins31 Maret 2017 (2017-03-31)

Hannah mendengar seseorang di luar jendela kamarnya, dan menceritakan kepada temannya, Courtney, bahwa dia memiliki penguntit. Courtney menawarkan untuk membantunya menangkap pelaku dalam bertindak. Sambil menunggu penguntit itu datang, mereka memainkan permainan kebenaran atau tantangan sambil minum alkohol yang kemudian mereka berdua berciuman di kasur Hannah. Sang penguntit adalah fotografer sekolah Tyler Down, mengambil foto Courtney dan Hannah kemudian menyebarkan diseluruh sekolah. Hal ini mengakhiri pertemanan Courtney dan Hannah karena Courtney menjauhkan dirinya dari Hannah untuk menghindari gosip tentang foto itu. Saat ini, Clay pergi ke rumah Hannah dan berbicara dengan ibunya, meskipun tidak dapat mengakui betapa dekatnya dia dan Hannah. Clay bertemu dengan Tony yang mengatakan bahwa "orang-orang harus membuat keadilan mereka sendiri" dan membuktikan bahwa dia memiliki set kaset ekstra dari Hannah. Terinspirasi oleh kata kata Tony, Clay mengambil gambar telanjang Tyler dan mengirimkannya di sekolah untuk membalas dendam.


Subjek: Tyler Down, karena menguntit Hannah dan menyebarkan foto ciuman Courtney di sekolah.
55"Tape 3, Side A"Kyle Patrick AlvarezJulia Bicknell31 Maret 2017 (2017-03-31)

Courtney, takut teman-teman sekelasnya mengetahui tentang seksualitasnya, menyebarkan gosip bahwa gadis-gadis dalam foto itu adalah Hannah dan Laura. Courtney juga menambahkan gosip tentang Hannah dan Justin, memperburuk reputasi Hannah yang sudah buruk. Saat ini, Clay mengajak Courtney mengunjungi makam Hannah. Courtney pergi, tidak siap untuk menghadapi keterlibatannya dalam kehilangan teman sekelasnya atau lebih terbuka tentang seksualitasnya. Tony tiba dengan sepeda Clay dan memberinya rekaman dengan lagu yang dia dan Hannah mainkan di Winter Formal. Setalh itu, Justin, Zach dan Alex memaksa Clay masuk ke mobil bersama mereka dengan mencuri sepedanya dan menakut-nakuti dia agar diam tentang kaset-kaset itu dengan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Mereka ditahan oleh polisi tetapi tidak menghadapi konsekuensi karena petugas yang mereka temui adalah ayah Alex. Clay menyangkal mengenal Hannah kepada ibunya, yang diminta untuk mewakili sekolah dalam gugatan yang dibawa oleh Bakers.


Subjek: Courtney Crimsen, karena mengalihkan perhatian tentang seksualitasnya dan foto yang diambil Tyler darinya dan Hannah dengan menyebarkan rumor lebih parah tentang Hannah.
66"Tape 3, Side B"Kyle Patrick AlvarezNic Sheff31 Maret 2017 (2017-03-31)

Kencan Hannah pada Hari Valentine dengan Marcus tidak berjalan seperti yang direncanakan. Pada saat ini, Alex bertengkar dengan Montgomery dan mereka berdua harus muncul di hadapan OSIS. Clay membantu Sheri dalam sebuah tugas, dan mereka hampir berhubungan, tetapi Sheri mengungkapkan bahwa dia hanya ada di sana karena dia ada dalam rekaman dan ingin Clay menyukainya meskipun dia turut bertanggung jawab atas kematian Hannah.


