Cuarteto Zupay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Cuarteto Zupay adalah sebuah kelompok musik rakyat Argentiina yang dibentuk di Buenos Aires pada 1966. Kelompok ini bergiat hingga 1991. Para pendirinya adalah dua bersaudara Pedro Pablo García Caffi (bariton) dan Juan José García Caffi (tenor pertama), Eduardo Vittar Smith (bas) dan Aníbal López Monteiro (tenor kedua).

Setelah berjalan beberapa tahun komposisi kelompok ini berubah, kecuali Pedro Pablo García Caffi, pemimpin kelompok ini, yang bertahan hingga kelompok ini bubar. Para anggotanya yang lain adalah Eduardo Cogorno (baríton), Rubén Verna (tenor), Horacio Aragona (tenor), Gabriel Bobrow (tenor), Javier Zentner (bas) dan Marcelo Díaz (bariton). Sejak 1981 hingga dibubarkannya pada 1991, formasinya terdiri dari Pedro Pablo García Caffi, Eduardo Vittar Smith, Rubén Verna dan Gabriel Bobrow.

Gaya vokalnya diwarnai oleh lagu rakyat dan tango, sehingga kuartet ini mengembangkan nada dan tema-tema baru yang menarik banyak orang muda dengan apa yang kemudian disebut musik rakyat Argentina. Di antara tema-tema yang dipadukan dalam repertoar mereka adalah San Lorenzo, Zamba del nuevo día, Chiquilín de Bachín, Si Buenos Aires no fuera así, Jacinto Chiclana, Canción de cuna para un gobernante, Oración a la Justicia, Como la cigarra, Te quiero, Ojalá, dll. Pengarang lagu favorit di antara lagu-lagu kelompok ini adalah María Elena Walsh; lagu-lagunya menggabungkan hampir semua album yang diterbitkan dan tiga di antaranya memuat lagu-lagu yang hanya dikarang oleh Walsh.

Karier[sunting | sunting sumber]

Cuarteto Zupay dibentuk di Buenos Aires pada 1966 dan memulai debutnya pada Mei 1967 atas inisiatif dua bersaudara Pedro Pablo Garcia Caffi (bariton) dan Juan José García Caffi (tenor pertama), yang kemudian mengajak Smith Eduardo Vitter (bas) dan Anibal Lopez Monteiro (tenor kedua).

Dalam dua albumnya yang pertama, kelompok ini menggunakan nama Cuarteto Vocal Zupay, dan sejak album yang ketiga namanya disingkat menjadi Cuarteto Zupay saja. Kata Zupay atau Supay adalah sebuah istilah dari bahasa Quechua yang merujuk kepada dewa dari penduduk pribumi, tokoh dari berbagai legenda dan tarian kuno di daerah timur laut negara ini. Secara historis dan budaya, Zupay berkaitan dengan peradaban Andes. Zupay adalah tokoh yang ambivalen, yang dicirikan oleh sinkretisme. Ia kemudian diterjemahkan menjadi Ibilis dalam budaya Kristen, tetapi juag disembah sebagai dewa dari kedalaman, Salamanca.

Berlawanan dengan apa yang dikenal sebagai "Iblis" dalam dunia Kristen, orang-orang Indian tidak menolak Supay, melainkan menyembahnya dengan takut, berdoa, dan menghormatinya agar mereka tidak mengalami celaka.


Video[sunting | sunting sumber]