Codex Cottonianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Folio 26v pada Codex Cottonianus memuat miniatur pertemuan Abraham dengan Malaikat.

Codex Cottonianus (Cotton Genesis; London, British Library, MS Katun Otho B VI) adalah naskah bergambar berbahasa Yunani yang memuat salinan Kitab Kejadian.[1] Merupakan naskah mewah dengan banyak miniatur, salah satu naskah Alkitab bergambar tertua yang terlestarikan hingga periode modern. Sebagian besar naskah hancur dalam kebakaran yang melanda Kapas perpustakaan pada tahun 1731, sehingga hanya menyisakan delapan belas potongan-potongan kertas kulit hangus dan menyusut. Dari sisa-sisa naskah tampaknya aslinya terdiri dari 440 halaman lebih dengan sekitar 340-360 ilustrasi yang dibingkai dan dimasukkan ke dalam kolom teks. Banyak miniatur juga disalin pada abad ke-17 dan sekarang di Bibliothèque nationale de France di Paris (Ms. fr. 9530).

Yusuf dengan saudara-saudaranya di rumah sendiri, ketika mereka kembali ke Mesir; ilustrasi Kejadian 43:30-31; dari faksimili Horne edition (1852)

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Naskah ini berisi teks dari Kitab Kejadian pada 35 lembar perkamen (berukuran sekitar 27 x 22 cm), dengan banyak kekosongan.[2][3] Kodeks aslinya terdiri dari 165 lembar ukuran quarto. Ditulis dalam huruf uncial dalam satu kolom per halaman, 27-30 huruf per baris. Istilah nomina sacra biasanya ditulis dalam bentuk disingkat: ΚΣ, ΚΝ, ΘΣ, ΘΝ, untuk κυριος, κυριον, θεος, θεον. Berisi beberapa ilustrasi (misalnya Yusuf dengan saudara-saudaranya di rumah sendiri, ketika mereka kembali ke Mesir).

Miniatur dibuat dengan gaya antik akhir, mempertahankan kualitas klasik illusionistik. Herbert Kessler dan Kurt Weitzmann berpendapat bahwa naskah itu diproduksi di Alexandria, karena menunjukkan kesamaan dengan gaya karya Aleksandria lain seperti Charioteer Papyrus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut Tischendorf naskah itu ditulis pada abad ke-5.[4] Kodeks ini tampaknya telah digunakan pada tahun 1220-an sebagai dasar untuk desain dari 110 mosaik panel di atrium Basilika St Markus di Venesia, mungkin setelah itu dibawa ke Venesia setelah jatuhnya Konstantinopel pada perang Salib Keempat pada tahun 1204. Naskah itu kemudian tiba di Inggris, dan diakuisisi oleh Sir Robert Cotton pada abad ke-17. Koleksinya diwariskan ke British Museum.

Dibawa dari Filipi oleh dua uskup Yunani, yang dipersembahkan untuk Raja Henry VIII, dengan informasi bahwa ada tradisi yang melaporkan naskah itu sebagai salinan yang identik dengan yang dimiliki Origen.[5]

Pada tahun 1731, ketika kodeks itu berada di Ashburnham House dengan sisa koleksi lain, api membakar ke tumpukan tersebut sehingga meninggalkan lembaran hangus dan menyusut. Setelah itu sisa kodeks dibagi dalam dua bagian. Salah satu bagian dari itu (29 folio) dipindahkan ke British Museum, yang lain ke Perpustakaan Bodleian.

Sampai pertengahan abad ke-19 itu dianggap naskah tertua dari Septuaginta. Menurut Thomas Hartwell Horne itu tidak hanya yang paling kuno tapi naskah paling benar yang masih ada.[6] Menurut Swete naskah bahkan sebelum kebakaran telah tidak utuh.

Kebanyakan dari fragmen London naskah ini telahvditerjemahkan dan diterbitkan oleh Constantin von Tischendorf pada tahun 1857;[7] sisa codex dengan fragmen Bristol diuraikan oleh F. W. Gotch pada tahun 1881.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Würthwein, Ernst (1988). Der Text des Alten Testaments. Stuttgart: Deutsche Bibelgesellschaft. hlm. 85. 
  2. ^ Alfred Rahlfs, Verzeichnis der griechischen Handschriften des Alten Testaments, für das Septuaginta-Unternehmen, Göttingen 1914, pp. 107-108.
  3. ^ Swete, Henry Barclay (1902). An Introduction to the Old Testament in Greek. Cambridge. hlm. 109–110. 
  4. ^ Tischendorf, K.v., Monumenta sacra inedita (Leipzig 1857), XIII.
  5. ^ Thomas Hartwell Horne, An introduction to the critical study of the Holy Scriptures (New York 1852), Volume 1, p. 226.
  6. ^ Th. H. Horne, An Introduction to the Critical Study and Knowledge if the Holy Scriptures (New York 1852), p. 236
  7. ^ Tischendorf, Kv., Monumenta sacra inedita (Leipzig 1857), nov. coll. II.
  8. ^ F. W. Gotch, Supplement to Tischendorf's Reliquiae cod. Cotton. (London 1881)

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Weitzmann, Kurt. Late Antique and Early Christian Book Illumination. New York: George Braziller, 1977.
  • Weitzmann, Kurt and Herbert L. Kessler. The Cotton Genesis: British Library, Codex Cotton Otho B VI. Princeton: Princeton University Press, 1986.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]