Subjek: Marcus Cole, karena memalukan dan mencoba untuk menyerang Hannah secara seksual di kencan Valentine Dollar mereka.
77"Tape 4, Side A"Gregg ArakiElizabeth Benjamin31 Maret 2017 (2017-03-31)

Setelah Hannah menolak untuk pergi dengan Zach, dia membalas dendam dengan menyabotase Hannah secara emosional selama proyek kelas. Zach mencuri pujian dari kotak Hannah, mempengaruhi kepercayaan dirinya. Di masa kini, Clay mendengar kaset Zach dan merusak mobil Zach sebagai tindakan balas dendam. Clay sekarang memiliki halusinasi pendengaran dan visual dari Hannah pada siang hari, termasuk melihat mayatnya di lantai lapangan basket selama pertandingan dan mendengar rekamannya bermain di atas sistem interkom sekolah. Dia mengembalikan kaset ke Tony, dan tidak dapat terus mendengarkan.


Subjek: Zach Dempsey, karena mencuri "catatan positif" yang ditujukan kepada Hannah di kelas Komunikasi sebagai balas dendam karena menolak bantuannya.
88"Tape 4, Side B"Gregg ArakiKirk Moore31 Maret 2017 (2017-03-31)

Hannah tersentuh oleh puisi yang dibacakan oleh teman sekolahnya Ryan Shaver, dan bergabung dengan Klub Puisi Cemerlang, tempat di mana orang menulis, mendengarkan dan menampilkan puisi mereka sendiri. Hannah menyajikan beberapa puisi yang sangat mengungkapkan tentang dirinya di klub puisi setelah Ryan memaksanya. Ryan mengkhianati Hannah dengan menerbitkan puisi tanpa sepengetahuan atau persetujuan Hannah di majalah sekolahnya. Hampir semua orang di sekolah menganggap puisi itu lucu, tetapi Clay tersentuh dan terganggu olehnya, tanpa menyadari bahwa Hannah adalah pengarangnya. Pada hari ini, Tony mengaku kepada Clay tentang malam kematian Hannah, dan Clay mengambil kembali kaset-kaset itu. Clay kemudian memberikan puisi itu kepada ibu Hannah.


Subjek: Ryan Shaver, karena mencuri puisi yang ditulis Hannah tentang masalah pribadinya dan menerbitkannya di surat kabar sekolah tanpa persetujuan Hannah.
99"Tape 5, Side A"Carl FranklinHayley Tyler31 Maret 2017 (2017-03-31)

Hannah bersembunyi di kamar Jessica saat pesta, Hannah menyaksikan Bryce Walker memperkosa Jessica yang tidak sadar dan mabuk. Saat ini, Marcus memperingatkan Clay bahwa yang terburuk belum lagi datang dan mencoba menakut-nakuti Clay tentang kaset-kaset itu, dengan memasukkan narkoba di dalam tas Clay untuk membuatnya diskors dari sekolah. Clay akhirnya mengakui kepada ibunya bahwa dia dan Hannah dekat. Setelah mendapatkan nasihat hukum yang mencurigakan dari ibunya, dia pergi ke apartemen Justin untuk mengambil sepedanya dan berbicara tentang untuk mendapatkan keadilan untuk Jessica. Justin akhirnya mengakui bahwa apa yang terjadi di rekaman itu nyata, dan mengklaim lebih baik jika Jessica tidak tahu yang sebenarnya.


Subjek: Justin Foley, karena membiarkan Bryce memperkosa Jessica.
1010"Tape 5, Side B"Carl FranklinNathan Louis Jackson31 Maret 2017 (2017-03-31)

Setelah pesta, Hannah mendapat tumpangan pulang dari teman sekelasnya, Sheri Holland. Dalam perjalanan mereka kecelakaan kecil, menjatuhkan tanda berhenti. Sementara Hannah ingin memanggil polisi untuk melaporkannya, Sheri menolak untuk melakukannya, karena dia takut dia akan mendapat masalah. Sementara Hannah sedang dalam perjalanan untuk mencari telepon untuk menelepon pihak berwenang. Tanda berhenti jatuh menyebabkan kecelakaan serius di persimpangan itu, yang mengakibatkan kematian teman Clay, Jeff Atkins, yang dianggap orang-orang sebagai kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk. Ketika Hannah mencoba memberi tahu Clay tentang tanda berhenti, dia menyuruhnya untuk pergi, mengatakan dia tidak perlu terlalu dramatis. Di masa sekarang, perilaku Jessica menjadi lebih tidak menentu. Clay tahu bahwa Sheri sedang mencoba memperbaiki kesalahannya dengan caranya sendiri, dan dia memberi tahu orang tua Jeff bahwa Jeff tidak mabuk ketika dia meninggal.


