Wilayah Klaipėda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Daerah Klaipėda)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta wilayah Memelland dan bagian utara Prusia Timur.

Wilayah Klaipėda (bahasa Lituania: Klaipėdos kraštas) atau Wilayah Memel (bahasa Jerman: Memelland atau Memelgebiet) adalah wilayah yang didefinisikan oleh Traktat Versailles pada tahun 1920 dan mengacu kepada bagian utara provinsi Prusia Timur di Kekaisaran Jerman. Wilayah Memelland bersama dengan wilayah Saar dan Danzig dikendalikan oleh Liga Bangsa-Bangsa hingga suatu hari rakyat wilayah tersebut dapat memilih untuk bersatu kembali dengan Jerman atau tidak.

Wilayah yang pada awalnya merupakan teritori suku Scalovia dan Curonia ini diminta oleh Adipati Masovia dan kemudian ditaklukan dan dikristenkan oleh Ordo Teutonik. Di wilayah ini mereka mendirikan Memelburg ("Kastil Memel") dan kota Memel (kini dikenal dengan nama Lituania Klaipėda). Pada tahun 1422, Traktat Melno menetapkan perbatasan antara Prusia dengan Keharyapatihan Lituania, dan perbatasan ini berdiri hingga tahun 1918.

Pada masa Perang Dunia I, sebagian besar penduduk wilayah ini adalah orang Jerman, walaupun terdapat pula orang Lituania Prusia yang tinggal di tempat ini. Wilayah ini diduduki oleh Lituania setelah meletusnya Pemberontakan Klaipėda pada tahun 1923. Memelland dicaplok oleh Jerman Nazi pada Maret 1939 dan disatukan kembali dengan Prusia Timur setengah tahun sebelum meletusnya Perang Dunia II. Menjelang berakhirnya perang pada tahun 1945, wilayah ini diduduki oleh Tentara Merah dan kemudian dianeksasi oleh Uni Soviet pada tahun 1946. Wilayah ini dijadikan bagian dari Republik Sosialis Soviet Lituania pada tahun 1948, dan warga Jermannya diusir. Semenjak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990, wilayah Klaipėda menjadi wilayah Republik Lituania. Perbatasan yang telah lama ditetapkan oleh Traktat Versailles saat ini menjadi perbatasan antara Lituania dengan Oblast Kaliningrad di Rusia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]