Connie Constantia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Connie Constantia
LahirMartha Constantia Pinontoan Lang
23 Januari 1963 (umur 61)
Manado, Indonesia
PekerjaanAktris, penyanyi
AnakLeonardo
Ezra
Orang tuaAlexander Pinontoan, Maritje Lang
Karier musik
GenrePop
Tahun aktif1985 - sekarang
LabelDS Records

Connie Constantia atau lengkapnya Martha Constantia Pinontoan Lang (lahir di Manado, 23 Januari 1963; umur 61 tahun) adalah penyanyi yang populer pada era tahun 1980-an. Lahir dari pasangan asal Minahasa Alexander Pinontoan dan ibu Manado berdarah Belanda Maritje Lang. Ayahnya adalah pensiunan pegawai PT. Pos & Telekomunikasi Manado yang mendidiknya dengan keras. Hal ini menjadikannya pribadi yang tangguh.[1] Connie terkenal dengan suara seraknya yang khas. Selain sebagai penyanyi ia juga terkenal sebagai pemeran utama dalam film Kamus Cinta Sang Primadona.

Karier[sunting | sunting sumber]

Salah satu lagunya yang populer adalah “Ingin Menyambung Hidup”. Lagu ini terdapat dalam album perdananya berjudul ‘’Ingin Menyambung Hidup’’ (1985) yang diproduseri oleh A Riyanto. Waktu itu, penampilan Connie dalam acara ‘’Wajah Baru TVRI’’ menarik minat A Riyanto. Album perdana Connie pun meledak.[2] Dua tahun kemudian, Connie kembali mengeluarkan album kedua kali ini menggandeng Billy J Budiarjo yang sebelumnya sukses menggarap album Kulihat Cinta Dimatanya milik Neno Warisman.

Tak hanya berganti produser, Connie juga mengubah aliran musiknay menjadi pop kreatif yang sebelumnya dengan jenis musik pop standar yang masuk dalam kategori 'cengeng'. Sayangnya, meski aliran musik ini mengoptimalkan kemampuan vokal Connie, namun tidak dengan penjualannya. Meskipun tidak berhasil secara penjualan, tetapi gara-gara album ini Connie kemudian dikenal sebagai penyanyi pop kreatif.[3] Setelah album kedua, Connie sempat merilis beberapa album yang sayangnya tak sesukses album perdananya, termasuk album Kata Hati pada tahun 2000, setelah vakum cukup lama.

Pada ulang tahunnya yang ke-43 Connie merilis sebuah buku berjudul Memenuhi Janji Membayar Nazar, Pengalaman Spiritual Connie Constantia, yang ditulis Iip B Yahya.[4]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pernikahan Connie berakhir setelah memiliki 2 orang anak, Leonardo dan Ezra, yang menganut ajaran agama yang berlainan, yang satu beragama Kristen dan yang satu lagi beragama Islam.[5] Hingga kini, Connie belum menikah kembali, meski pada awal tahun 2000-an, Connie sempat akan mengakhiri status jandanya.[6]

Selain sibuk sebagai ibu rumah tangga, Connie juga mengelola Panti Asuhan Adulam di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1987 Tatkala Mimpi Berakhir Karya debut
1988 Kamus Cinta Sang Primadona Intan
1994 Kenikmatan Tabu

Penampilan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]