Subjek: Sheri Holland, karena meninggalkan Hannah setelah menabrakkan mobilnya ke tanda berhenti, yang akhirnya menyebabkan kematian siswa lain.
1111"Tape 6, Side A"Jessica YuDiana Son31 Maret 2017 (2017-03-31)

Dengan dukungan Tony, Clay akhirnya mendengarkan rekamannya dan diatasi dengan rasa bersalah sampai dia memutuskan bunuh diri karena dia merasa dia tidak melakukan cukup untuk mencegah kematian Hannah. Tony berhasil menenangkannya. Justin tahu Jessica ada di rumah Bryce. Dia menghadapi dia di sana dan mengakui bahwa Bryce memperkosa Jessica di malam pesta, menyebabkan dia putus dengannya. Olivia Baker menemukan daftar dengan nama semua orang di kaset, meskipun dia tidak tahu apa artinya daftar itu.


Subjek: Clay Jensen, karena memenuhi permintaan Hannah untuk meninggalkannya sendirian di pesta Jessica. Namun, Hannah secara eksplisit menyatakan bahwa Clay tidak termasuk dalam daftar, tetapi karena ia harus ada dalam kaset untuk menceritakan keseluruhannya.
1212"Tape 6, Side B"Jessica YuElizabeth Benjamin31 Maret 2017 (2017-03-31)

Setelah tidak sengaja kehilangan uang dari penghasilan toko orangtuanya, Hannah yang tertekan kemudian pergi ke pesta Bryce. Malam berakhir dengan tragedi ketika Hannah berduaan dengan Bryce, dan dia memperkosanya di bak mandi air panasnya. Hal ini membuat Hannah membuat daftar orang-orang yang dia rasakan bertanggung jawab untuk membawanya ke keadaannya saat ini, yang menjadi inspirasi atas pembuatan rekaman. Pada saat ini, semua orang dalam daftar Hannah dipanggil untuk memberi kesaksian dalam gugatan antara Bakers dan sekolah. Subjek rekaman tidak setuju dengan apa yang harus dilakukan. Tyler akhirnya menyarankan mereka menyematkan semuanya pada Bryce, tetapi Alex menolak dan mengatakan mereka harus mengatakan yang sebenarnya. Sheri menyerahkan diri. Clay pergi ke rumah Bryce, dengan dalih membeli ganja, untuk menghadapkannya tentang peristiwa malam itu, tentang ia memperkosa Hannah. Clay memprovokasi Bryce untuk menyerangnya dan dipukuli dengan parah. Namun, Clay diam-diam merekam percakapan mereka dan meminta Bryce untuk mengakui bahwa dia memperkosa Hannah.


Subjek: Bryce Walker, karena memperkosa Hannah di bak mandi air panasnya.
1313"Tape 7, Side A"Kyle Patrick AlvarezBrian Yorkey31 Maret 2017 (2017-03-31)

Hannah mulai merekam kaset-kaset itu dan kemudian mengunjungi Mr. Porter untuk menceritakan tentang dirinya di perkosa. Hannah diam-diam merekam percakapan, berharap Mr. Porter akan membantunya. Ketika dia tidak melakukannya, Hannah pulang ke rumah dan bunuh diri dengan memotong pergelangan tangan dan lengannya di bak mandi berisi air. Saat ini, Clay memberikan Tony rekaman percakapannya dengan Bryce untuk disalin. Clay menghadapi Mr. Porter berbicara tentang pertemuannya dengan Hannah pada hari terakhirnya. Dia juga menyerahkan kaset, termasuk rekaman tambahan yang berisi pengakuan Bryce. Clay mengatakan pada Porter bahwa dia adalah subyek dari rekaman terakhir. Deposisi dimulai, Marcus dan Courtney menyangkal keterlibatan mereka dalam kematian Hannah sebanyak mungkin. Zach dan Jessica mengakui kesalahan mereka. Sebelum deposisi, Tyler menyembunyikan amunisi dan senjata di kamarnya, dan kemudian mengungkapkan keberadaan kaset selama wawancara. Alex terungkap dengan berusaha bunuh diri; dia dalam kondisi kritis di rumah sakit. Justin meninggalkan kota karena rasa bersalah, tetapi tidak sebelum memberi tahu Bryce tentang rekaman itu. Jessica akhirnya memberitahu ayahnya tentang perkosaannya. Di sekolah, Clay mendatangi Skye Miller, teman kecilnya, untuk menghindari kesalahan yang sama yang dia buat dengan Hannah.


