Comité de Salut Public

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Lettre anglaise (English Letter) tertanggal 29 June 1793 diterbitkan oleh Comité De Salut Public

Comité De Salut Public adalah badan utama dalam kediktatoran Jacobin pada masa Revolusi Perancis.[1][2] Comité de Salut Public didirikan pada tanggal 6 April 1793 untuk mengawasi para menteri dan untuk berjaga-jaga bila mendapatkan perlawanan dan pemborantakan domestik dalam situasi-situasi genting.[1][2] Badan ini dibentuk dari hasil rapat umum.[2] Pada mulanya organisasi ini terdiri dari para deputy yang merupakan pengikut-pengikut dari G.J Danton dan orang yang mempunyai posisi utama dalam organisasi.[2] Ketika Jacobin berkuasa, Comité de Salut Public kemudian diangkat kembali pada tanggal 10 Juli 1793.[2] Danton, yang bekerjasama dengan para Girondins dan para pengikutnya tidak diikutsertakan dalam organisasi.[2] Peran kepemimpinan yang diambil oleh Jacobins dianggap mendekati pola kepemimpinan M. Robespierre, L. A. Saint-Just dan G. Couthon.[2] Pada tanggal 27 Jul 1793, Robespierre dipilah masuk ke dalam organisasi dan menjadi pemimpin de facto; L. Carnot, J. M. Collot d’Her-bois dan J.-N.Billaud-Varenne turut pula menjadi anggota organisasi.[2] Pada musim gugur tahun 1793, organisasi mengambil alih semua aspek kepemimpinan dalam aktivitas negara-negara bagian dan politik.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris)"Comité De Salut Public". britannica. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g h i (Inggris)"Comité De Salut Public". The Free Dictionary. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)