DHIS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DHIS
Tipeperangkat lunak bebas
GenreSistem Informasi Management Kesehatan
LisensiDHIS 1 (1.4): GPL
DHIS 2: BSD
Karakteristik teknis
PlatformMesin Virtual Java
Bahasa pemrogramanJava
Informasi pengembang
PengembangHealth Information Systems Programme
Informasi tambahan
Situs webwww.dhis2.org
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

District Health Information Software (DHIS) adalah platform perangkat lunak sumber terbuka untuk pelaporan, analisis, dan penyebaran data untuk semua program kesehatan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Program Sistem Informasi Kesehatan (HISP) dan telah digunakan di lebih dari 60 negara. Kegiatan pengembangan inti dari platform DHIS 2 dikoordinasikan oleh Departemen Informatika di Universitas Oslo, dan didukung oleh NORAD, PEPFAR, The Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria, UNICEF dan Universitas Oslo.

Solusi yang ditawarkan oleh aplikasi ini mencakup data agregat (misalnya data fasilitas kesehatan rutin, staf, peralatan, infrastruktur, perkiraan populasi), dan data kejadian (wabah penyakit, data survei/audit, survei kepuasan pasien, catatan pasien, koordinat lokasi). Aplikasi ini juga mendukung pengambilan data yang terkait dengan level mana pun dalam berbagai tingkatan di organisasi, frekuensi pengumpulan data, dan juga berbagai penyesuaian di sisi input dan output. DHIS 2 hadir dengan beberapa alat analitik yang mudah digunakan seperti dasbor, grafik, tabel pivot, dan peta. Selain itu juga dapat digunakan oleh perangkat lunak pihak ketiga melalui Web-API terbuka. DHIS telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Pada awalnya DHIS dikembangkan oleh tiga distrik kesehatan di Cape Town pada tahun 1998-1999, dan sudah tersebar melalui jaringan HISP ke lebih dari 40 negara.

Dari data-data rutin bulanan Puskesmas, secara sistematis DHIS telah diperluas untuk menangani hampir semua aspek data dan informasi kesehatan. Bahkan beberapa waktu belakangan ini juga mulai dikembangkan agar dapat digunakan oleh sektor lain seperti pendidikan, air dan sanitasi, kehutanan, serta ketahanan pangan.

Versi dan rilis[sunting | sunting sumber]

Beberapa versi yang telah dirilis oleh komunitas HISP adalah:

DHIS 1.3 dan 1.4[sunting | sunting sumber]

DHIS versi 1 diluncurkan pada tahun 1996 dan dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Access VBA untuk antar-muka dan logika program serta basis data penyimpanan sedangkan untuk pelaporannya menggunakan Excel.

DHIS 1.4 yang diluncurkan tahun 2005 merupakan perbaikan yang signifikan dari struktur basis data versi 1.3 serta telah menggunakan berbagai format keluaran untuk pelaporan. Versi ini juga menjadi jembatan antara versi 1.3 dan versi 2.

DHIS 2[sunting | sunting sumber]

DHIS 2 mulai dikembangkan pada tahun 2004 dikembangkan dengan teknologi Java dengan kode sumber terbuka dan tersedia sebagai aplikasi peramban luring. Versi 2.0 diluncurkan pada bulan Februari 2008 setelah tiga tahun rilis pengembangan. Sedangkan versi terbaru dikeluarkan pada Oktober 2019 adalah 2.33. DHIS 2 dikembangkan menggunakan kerangka kerja Java open-source, seperti Spring Framework, Hibernate, Struts2, Maven, dan JUnit .[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Braa, Jørn; Humberto Muquing (2007). "Building collaborative networks in Africa on health information systems and open source software development – Experiences from the HISP/BEANISH network". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]