Subjek: Mr. Porter, karena tidak percaya bahwa Hannah ingin bunuh diri dan tidak memberikan bantuannya yang tepat.

Musim 2 (2018)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
141"The First Polaroid"Gregg ArakiBrian Yorkey18 Mei 2018 (2018-05-18)

Persidangan Hannah lanjut ke pengadilan. Tyler yang pertama memberi kesaksian di persidangan dan melakukannya dengan jujur. Skye dan Clay berkencan, tetapi Clay mulai melihat Hannah. Mr Porter menghadapi Bryce di kamar mandi tentang dirinya memperkosa Hannah. Jessica kembali ke sekolah, seperti halnya Alex yang selamat dari usaha bunuh dirinya, tetapi telah kehilangan sebagian besar ingatannya dari sebelumnya, termasuk isi kaset Hannah. Clay menemukan foto Polaroid di lokernya, dengan catatan yang mengatakan "Hannah bukan satu-satunya".


Saksi: Tyler Down, yang berbicara tentang mengambil foto Hannah dan mencoba berteman dengannya.
152"Two Girls Kissing"Gregg ArakiThomas Higgins18 Mei 2018 (2018-05-18)

Courtney mengungkapkan bahwa dia lesbian dan memiliki perasaan pada Hannah selama kesaksiannya. Sekelompok pengunjuk rasa berkumpul di pengadilan untuk menuntut keadilan bagi Hannah. Skye curiga bahwa Clay masih mencintai Hannah, dan Skye masuk rumah sakit segera setelah meninggalkan rumah Clay. Sementara itu, Tyler berteman dengan teman sekelas bernama Cyrus.


Saksi: Courtney Crimsen, yang berbicara tentang perasaannya terhadap Hannah dan ciuman mereka.
163"The Drunk Slut"Karen MoncrieffMarissa Jo Cerar18 Mei 2018 (2018-05-18)

Clay, mengendarai sepeda rumahnya, disambar dengan sengaja oleh sebuah mobil, sehingga jatuh. Dia mengunjungi Skye di rumah sakit, tetapi dia putus dengannya. Clay dan Alex mencoba mendorong Jessica untuk mengungkapkan informasi tentang Bryce selama kesaksiannya, tetapi ia gagal. Olivia bertanya padanya setelah itu apakah dia adalah gadis di dalam kaset kesembilan, tapi Jessica tidak menjawab. Setelah menemukan bahwa Jessica telah dihubungi oleh Justin, Clay menemukan Justin di Oakland dengan bantuan Tony. Tanpa pilihan lain, Clay membiarkan Justin tinggal di kamar tidurnya bersamanya. Orang tua Skye memindahkan Skye ke fasilitas psikiatri, dan memberi tahu Clay agar tidak menghubunginya. Tyler bertemu dengan teman-teman Cyrus lainnya sementara Bryce diminta untuk bersaksi.


