Constance dari Kastilia, Adipati Wanita Lancaster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Constance dari Kastilia
Adipati Wanita Lancaster
Dukeoflancaster.jpg
Pasangan John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster
Anak
Catherine, Ratu Kastilia
Wangsa Wangsa Burgundia-Spanyol (oleh kelahiran)
Wangsa Lancaster (oleh pernikahan)
Ayah Peter, Raja Kastilia dan León
Ibu María de Padilla
Lahir 1354
Kastilia
Meninggal 24 Maret 1394
Kastil Leicester, Leicestershire
Dikubur Biara Newark, Leicester

Constance dari Kastilia (1354 - 24 Maret 1394) adalah penuntut tahta kerajaan Kastilia setelah kematian ayahnya Peter yang Kejam, ibunya adalah María de Padilla, yang dinikahi secara rahasia tetapi kemudian terpaksa dibatalkan dan hanya menyimpannya sebagai seorang gundik. Ia menikah di Roquefort, dekat Bordeaux, Guienne, pada tanggal 21 September 1371, John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster, putra ketiga Edward III dari Inggris dan Philippe dari Hainaut, sebagai istri keduanya. Adiknya, Infanta Isabella, menikahi Edmund dari Langley, Adipati Pertama York, putra keempat Raja Edward III dan Ratu Philippe.

Ini adalah jalan bagi Gaunt untuk mendapatkan kerajaannya sendiri (ia juga mengincar Skotlandia), sebagai keponakannya Richard II dan keturunan saudara nya Lionel dari Antwerpen berpihak padanya dan tahta kerajaan Inggris. John dari Gaunt, Adipati Pertama Lancaster menuntut gelar Raja Kastilia jure uxoris, dan bersikeras bahwa bangsawan Inggris harus memanggilnya "Tuanku dari Spanyol", tapi tidak berhasil dalam usahanya untuk mendapatkan mahkota. Putri mereka Catherine dari Lancaster menikahi Raja dari keturunan Trastamara, Enrique III dari Kastilia, kemudian menyatukan tuntutan kedua saingan tersebut.

Constanza wafat di kastil Leicester dan dimakamkan di Biara Newark, Leicester.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Leese, Thelma Anna, Blood royal: issue of the kings and queens of medieval England, 1066-1399, (Heritage Books Inc., 1996), 222.
  2. ^ G.E. Cokayne; with Vicary Gibbs, H.A. Doubleday, Geoffrey H. White, Duncan Warrand and Lord Howard de Walden, editors, The Complete Peerage of England, Scotland, Ireland, Great Britain and the United Kingdom, Extant, Extinct or Dormant, new ed, 13 volumes in 14 (1910-1959 reprint in 6 volumes, Gloucester, U.K. Alan Sutton Publishing, 2000), volume XII/2, page 908 Hereinafter cited as The Complete Peerage
Didahului oleh:
Peter
Diteruskan oleh:
Catherine