Coco Voice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Coco Voice adalah applikasi walkie-talkie pada smartphone untuk berbagi suara, teks, dan gambar. Coco Voice bisa digunakan pada iPhone, iPad, iPod Touch, atau Android. Applikasi ini adalah applikasi messenger suara untuk smartphone, yang dapat digunakan untuk chatting dengan orang lain. Coco Voice adalah sebuah aplikasi yang bekerja baik pada Android serta perangkat iOS untuk mengirim pesan dengan teks, suara, dan gambar. Aplikasi Coco Voice, sebelumnya tampak lebih dibangun untuk perangkat iOS, tetapi baru-baru ini menangani Android juga. Namun, hal tersebut lebih cocok dipasangkan pada iPad atau iPhone, tetapi bukan berarti tidak maksimal pada Android. Pengguna dapat mengirim pesan hampir ke semua orang atau siapa pun yang pengguna inginkan, dapat mengirim pesan suara ke Facebook dan Twitter, dan dapat melakukan group chatting.

Coco Voice adalah cross-platform gratis dari IM klien untuk perangkat Android dan iOS yang memungkinkan pengguna untuk berbagi teks, foto dan pesan suara satu sama lain secara real-time melalui internet. Awalnya hanya tersedia di iTunes App Store, tetapi untuk mengembangkan bisnisnya, aplikasi ini akhirnya merambah dan membuat jalan ke Android Market, di mana semua fitur yang ada pada iOS bisa ditemukan dalam versi Android-nya. Menggunakan Coco Voice dapat dimulai dengan membuat sesi percakapan dengan pengguna aplikasi lain untuk berbagi pesan suara secara real-time, seperti walkie talkie. Setiap pesan suara dimainkan bersama hampir seketika dalam kualitas tinggi, dan akan disimpan sebagai klip audio individu dalam sejarah percakapan. Aplikasi tersebut mendukung penyimpanan seluruh sesi percakapan, sehingga pengguna dapat mengambil dan melirik chatting terakhir nya dengan orang lain, dan mendengarkan pesan mereka sebanyak yang pengguna suka.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memposting status updates di jaringan Coco Voice, Facebook dan Twitter. Applikasi ini juga mendukung berbagi teks serta pesan email dari dalam aplikasi. Pemberitahuan atau notification mengenai status updates yang bersifat real-time dapat membuat pengguna mengetahui berbagai aktivitas pengguna lain yang menggunakan aplikasi ini. Coco Voice bukan aplikasi Android dan iOS yang hanya didasarkan pada konsep pengiriman pesan suara. Review sebelumnya mengenai Loudstalks dan Voxer juga membuat pengguna bisa menggunakan perangkatnya sebagai walkie-talkie. Oleh karena itu, Coco Voice dapat dikatakan sebagai tambahan daftar aplikasi dari genre tersebut. Hal ini membuat tidak ada batas untuk pengguna mengirim pesan suara kepada orang lain, dan kecepatan yang memungkinkan pengguna untuk berbagi semua data yang cukup mengesankan dan bersifat real-time.

Tentang[sunting | sunting sumber]

Sekali lagi, Coco Voice adalah aplikasi untuk perangkat Ios dan Androd yang berfungsi sebagai walkie-talkie untuk berbagi suara, teks, dan gambar. Coco Voice memiliki sebuah misi. Coco Voice merupakan aplikasi keluaran Negara Amerika atau popular dengan sebutan United States of America. Aplikasi ini dirilis pertama kali pada 24 Juli 2011 oleh sekelompok mahasiswa Harvard, salah sayu universitas yang berada di Amerika. Aplikasi ini kemudian diperkenalkan dan dijual oleh suatu perusahaan yang bernama Instanza Inc. Sesuai dengan latar belakang untuk apa Coco Voice dibuat, penemu Coco Voice yang tak lain adalah kelompok mahasiswa Harvard menuturkan Coco dibuat untuk membuat komunikasi semakin personal, fleksibel, social, dan bebas, serta yang tak kalah penting untuk memudahkan pengguna. Penemu Coco Voice mengacu pada suatu pernyataan “Text is convenient but lacks the texture and subtlety of voice”. Artinya, teks itu nyaman, tetapi tidak memiliki tekstur dan kehalusan suara. Dari kekurangan teks ini, dibuatlah Coco Voice. Penemu Coco Voice menggabungkan keintiman suara dengan kenyamanan SMS, sehingga pengguna dapat melakukan yang sebelumnya tidak bias dilakukan. <IM>

Coco Voice dibuat oleh patform mobile dan lintas batas. Coco Voice memiliki system yang dipekerjakan menggunakan internet. Aplikasi ini bias mengirim pesan antar perangkat yang berbeda system, seperti android ke Ios. Dengan kata lain, Coco Voice dapat digunakan di manapun kapanpun dengan koneksi internet.