Saksi: Jessica Davis, yang berbicara tentang daftar hot-or-not list dan persahabatannya dengan Hannah.
174"The Second Polaroid"Karen MoncrieffHayley Tyler18 Mei 2018 (2018-05-18)

Marcus berbohong tentang apa yang terjadi dengan Hannah saat malam mereka pergi pada Hari Valentine selama kesaksiannya (untuk melindungi reputasinya) dan secara sengaja menyebut nama Bryce yang membuatnya marah. Cyrus dan Tyler mendengar kebohongan Marcus dan mengerjainya. Clay mengetahui bahwa Justin telah mengambil heroin dan ia dan Sheri membantunya ke jalan menuju ketenangan. Jessica menunjukkan catatan ancaman yang ditinggalkannya sebelum kesaksiannya kepada Mr. Porter. Alex terus frustrasi karena tidak bisa mengingat apa-apa dan meminta bantuan Clay untuk memberikannya rekaman Hannah. Clay juga menemukan foto Polaroid kedua di lokernya, yang menunjukkan Bryce berhubungan seks dengan seorang gadis yang tidak sadarkan diri, di samping sebuah catatan yang mengatakan "dia tidak akan berhenti".


Saksi: Marcus Cole, yang berbohong tentang apa yang terjadi dengan Hannah pada malam mereka pergi keluar.
185"The Chalk Machine"Eliza HittmanNic Sheff18 Mei 2018 (2018-05-18)

Ryan bersaksi dan berbicara tentang puisi Hannah, mengatakan bahwa mereka ditulis tentang Justin. Setelah itu, Olivia mengundang Ryan untuk membantunya memecahkan puisi Hannah untuk petunjuk tambahan, tetapi Ryan segera pergi setelah Olivia menyebutkan halaman yang hilang dalam jurnal Hannah, yang Ryan telah robek. Clay menyadari foto Polaroid diambil di sekolah dan mencoba mencari tahu di mana. Chloe bertemu dengan orang tua Bryce dan ibu Bryce melihat memar pada diri Chloe. Jessica menghadiri sesi terapi kelompok pertamanya. Mr Porter menemukan bata dilemparkan melalui jendela mobilnya, dengan catatan ancaman terpasang; dia kemudian menghadapi ibu Justin dan ditangkap setelah insiden kekerasan dengan pacar ibu Justin.


Saksi: Ryan Shaver, yang berbicara tentang puisi yang ditulisnya dengan Hannah dan siapa yang menulisnya.
196"The Smile at the End of the Dock"Eliza HittmanJulia Bicknell18 Mei 2018 (2018-05-18)

Zach bersaksi dan mengungkapkan bahwa dia dan Hannah memiliki hubungan romantis selama musim panas sebelum dia meninggal, tetapi mereka merahasiakannya. Setelah kesaksian, Clay bereaksi dengan marah dan menghadapi Zach, mengabaikan permintaan maafnya, sementara Bryce mengganggu Zach tentang hubungannya, mendorong perkelahian kecil di antara mereka. Justin kembali ke sekolah dan berbicara dengan Jessica, tetapi Jessica memintanya untuk pergi. Dia kemudian pingsan setelah melihat Bryce, dan sekembalinya ke rumah Clay, Justin harus bersembunyi ketika seseorang menerobos masuk.


Saksi: Zach Dempsey, yang berbicara tentang hubungannya dengan Hannah pada musim panas sebelum dia meninggal.
207"The Third Polaroid"Michael MorrisBrian Yorkey18 Mei 2018 (2018-05-18)

Selama kesaksian Clay, dia dipaksa untuk mengungkapkan bahwa dia dan Hannah melakukan narkoba di sebuah pesta kecil pada suatu malam dan menghabiskan malam bersama Hannah. Clay mengabaikan komentar yang dibuat Hannah tentang melakukan bunuh diri keesokan paginya. Pesta ulang tahun Alex tergelincir setelah sejumlah argumen. Ketika Clay meninggalkan pesta ulang tahun, dia menemukan foto Polaroid yang ditinggalkan di mobilnya, dengan catatan bertuliskan "The Clubhouse". Setelah membaca komentar yang diposting online tentang kesaksiannya, Clay secara anonim mengunggah rekaman Hannah ke Internet. Sementara itu, Bryce terlihat berhubungan seks dengan Chloe tanpa mendapatkan persetujuan yang tepat.


