Cohong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cohong
Hanzi tradisional: 公行
Hanzi sederhana: 公行
Makna harfiah: Perdagangan Umum Resmi

Cohong, kadang-kadang dieja kehang atau gonghang, adalah sebuah serikat para pedagang "Hong" Tiongkok. Pedagang Hong adalah pedagang yang menjalankan sistem monopoli ekspor-impor di Kanton (sekarang Guangzhou) selama Dinasti Qing tahun 1644-1911.

Selama hampir seabad sebelum meletusnya Perang Candu Pertama tahun 1839, hubungan perdagangan antara Tiongkok dengan Eropa dilakukan secara eksklusif melalui Cohong ini, yang diresmikan oleh dekret kekaisaran pada 1760 oleh Kaisar Qianlong. Para pedagang Hong yang membentuk Cohong disebut sebagai hangshang (行商) dan rekan-rekan bisnis asing mereka disebut yanghang (secara harfiah "pedagang asing").[1]

Setelah kemenangan Inggris dalam Perang Candu Pertama, menghasilkan Perjanjian Nanking (salah satu dari sejumlah perjanjian lainnya yang disebut sebagai Perjanjian Tidak Adil oleh pihak Tiongkok) yang ditandatangani pada tahun 1842, di dalamnya terdapat beberapa tuntutan Inggris terhadap pemerintah Qing, termasuk perubahan sistem Kanton dan pembubaran Cohong. Segera setelah keputusan ini, perdagangan beralih ke sistem perdagangan resmi antar negara, Pemerintah Dinasti Qing dengan Kerajaan Britania Raya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]