Dafa & Lulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Dafa & Lulu
GenreAnimasi Anak
PengembangRuangguru
Bahasa asliIndonesia
Jmlh. musim36
Rilis asli
Rilis2020

Dafa dan Lulu adalah serial animasi yang diproduksi oleh Ruangguru. Serial animasi ini rilis perdana pada tahun 2020.

Kisah[sunting | sunting sumber]

Sekelompok siswa-siswi SD Nusantara terdiri dari Dafa, Lulu, Made, Cika, Dira, Bona, dan Puti yang senang bermain dan belajar bersama. Suatu saat, Dafa dan teman-temannya mendapatkan kekuatan yang akan merubah hidup mereka. Dengan kekuatan itu, mereka harus menyelesaikan misi dan mengalahkan para musuh.

Dafa dan Lulu Universe akan diceritakan melalui dua babak yaitu Sekolah Baru dan Legenda 8 Batu Sakti. Dalam Petualangannya, Dafa dan teman-teman mendapatkan banyak pelajaran, seperti pengetahuan, persahabatan, dan nilai-nilai kehidupan.

Serial ini ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar, mulai kelas satu hingga kelas enam.

Sekolah Baru![sunting | sunting sumber]

Sekolah Baru adalah babak pertama dalam Dafa dan Lulu Universe yang terjadi selama Dafa dan teman-teman berada di kelas satu, dua, dan tiga sekolah dasar. Babak ini berpusat pada cerita persahabatan dan keluarga Dafa serta teman-temannya.

Sekolah Baru rilis perdana pada tahun 2020 di aplikasi Ruangguru.

Legenda 8 Batu Sakti[sunting | sunting sumber]

Legenda 8 Batu Sakti adalah babak kedua dalam Dafa dan Lulu Universe. Kisah dalam babak ini berlangsung selama tiga tahun yang terjadi saat Dafa dan teman-teman berada di kelas empat, lima, dan enam sekolah dasar.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Dafa dan Lulu Universe berpusat pada 7 karakter utama yang memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing.

  • Dafa Defara adalah tokoh utama dari serial Dafa & Lulu. Dafa digambarkan sebagai anak yang percaya diri, ceria, aktif dan selalu berusaha untuk berbaur bersama teman-temannya. Meskipun di mata teman-temannya Dafa adalah sosok anak yang pintar, namun ia sangat berusaha keras untuk belajar. Keterbatasan yang ia miliki, tidak mengurangi semangatnya dalam belajar. Dafa anak yang mengidap disleksia, tetapi keterbatasan ini tidak begitu diperlihatkan karena Dafa adalah anak yang sangat rajin belajar, sehingga tidak ada yang menyangkanya karena ia berprestasi.
  • Lulu Kamila sejak kecil bersahabat dengan Dafa. Ia digambarkan sebagai gadis yang ceria, percaya diri, kreatif, dan sangat aktif. Ia mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Tak heran, Jika Lulu bercita-cita menjadi astronot karena ia ingin melihat dan mengetahui apa saja yang ada di luar angkasa.
  • Made Santosa adalah seorang anak berdarah Bali yang gemar bersepeda dan menyukai makanan tempe. Di antara teman-temannya, Made adalah anak yang humoris. Ia sering menghibur teman-temannya dengan leluconnya atau tingkah lakunya yang iseng. selain itu, Made juga digambarkan sebagai anak yang imajinatif, periang, berani, penyayang, dan suka membantu teman-temannya.
  • Cika Weni hidup dalam keluarga yang sederhana. Sejak Papinya meninggal, ia membantu Mami dan kokonya untuk berjualan di toko setelah pulang sekolah. Di antara teman-temannya, Cika dikenal sebagai anak yang pemalu, kurang percaya diri, dan mudah menangis. Meskipun begitu, Cika mempunyai hati yang lembut, penyabar, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap teman-temannya. Selain itu, Cika juga memiliki suara yang merdu.
  • Bona Sadega dikenal sebagai anak yang tak bisa lepas dari gadget. Ia mempunyai wawasan yang luas tentang teknologi. Oleh teman-temannya, Bona digambarkan sebagai anak yang pendiam dan suka menyendiri. Meskipun begitu, ia tetap memiliki kepedulian yang tinggi. Seringkali ia membantu teman-temannya untuk memecahkan masalah.
  • Puti Rahayu mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap alam. Tak jarang, ia menjadi promotor untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencintai alam. Selain itu, Puti digambarkan sebagai anak yang berani, jujur, mempunyai wawasan yang luas, penyayang, dan bijaksana. Namun, karena sifatnya yang jujur dan berani, ia kurang bisa menyaring perkataannya.
  • Dira Helena adalah gadis asli Papua yang baru pindah ke SD Nusantara saat berada di kelas dua sekolah dasar. Ia digambarkan sebagai anak yang berani, ambisius, dan mempunyai jiwa petualang yang tinggi. Oleh teman-temannya, Dira dikenal mudah marah. Namun dibalik itu, Dira adalah anak yang baik hati dan peduli terhadap teman-temannya.