Saksi: Clay Jensen, yang berbicara tentang persahabatannya dengan Hannah.
218"The Little Girl"Michael MorrisFelischa Marye18 Mei 2018 (2018-05-18)

Setelah rekaman tersebar, Bryce kembali ke sekolah dan menemukan lokernya dirusak . Setelah Marcus diperas, ia menyebut Bryce pemerkosa saat pidato di sebuah upacara, di depan sekelompok besar orang tua dan siswa, untuk melindungi reputasinya sendiri. Clay akhirnya menghubungi Skye lagi dan bertemu dengannya di fasilitas psikiatri, tetapi dia mengatakan kepadanya bahwa dia pindah ke negara yang berbeda. Justin overdosis pada heroin, tetapi Alex menyelamatkan hidupnya - Justin kemudian kembali ke rumah ibunya.


Saksi: Andy dan Olivia Baker, yang berbicara tentang kehidupan Hannah dan penindasan di Liberty High.
229"The Missing Page"Kat CandlerRohit Kumar18 Mei 2018 (2018-05-18)

Ketika memberi kesaksian, Mr Porter mengungkapkan bahwa sejak kematian Hannah dia menjadi percaya bahwa Hannah diperkosa oleh Bryce. Dia kemudian secara emosional meminta maaf kepada ibu Hannah. Justin mencuri uang dari pacar ibunya, dan ketika didapatkan oleh ibunya, Justin meninggalkannya dengan beberapa uang menyarankan dia pergi untuk melarikan diri dari pacarnya. Bryce menghadapi dan mengancam Clay dengan asumsi bahwa Clay-lah yang memeras Marcus untuk secara terbuka menuduh Bryce melakukan pemerkosaan. Kemudian, Clay dipukul habis-habisan di sekolah oleh empat siswa bertopeng. Dia kemudian didekati oleh Cyrus yang mengundangnya untuk bergabung dengan Tyler untuk merusak sekolah malam itu, tetapi ketika dia melakukannya, dia melihat sekelompok siswa memasuki The Clubhouse, gudang penyimpanan di sebelah lapangan bisbol. Dia mengirim pesan kepada Justin. Sementara itu, Olivia menghubungi seorang gadis, Sarah, dan ibunya dan meminta mereka untuk tidak bersaksi.


Saksi: Kevin Porter, yang berbicara tentang hari ketika Hannah meminta bantuan darinya.
2310"Smile, Bitches!"Kat CandlerKirk Moore18 Mei 2018 (2018-05-18)

Tony diminta untuk bersaksi, tetapi memilih untuk tidak mengungkapkan bahwa Hannah meninggalkan kasetnya karena dia berhutang budi padanya setelah dia membantunya menghindari penangkapan. Selama kesaksian Sarah, dia mengungkapkan Hannah adalah bagian dari trio gadis yang menindasnya di sekolah menengah lain. Setelah perdebatan antara Tyler dan Mackenzie, persahabatan Tyler dengan Cyrus rusak. Menawarkan marijuana, Sheri menggoda beberapa siswa laki-laki untuk membawanya ke The Clubhouse, di mana Bryce mengambil foto dirinya dan dua anak lelaki lainnya di kamera polaroid, menempatkan foto itu di dalam kotak berisi banyak foto orang lain. Dia belajar membuka kode untuk membuka kunci pintu dan membagikannya dengan Clay dan Justin. Selama pertandingan bisbol, Zach menghadapi Bryce, mengatakan kepadanya bahwa dia tahu Hannah tidak berbohong, dan berhenti dari permainan. Dia pergi ke The Clubhouse dan menemukan Clay dan Justin di sana, dan memberikan Clay kotak foto-foto polaroid yang diambil di Clubhouse, mengakui bahwa dialah yang memberi Clay tiga foto pertama. Clay mengulas foto-foto di rumah bersama Justin dan Sheri, dan mereka menemukan sepasang foto yang menunjukkan Bryce memperkosa Chloe. Clay juga menemukan foto Hannah.


