D-37C (komputer penerbangan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

D-37C (D37C) adalah komponen komputer dari Perangkat Panduan Rudal (MGS) NS-17 yang serba inersia untuk menavigasi secara akurat ke target yang jaraknya ribuan mil. NS-17 MGS digunakan dalam ICBM Minuteman II (LGM-30F). MGS, awalnya dirancang dan diproduksi oleh Divisi Autonetika Penerbangan Amerika Utara, dapat menyimpan beberapa target yang telah diprogram sebelumnya dalam memori internalnya.

Tidak seperti metode navigasi lainnya, panduan inersia tidak bergantung pada pengamatan posisi daratan atau bintang, sinyal radio atau radar, atau informasi lain apa pun dari luar kendaraan. Sebaliknya, navigator inersia memberikan informasi panduan menggunakan giroskop yang menunjukkan arah dan akselerometer yang mengukur perubahan kecepatan dan arah. Komputer kemudian menggunakan informasi ini untuk menghitung posisi kendaraan dan memandu jalurnya. Musuh tidak dapat "mengganggu" sistem dengan informasi yang salah atau membingungkan.

Pusat Logistik Udara Ogden di Hill AFB telah menjadi Manajer Program untuk keluarga ICBM Minuteman sejak Januari 1959. Pangkalan tersebut memiliki tanggung jawab manajemen logistik penuh untuk Minuteman dan armada ICBM lainnya sejak Juli 1965.

Komputer D-37C terdiri dari empat bagian utama: memori, unit pemrosesan pusat (CPU), dan unit input dan output. Bagian-bagian ini terlampir dalam satu kasus. Memori adalah disk dua sisi dengan kepala tetap yang berputar pada 6000 rpm. Ini berisi 7222 kata 27 bit. Setiap kata berisi 24 bit data dan tiga bit pengatur jarak yang tidak tersedia untuk pemrogram. Memori disusun dalam 56 saluran yang masing-masing terdiri dari 128 kata ditambah sepuluh saluran akses cepat yang terdiri dari satu hingga enam belas kata. Memori juga mencakup akumulator dan register instruksi.

Rudal MM II dikerahkan dengan komputer disk D-37C. Autonetics juga memprogram simulator fungsional untuk pengembangan dan pengujian program penerbangan, dan pemverifikasi penyisipan kode yang digunakan di markas Wing untuk menghasilkan kode untuk dimasukkan ke komputer udara. Penting untuk memverifikasi tidak hanya bahwa perangkat lunak program penerbangan sudah benar, tetapi juga tidak ada kode yang dapat mengarah pada peluncuran yang tidak sah atau tidak disengaja. TRW, Inc. melanjutkan perannya sebagai verifikasi independen yang awalnya disebut verifikasi dan validasi dan kemudian menjadi analisis pemeriksaan silang keselamatan nuklir (NSCCA). Logicon RDA dipilih untuk melakukan NSCCA terhadap program penargetan dan rencana pelaksanaan yang dikembangkan oleh TRW.[1]

Ketika MM III dikembangkan, Autonetics menghasilkan persamaan panduan yang diprogram ke dalam komputer D37D, yang berisi sistem panduan hybrid eksplisit untuk pertama kalinya. Program kelas baru diperlukan oleh Staf Perencanaan Penargetan Strategis Gabungan untuk memilih target untuk sistem hulu ledak ganda. Program Aplikasi Rudal dikembangkan untuk fungsi-fungsi ini.

Pembaruan besar berikutnya pada perangkat lunak operasional dilakukan di bawah Program Penggantian Panduan. Autonetics (kemudian diakuisisi oleh The Boeing Co.) mengembangkan perangkat lunak yang diperlukan untuk komputer penerbangan baru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Tony C. Lin. Development of U.S. Air Force Intercontinental Ballistic Missile Weapon Systems. Journal of Spacecraft and Rockets, vol. 40, no. 4, 2003. pp. 491–509.
  2. Dennis C. Reguli. Conversion of the D-37C Computer for General Purpose Applications. Air Force Institute of Technology, Wright-Patterson AFB, Ohio, School of Engineering, Master's Thesis, 1974. 171 pp.
  3. Minuteman D-37C Computer Logic Breakdown. (Technical Memorandum 64-343-2-8). Anaheim, California. Autonetics, Division of North American Rockwell, Inc.
  4. Minuteman D-37C Digital Computer System Depot Overhaul. Anaheim, California, Autonetics, Division of North American Rockwell, Inc. FET-D-120-D37/4.
  5. Martin H. Weik. A Fourth Survey of Domestic Electronic Digital Computing Systems. Ballistic Research Laboratories, Aberdeen Proving Ground, MD, Report No. 1227, January 1964. [1]
  6. Jerrold Foutz, President, SMPS Technology. [2]