Episode[sunting | sunting sumber]

Serial Dafa dan Lulu terdiri dari episode pelajaran, cerita singkat, dan episode naratif.

Episode Pelajaran[sunting | sunting sumber]

Episode pelajaran dalam Sekolah Baru! berisi tentang Dafa, Lulu, dan teman-temannya mengaplikasikan pelajaran, atau mempelajari pelajaran baru pada kehidupan sehari-hari. Lingkup pelajaran yang tersedia adalah Matematika dan Bahasa Indonesia.

Episode pelajaran dalam Legenda 8 Batu Sakti berisi tentang petualangan Dafa dan teman-teman dalam mengaplikasikan kekuatan mereka masing-masing terhadap tantangan yang diberikan oleh musuh dalam lingkup pelajaran Matematika dan IPA Terpadu[1].

Episode pelajaran tersebut berjumlah 54 topik pembelajaran dan dapat disaksikan pada aplikasi Ruangguru.

Cerita singkat[sunting | sunting sumber]

Perkenalan masing-masing karakter dalam serial animasi Dafa dan Lulu telah tayang di Youtube. Episode pertama tayang pada tanggal 30 Juli 2022.

Episode Judul Tanggal Tayang
1 Jangan Bersedih Ya, Cika! 30 Juli 2022
2 Baju Made Sempiiit! 31 Juli 2022
3 Ayo Majulah, Puti-Cop! 6 Agustus 2022
4 Game Baru Bona 13 Agustus 2022
5 Kado Istimewa dari Dira 20 Agustus 2022

Episode Naratif[sunting | sunting sumber]

Episode naratif dalam legenda 8 Batu Sakti berisi petualangan Dafa dan teman-teman dalam menemukan kekuatan baru, serta beradaptasi dengan kehidupan baru mereka sebagai pahlawan super.

Episode pertama tayang perdana pada 10 Juni 2022 dan dapat ditonton secara gratis di Youtube.

Episode Judul Tanggal Tayang
1 Asal Usul 8 Batu Sakti 10 Juni 2022
2 Pemegang Kekuatan 7 Batu Cahaya Pelangi 11 Juni 2022
3 Akankah Para Ilmuwan Berhasil Mengusir Kelamnya Malam? 12 Juni 2022
4 Siapakah Ira Sukma? 17 Juni 2022
5 Kekuatan Baru 18 Juni 2022
6 Dimensi Rahasia 19 Juni 2022
7 Rama (Bagian 1) 24 Juni 2022
8 Misi Penyelamatan Rama (Bagian 2) 25 Juni 2022
9 Bisakah Rama Bertahan Dari Godaan Ira Sukma? 26 Juni 2022
10 Bercerai Kita Runtuh 1 Juli 2022
11 Bersatu Kita Teguh! 2 Juli 2022
12 Rama (Bagian 3) 3 Juli 2022
13 Permata Pelindung 8 Juli 2022

Rilis[sunting | sunting sumber]

Serial Animasi Dafa & Lulu tersedia di aplikasi dan website Ruangguru[2]. Serial ini menggabungkan materi pembelajaran dengan unsur penceritaan dan ditujukan untuk anak-anak mulai dari kelas satu hingga enam sekolah dasar[3]. Beberapa video petualangan dan pembelajaran dapat ditonton gratis di Youtube.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Writer, Content. Writer, Content, ed. "Ruangguru Hadirkan Video Belajar Animasi Interaktif Bagi Pelajar SD Kelas 4, 5, dan 6". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-08-26. 
  2. ^ Indonesia, PT Ruang Raya. "Pembelajaran Interaktif Beranimasi Petualangan Dafa Lulu | Ruangguru". www.ruangguru.com. Diakses tanggal 2022-08-26. 
  3. ^ Pradana, Rio Sandy (2022-07-05). Shahnaz, Khadijah, ed. "Intip Geliat Ruangguru saat Tahun Ajaran Baru". Bisnis.com. Diakses tanggal 2022-08-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]