Saksi: Tony Padilla, yang berbicara tentang persahabatannya dengan Hannah.
2411"Bryce and Chloe"Jessica YuMarissa Jo Cerar & Thomas Higgins18 Mei 2018 (2018-05-18)

Bryce memberi kesaksian dan mengatakan bahwa dia dan Hannah memiliki hubungan seksual yang santai, dan bahwa Hannah secara keliru menuduhnya melakukan pemerkosaan setelah dia mengakhiri itu. Ketika Bryce kembali ke sekolah, Justin mendekatinya dan perkelahian terjadi, yang berevolusi menjadi perkelahian massal. Jessica menunjukkan Chlöe dua foto Bryce dan dirinya di The Clubhouse, dan Chloe mengaku bahwa dia yang menempel foto-foto di ruang kelas sebelum Jessica bersaksi. Olivia, tim hukumnya, dan Jessica meminta Chlöe untuk bersaksi, dan dia setuju, tetapi di ruang sidang Chloe melaporkan bahwa dia ingat Bryce berhubungan seks dengannya dan ingat setuju. Kotak foto-foto Polaroid yang diambil dari The Clubhouse dicuri dari mobil Clay. Alex dikirimi paket berisi pistol dan surat ancaman. Ibu Bryce kemudian bertanya kepada Bryce apakah dia mengatakan kebenaran dalam kesaksiannya, dan setelah ditekan, dia mengaku memperkosa Hannah. Melalui serangkaian kilas balik, terungkap Bryce menginginkan hubungan dengan Hannah. Clay menjadi tersiksa mental oleh halusinasi Hannah, ke titik di mana dia berusaha membunuh Bryce dan bunuh diri.


Saksi: Bryce Walker, yang berbohong tentang memperkosa Hannah.
2512"The Box of Polaroids"Jessica YuHayley Tyler & Brian Yorkey18 Mei 2018 (2018-05-18)

Justin menerima ancaman kematian sebelum pergi untuk bersaksi, tetapi dia menceritakan bahwa Bryce memperkosa Jessica selama kesaksiannya. Montgomery dihadapkan oleh Alex, Clay, Justin, Tony, Zach dan Scott setelah Alex menyadari dia pelaku karena mengintimidasi orang selama persidangan, dan mengaku mencuri kotak foto Polaroid. Namun, setelah membawa Alex ke lokasi, Montgomery mengungkapkan bahwa dia berbohong dan kabur. Akibatnya, Jessica di paksa oleh temannya untuk melaporkan kasus kekerasan seksualnya kepada polisi. Setelah persidangan selesai dan juri menemukan distrik sekolah tidak bertanggung jawab atas kematian Hannah, baik Bryce dan Justin ditangkap di luar ruang sidang karena keterlibatan mereka dalam perkosaan Jessica. Mr Porter dipecat setelah review kinerja, dan Tyler ditempatkan pada program pengalihan setelah salah satu postingan media sosialnya mengungkapkan itu adalah dia yang merusak sekolah.


Saksi: Justin Foley, yang berbicara tentang hubungannya dengan Hannah dan mengaku tentang Bryce memperkosa Jessica.
2613"Bye"Kyle Patrick AlvarezBrian Yorkey18 Mei 2018 (2018-05-18)

Setelah sidang kekerasan seksual Jessica, Bryce dijatuhi hukuman percobaan tiga bulan. Justin dihukum percobaan enam bulan dan hanya bisa dilepaskan ke salah satu orang tuanya, keduanya tidak dapat ditemukan. Hal ini menyebabkan keluarga Clay mengadopsi dia, yang diungkapkan Clay kepada Justin setelah layanan pemakaman untuk Hannah. Clay menemukan bahwa ia termasuk dalam daftar Hannah "alasan mengapa tidak" yang ditulis Hannah sebelum kematiannya. Tyler kembali ke sekolah, tetapi dipukuli secara kejam dan dilecehkan secara seksual oleh Montgomery dan dua temannya. Malam berikutnya, di sebuah pesta dansa sekolah, Jessica dan Justin berbagi pengalaman intim, dan kemudian Chloe memberitahu Jessica bahwa dia hamil. Tyler tiba di pesta dansa untuk mengatur penembakan, tetapi Clay mengetahui rencananya dan mendorongnya untuk tidak melakukan itu. Dia dengan damai melumpuhkan Tyler sebelum Tony tiba untuk mendorong Tyler masuk di mobilnya. Episode berakhir dengan sirene mobil polisi yang mendekat didengar dengan Clay, Justin dan Jessica berdiri di depan sekolah, dengan Clay memegang senapan serbu Tyler.


