Concepción Cabrera de Armida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Concepción Cabrera de Armida

Concepción Cabrera de Armida (8 Desember 1862 – 3 Maret 1937) adalah seorang penulis asal Meksiko. Ia lahir di San Luis Potosi, Meksiko dari pasangan Octaviano Cabrera Lacaveux dan Clara Arias Rivera sebagai anak ketujuh dari 12 bersaudara. Dua hari setelah lahir, ia dibaptis di Katedral San Juan de Dios.

Pada 8 Desember 1872, ia menerima Sakramen Mahakudus. Ia berguru kepada para Suster Cinta Kasih (Hermanas de la Caridad). Pada 16 Januari 1876, ia diajak berpesta dansa bersama keluarganya. Dalam pesta dansa tersebut, ia bertemu dengan Francisco Armida atau yang akrab disapa Pancho. Pada 8 November 1884, di depan altar Gereja Carmen San Luis Potosi, Conchita dan Pancho menjalankan Sakramen Perkawinan.

17 tahun kemudian, Pancho meninggal dunia. Conchita pun menjanda sejak usia 37 tahun. Ia meninggalkan warisan berupa 65.000 halaman tulisan tentang kehidupan doa. Beberapa naskah itu telah diterbitkan sebagai buku, seperti To My Priests, Holy Hours, Before the Altar, You Belong to the Church dan Irresistibly Drawn to the Eucharist.

Karya-karya Conchita memberikan dampak dan berpengaruh dalam kerasulan Gereja, terutama di Meksiko. Karya-karyanya telah menginspirasi lima karya kerasulan di Meksiko, yaitu Kerasulan Salib, Kongregasi Suster-suster Salib Hati Kudus Yesus, Komunitas Perjanjian Kasih dengan Hati Yesus, Persaudaraan Kristus Sang Imam dan Kongregasi Misionaris Roh Kudus. Pada 1913, ia datang ke Roma dan bertemu Paus Pius X. Conchita wafat pada usia 75 tahun di Meksiko dan jasadnya dimakamkan di Gereja San José del Altillo, Meksiko City.

22 tahun setelah kematiannya, pada 1959, Keuskupan Agung Meksiko City membuka proses kanonisasi bagi Conchita. Keuskupan menyerahkan sekitar 200 naskah kepada Kongregasi Penggelaran Kudus untuk diteliti. Empat dasawarsa kemudian, pada 20 Desember 1999, Conchita diberi gelar venerabilis oleh Paus Yohanes Paulus II. Pada 8 Juni 2018, Conchita dibeatifikasi oleh Paus Fransiskus. Hari rayanya adalah 3 Maret.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]