Cyclopoida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cyclopoida
Cyclops bicuspidatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Cyclopoida

Famili

Lihat teks

Cyclopoida adalah ordo krustasea kecil dari subkelas Copepoda.[1] Seperti kebanyakan copepoda lainnya, anggotanya berukuran kecil dan merupakan hewan planktonik yang hidup baik di laut maupun di habitat air tawar. Mereka mampu bergerak cepat. Perkembangan larvanya adalah metamorfosis, dan embrio dibawa dalam kantung berpasangan atau tunggal yang melekat pada somit perut pertama.[2]

Ciri Khas[sunting | sunting sumber]

Cyclopoida dibedakan dari copepoda lainnya dengan adanya antena pertama yang lebih pendek dari panjang kepala dan dada, dan antena kedua yang uniramous. Sambungan utamanya terletak di antara segmen tubuh keempat dan kelima.[3]

Daftar Famili[4][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ J. K. Lowry (October 2, 1999). "Cyclopoida (Copepoda, Maxillipoda)". Crustacea, the Higher Taxa: Description, Identification, and Information Retrieval. Australian Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2012. Diakses tanggal November 20, 2010. 
  3. ^ Barnes, Robert D. (1982). Invertebrate Zoology. Philadelphia, PA: Holt-Saunders International. hlm. 692. ISBN 0-03-056747-5. 
  4. ^ Geoff Boxshall & T. Chad Walter (2018). T. Chad Walter & Geoff Boxshall, ed. "Cyclopoida". World of Copepods database. World Register of Marine Species. Diakses tanggal April 11, 2018.