Narasi: Clay Jensen, yang mengatakan rela atas kepergian Hannah.

Musim 3 (2019)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
271"Yeah. I'm the New Girl"Michael MorrisBrian Yorkey23 Agustus 2019 (2019-08-23)
282"If You're Breathing, You're a Liar"Michael MorrisAllen MacDonald23 Agustus 2019 (2019-08-23)
293"The Good Person Is Indistinguishable from the Bad"Jessica YuHayley Tyler23 Agustus 2019 (2019-08-23)
304"Angry, Young and Man"Jessica YuThomas Higgins23 Agustus 2019 (2019-08-23)
315"Nobody's Clean"Bronwen HughesTrevor Marti Smith23 Agustus 2019 (2019-08-23)
326"You Can Tell the Heart of a Man by How He Grieves"Bronwen HughesMfoniso Udofia23 Agustus 2019 (2019-08-23)
337"There Are a Number of Problems with Clay Jensen"Kevin DowlingJulia Bicknell23 Agustus 2019 (2019-08-23)
348"In High School, Even on a Good Day, It's Hard to Tell Who's on Your Side"Kevin DowlingFelischa Marye23 Agustus 2019 (2019-08-23)
359"Always Waiting for the Next Bad News"Aurora GuerreroM.K. Malone23 Agustus 2019 (2019-08-23)
3610"The World Closing In"Aurora GuerreroCerita oleh : Rohit Kumar and Allen MacDonald & Thomas Higgins & Hayley Tyler
Skenario oleh : Allen MacDonald & Thomas Higgins & Hayley Tyler & Brian Yorkey
23 Agustus 2019 (2019-08-23)
3711"There Are a Few Things I Haven't Told You"Kevin DowlingHelen Shang23 Agustus 2019 (2019-08-23)
3812"And Then the Hurricane Hit"Kevin DowlingCerita oleh : Thomas Higgins & Hayley Tyler & Trevor Marti Smith
Skenario oleh : Allen MacDonald & M.K. Malone & Helen Shang
23 Agustus 2019 (2019-08-23)
3913"Let the Dead Bury the Dead"John T. KretchmerBrian Yorkey23 Agustus 2019 (2019-08-23)

Musim 4 (2020)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
401"Winter Break"Russell MulcahyBrian Yorkey5 Juni 2020 (2020-06-05)
412"College Tour"Russell MulcahyAllen MacDonald5 Juni 2020 (2020-06-05)
423"Valentine's Day"Michael SucsyHayley Tyler5 Juni 2020 (2020-06-05)
434"Senior Camping Trip"Michael SucsyThomas Higgins5 Juni 2020 (2020-06-05)
445"House Party"Brenda StrongM. K. Malone & Franky D. Gonzalez5 Juni 2020 (2020-06-05)
456"Thursday"Brenda StrongEvangeline Ordaz5 Juni 2020 (2020-06-05)
467"College Interview"Sunu GoneraAllen MacDonald & Hayley Tyler & Evangeline Ordaz5 Juni 2020 (2020-06-05)
478"Acceptance/Rejection"Sunu GoneraSahar Jahani & Thomas Higgins5 Juni 2020 (2020-06-05)
489"Prom"Tommy LohmannBrian Yorkey5 Juni 2020 (2020-06-05)
4910"Graduation"Brian YorkeyBrian Yorkey5 Juni 2020 (2020-06-05)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jaafar, Ali (October 29, 2015). "Netflix Gives Selena Gomez's '13 Reasons Why' Straight-To-Series Order". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2015. Diakses tanggal October 29, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]