Crazy Planets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Crazy Planets adalah permainan video yang dibuat oleh Playfish untuk platform Facebook. Permainan ini tersedia selama beberapa waktu tetapi kemudian telah dihapus dari Facebook untuk perbaikan, tetapi akhirnya tidak pernah muncul kembali.

Model bisnis[sunting | sunting sumber]

Crazy Planets menggunakan model pembayaran mikro, dimana pemain dapat membeli Playfish Cash untuk membeli barang virtual dalam permainan ini.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Crazy Planets adalah sebuah permainan artileri yang menggunakan Facebook sebagai jejaring sosial untuk membangun jaringan multipemain. Permainan ini berfokus pada misi di berbagai planet dan meteor, menggunakan berbagai senjata untuk menghancurkan robot musuh. Selain itu, pemain mengumpulkan koin, poin pengalaman, dan permata sementara pada misi; serta mengumpulkan logam dari planet teman-teman mereka sendiri sekali tiap harinya. Koin dapat digunakan untuk membeli power up saat misi, seperti peningkatan kerusakan atau memulihkan kesehatan, dan juga dapat digunakan untuk kustomisasi planet rumah pemain. Permata digunakan bersama logam untuk meningkatkan atau membeli senjata.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

VentureBeat mengkritik kurangnya partisipasi dari pengguna Facebook lainnya dan ketidakmampuan untuk meningkatkan senjata dengan cepat tanpa memanfaatkan pembayaran mikro. Kurva kesulitan dianggap masalah, ditambah lagi dengan grinding yang "membosankan". Secara keseluruhan, Crazy Planet dianggap cukup, tetapi tidak dapat dibandingkan dengan waralaba Worms.[1]

Sementara itu, IGN mengatakan bahwa "Permainan ini bukan seperti permainan Playfish lainnya" dan menegaskan bahwa memotong gambar profil Facebook ke kru pemain "kedengarannya sangat sederhana dalam konsep, tetapi sebenarnya cukup lucu untuk disaksikan dalam permainan".[2]

Lalu, Adweek mengatakan bahwa "Meskipun Crazy Planets mengingatkan pada Worms, ini bukanlah Worms. Permainan ini hanya menggunakan konsep dasar dan menerapkannya dengan cara yang unik - dan itu benar-benar bekerja.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crazy Planets: The Worms of Facebook". VentureBeat (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-14. 
  2. ^ Tanner, Nicole (2009-12-21). "Facebook Games That Don't Suck". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-14. 
  3. ^ "Crazy Planets: A Detailed Look at The Latest Facebook Game From Playfish" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]