Cocor bebek anak banyak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cocor bebek anak banyak
Kalanchoe daigremontiana Edit nilai pada Wikidata

Plantlets on leaves
Status konservasi
Genting
IUCN88507997 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoSaxifragales
FamiliCrassulaceae
SubfamiliKalanchoideae
GenusKalanchoe
BagianKalanchoe sect. Bryophyllum
SpesiesKalanchoe daigremontiana Edit nilai pada Wikidata
Raym.-Hamet dan H.Perrier, 1914

Kalanchoe daigremontiana, sebelumnya dikenal sebagai Bryophyllum daigremontianum dan biasa disebut cocor bebek anak banyak, adalah tanaman sukulen asli Madagaskar . Seperti anggota Bryophyllum lainnya (sekarang termasuk dalam genus Kalanchoe ), [1] ia dapat berkembang biak secara vegetatif dari planlet yang tumbuh di tepi daunnya, serta melalui pucuk dari akar lateral, dan biji. Semua bagian dari spesies ini mengandung steroid yang sangat beracun yang dikenal sebagai daigremontianin .[2] [3]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Tanaman tumbuh hingga 1 m (3 ft 3 in) tinggi [4] dan memiliki daun lonjong berdaging berlawanan dan melingkar yang tumbuh hingga 20 cm (8 in) panjang dan32 mm (1,3 in) lebar. Mereka berwarna hijau di atas dan bercak ungu di bawahnya. Pinggir daun memiliki taji bulat berbentuk sendok yang mengandung planlet yang dapat membentuk akar saat masih menempel pada daun.[5]

Tumbuhan juga dapat mengembangkan akar lateral pada batang utamanya, setinggi 10–15 cm (3,9–5,9 in) di atas tanah. Daun bagian atas tanaman bisa tumbuh besar, menyebabkan batang utamanya melengkung ke bawah. Kemudian akar lateral dapat memasuki tanah dan pucuk vertikal baru dapat tumbuh dari pucuk aslinya. Kalanchoe daigremontiana dapat disebarkan oleh biji dan planlet yang dijatuhkan dari daunnya.

Kalanchoe daigremontiana memiliki perbungaan terminal seperti payung (senyawa bunga payung ) dari bunga kecil berbentuk lonceng, merah muda keabu-abuan (atau terkadang jingga). Pembungaan, bagaimanapun, bukan merupakan peristiwa tahunan dan terjadi secara sporadis jika sama sekali pada beberapa pucuk. Khususnya di iklim dengan perbedaan suhu musiman yang berbeda, pembungaan paling sering diamati pada awal musim panas. Tanaman dalam ruangan, serta tanaman balkon yang dipindahkan ke dalam untuk bertahan hidup di musim dingin, mulai berbunga di awal musim dingin.

Sebagai tanaman sukulen, K. daigremontiana dapat bertahan hidup dalam periode kekeringan yang berkepanjangan dengan sedikit atau tanpa air. Selama periode pertumbuhan dengan suhu yang lebih tinggi dan pasokan air yang meningkat, spesies ini membutuhkan nutrisi yang tepat, tanpanya daun menunjukkan gejala kekurangan seperti pertumbuhan yang lumpuh dan lesi seperti pustula. Tanaman ini tidak tahan beku dan biasanya mati di tempat yang suhunya di bawah titik beku.

Fisiologi[sunting | sunting sumber]

  Tumbuhan dari genus Kalanchoe serta banyak tumbuhan lain yang tumbuh di daerah gersang berfotosintesis melalui metabolisme asam Crassulacean .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kalanchoe daigremontiana Raym.-Hamet & H.Perrier". Plants of the World Online (dalam bahasa Inggris). Kew Science. Diakses tanggal 2020-10-09. 
  2. ^ Wagner, Hildebert; Fischer, Manfred; Lotter, Hermann (1985). "New Bufadienolides from Kalanchoe daigremontiana Hamet et Perr. (Crassulaceae)" (PDF). Zeitschrift für Naturforschung B. 40 (9): 1226–1228. doi:10.1515/znb-1985-0920. 
  3. ^ McKenzie, R. A.; Armstrong, T. R. (1986). "Poisoning of cattle by Bryophyllum plants". Queensland Agricultural Journal. 112 (3): 105–108. Diakses tanggal 27 January 2016. 
  4. ^ Burnie, David (1998). The DK Nature Encyclopedia. New York: DK Publishing, Inc. hlm. 29. ISBN 0-7894-3411-3. 
  5. ^ Batygina, T. B.; Bragina, E. A.; Titova, G. E. (1996). "Morphogenesis of propagules in viviparous species Bryophyllum daigremontianum and B. calycinum". Acta Societatis Botanicorum Poloniae. 65 (1–2): 127–133. doi:10.5586/asbp.1996.022.