DEC PRISM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

PRISM, singkatan dari Parallel Reduced Instruction Set Machine, adalah sebuah desain CPU 32-bit yang dibuat oleh Digital Equipment Corporation (DEC). Arsitektur ini dikembangkan oleh proyek internal DEC pada tahun 1982 hingga 1985 (bahkan DEC pun hendak membuatnya dalam bentuk chip), sebelum akhirnya pada tahun 1988 digagalkan oleh para eksekutif DEC. Arsitektur ini merupakan arsitektur yang membelakangi desain DEC Alpha yang mulai dikembangkan setahun setelahnya.

Pada awal dekade 1980-an, DEC mengalami kesuksesan yang sangat besar. Kesuksesan yang sangat besar tersebut menyebabkan banyak riset yang terus dilakukan oleh DEC untuk menjaga kesuksesannya. Salah satu riset yang dilakukannya adalah dalam membuat desain CPU RISC, yang pada tahun 1982 hingga 1985, hanya ada empat kali percobaan yang dilakukan untuk membuat CPU berbasis desain RISC yang terjadi di beberapa bagian riset yang berbeda:

  • Titan yang dikembangkan oleh Western Resarch Laboratory (WRL) milik DEC di Palo Alto, California, yang merupakan desain CPU berkninerja tinggi yang berbasis ECL yang dimulai tahun 1982.
  • SAFE (Streamlined Architecture for Fast Execution) merupakan desain yang lebih rendah dari Titan yang dikembangkan oleh Alan Kotok dan Dave Orbits pada tahun 1983.
  • HR-32 (Hudson, RISC, 32-bit), yang dimulai pada tahun 1984 oleh Rich Witek dan Dave Dobberpuhl di Hudson fab
  • CASCADE yang dimulai pada tahun yang sama oleh Dave Cutler di Seattle.

Akhirnya, pada tahun 1985 Dave Cutler pun diminta untuk mendefinisikan sebuah proyek RISC tunggal. Pada saat itu, DEC sedang bekerja sama dengan para desainer dari desain MIPS R3000 untuk mesin-mesin workstation, dan baru saja membentuk konsorsium Advanced Computing Environment untuk memopulerkan mesin-mesin berbasis arsitektur DEC. Meskipun demikian, proyek PRISM pun terus berjalan. Pada Agustus 1985, draf pertama untuk desain tingkat tinggi pun telah dibuat dan akhirnya pekerjaaan pun dimulai dengan desain tersebut. Tapi, hingga tahun 1988 desain itu masih dalam bentuk konstruksi, hingga akhirnya manajemen DEC pun menghentikan proyek PRISM dan melanjutkan desain MIPS, yang membuat Dave Cutler meninggalkan DEC untuk bergabung dengan Microsoft (yang selanjutnya diminta untuk mengembangkan Windows NT).

Desain PRISM, jika dilihat dari sisi pengolahan integer, mirip dengan desain MIPS. Jika dilihat dari instruksi 32-bitnya, 6 bit tertinggi dan 5 bit terendah merupakan instruksinya, hingga menyisakan sisa word untuk mengodekan konstanta atau lokasi register. Dalam desain PRISM, ada 64 register 32-bit dimasukkan, dibandingkan dengan desain MIPS yang hanya memasukkan 32 buah register. Meskipun demikian, penggunaan keduanya sama. Selain itu, DEC PRISM juga mencakup 16 buah register vektor 64-bit yang dapat digunakan dalam berbagai cara.

Fitur lainnya dari PRISM adalah Epicode (Extended Processor Instruction CODE), yang merupakan sebuah kumpulan instruksi microcode yang didefinisikan oleh perangkat lunak. Ide ini mengizinkan prosesor untuk mencakup kode internal untuk menduplikasikan instruksi-instruksi yang sering digunakan dari VAX, yang merupakan sebuah fitur yang ditetapkan dalam DEC Alpha sebagai PALcode.