Curug Pundung Sewu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Curug Pundung Sewu merupakan salah satu air terjun alami yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.Tepatnya curug ini terletak di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah Indonesia.[1] Curug Pundung Sewu berlokasi kurang lebih 20 km ke arah selatan dari pusat Banjarnegara dengan estimasi waktu sekitar 43 menit. Curug ini juga terkenal dengan nama Curug Pundung Sewu Petir.[2]curug pundung ini masih alami dan wisata banjarnegara yang belum terkenal,jika mengunjungi tempat ini tentunya akan merasakan begitu syahdu dan tenangnya suasana di Curug Pundung Sewu.[3] Curug ini menyuguhkan keindahan alam yang asri dengan ketinggian sekitar 15 meter. Tebing-tebing yang berada di lokasi Curug Pundung Sewu dikelilingi dengan pepohonan yang lebat dan serta tanaman rambat dilengkapi dengan batu-batu besar. Akses untuk menuju Curug Pundung Sewu harus dengan melakukan treking di alam terbuka dengan akses jalur setapak yang hanya dapat diakses dengan berjalan kaki. Kealamian Curug Pundung Sewu karena letaknya yang berada jauh dari keramaian dan belum dikelola maksimal oleh pemerintah setempat, sehingga fasilitasnya terbatas.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Berlokasi di Jalan Raya Kayubima, Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah. Curug Pundung Sewu terletak kurang lebih 20 km ke arah selatan dari pusat Kabupaten Banjarnegara.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Curug Pundung Sewu merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Kabupaten Banjarnegara, dengan fasilitas warung makan, kamar mandi/mck, tempat parkir kendaraan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nugroho, Adi (2016-11-08). "Pesona Keindahan Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah". IhateGreenJello (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-26. 
  2. ^ Ningtyas, Anisa Aurum (2023-02-27). "Pengaruh Sistem Zonasi Sekolah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA N 1 Banjarnegara". Journal Of Communication Education. 17 (1). doi:10.58217/joce-ip.v17i1.291. ISSN 2686-6374. 
  3. ^ "Curug Pundung Sewu, Hidden Gem Desa Petir Banjarnegara - NativeIndonesia.com". www.nativeindonesia.com. 2023-01-27. Diakses tanggal 2023-02-26.