Penemu Coco Voice berharap dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat meningkatkan status sosial. Karena, Coco Voice dibuat dengan kemampuan teknologi smartphone perangkat suara, teks, dan gambar yang dapat dibagikan ke antarmuka individu lain untuk membantu terhubung dan berbagi dengan orang yang pengguna inginkan untuk berkomunikasi. Untuk mendapatkan Coco Voice, calon pengguna dapat mengunduh secara gratis di Google Play atau di iTunes, dan kemudian bebas untuk digunakan. Kelompok mahasiswa Harvard ini membubuhi privasi di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa, untuk memaksimalkan pemakaian oleh pengguna, sehingga diharapkan memberikan kepuasan sempurna, termasuk tidak mengirimkan spam dari aplikasi. Artinya, pengguna tidak akan melihat berita-berita atau advertisement. Pengguna Coco Voice diharapkan tidak mengabaikan atau melewatkan pesan, bahkan ketika aplikasi tidak berjalan. Jika pengguna dalam keadaan offline, pengiriman pesan tidak akan terhenti. Pengiriman akan berjalan setelah pengguna kembali online.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dinamakan setelah Koko, gorila yang mengembangkan kemampuan untuk memahami bahasa manusia, Coco Voice didirikan pada musim panas 2011 oleh sekelompok mahasiswa Harvard dengan visi bersama. Hal ini telah terbukti sangat menantang untuk tetap berhubungan dengan keluarga pada zona waktu yang jauh. Email dan teks tidak memiliki tekstur dan kehalusan suara, mengatur panggilan Skype di seluruh zona waktu dan sekitar tenggat waktu menurut mereka tidak mungkin. <A>

Keinginan mereka untuk tetap berhubungan dengan keluarga mengilhami mereka untuk membuat Coco Voice, voice messenger instan yang mempertahankan luasnya ekspresi suara dengan kenyamanan pesan teks. Selain itu, hal ini intuitif; “nenek saya bisa menggunakannya!” “Kami berharap banyak orang akan menikmati dan menggunakan produk kami sebanyak yang kita lakukan untuk tetap berhubungan dengan orang yang dicintai. Coba Voice Coco secara gratis di iPhone, iPad, iPod Touch, atau Android!”, tuturnya (pembuat).

Teknis Khusus[sunting | sunting sumber]

Seperti banyak aplikasi, Coco Voice memberi pengguna pilihan baik mendaftar dengan akun Coco Voice sendiri, atau masuk menggunakan Facebook. Setelah masuk, Anda dapat mengatur profil pengguna sesuai keinginannya. Nama numeric pengguna otomatis ketika pengguna mendaftar, tapi pengguna bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berkesan jika pengguna memilih. Pengaturan dapat diubah di sini juga, seperti pemberitahuan/notification mengenai pesan baru apakah diseting untuk auto-play, pratinjau, atau keduanya. <M>

Petunjuk teknis dari pemakaian, pertama, Pengguna harus masuk ke dalam aplikasi menggunakan akun Coco Voice atau akun Facebook. Pengguna baru dapat mendaftar untuk mendapatkan akun Coco Voice baru secara gratis. Setelah terdaftar, aplikasi akan meminta pengguna untuk memungkinkan memindai buku alamat pengguna untuk mendeteksi atau menambahkan kontak pengguna Coco Voice lainnya. Selanjutnya, pengguna harus melakukan proses verifikasi akun, dengan mengisi 4 digit PIN yang dikirmkan melalui SMS setelah mendaftar. Hal verifikasi dpat dilakukan di dalam menu Inbox. Inbox tidak hanya memperlihatkan pesan masuk pengguna, tetapi juga tempat untuk mengirim pesan audio ke akun Facebook atau Twitter. Setelah semua terverifikasi dengan sempurna, barulah pengguna dapat menggunakan Coco Voice secara maksimal.

Aplikasi ini memiliki ruang chatting antarmuka yang dirancang cukup rapi. Yang perlu pengguna lakukan adalah memilih apakah ingin berbagi foto, pesan teks atau pesan audio. Untuk hal pengiriman, pengguna dapat menekan tombol yang ada di bagian bawah layar device pengguna. Menekan tombol compose memungkinkan anda berbagi pesan teks, sedangkan menekan tombol camera memberi pilihan untuk berbagi foto, baik foto yang telah disimpan, ataupun foto yang diambil langsung. Untuk berbagi pesan audio, tekan dan tahan pada Talk button, kemudian system akan merekam suara anda, dan lepas tombol tersebut untuk mengirimnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, berbagi melalui Voice Coco dilakukan pada kecepatan yang tinggi, dan pengguna dapat memutar setiap pesan yang dikirim sebagai pesan suara diterima dengan baik, sebanyak yang diinginkan. Dengan menekan Menu > Play, memungkinkan pengguna untuk memutar kembali sejarah pesan tanpa ada halangan apapun. Gambar yang diterima melalui Coco Voice dapat disimpan ke memori perangkat pengguna. Gambar yang disimpan dapat ditemukan di folder camera. Selain itu, setiap pesan dalam string percakapan dapat dihilangkan dengan menekan lama pada pesan yang ingin dihapus atau dihilangkan.

Tab Contact memungkinkan pengguna menemukan teman baru pada jaringan, dan menambahkan pengguna Coco Voice lain dari buku kontak. Pengguna juga dapat mengajak pengguna Facebook untuk bergabung dan menggunakan applikasi Coco Voice, atau pengguna hanya perlu mencari kontak yang telah ada untuk chatting. Dalam rangka menambah teman baru, pengguna memiliki pilihan untuk mencari pengguna Voice Coco dengan nama pengguna, telepon atau alamat email. Berdasarkan lokasi pengguna saat ini, aplikasi ini juga menyarankan untuk menggunakan nearby Coco Voice users, di mana dapat mendeteksi pengguna Coco Voice disekitar anda pada jarak tertentu (jika ada). Cara lain untuk mendapatkan teman baru dapat dilakukan dengan mengocok/shake perangkat pengguna dan perangkat orang yang ingin pengguna tambahkan sebagai kontak. Semua itu dapat ditemukan dalam menu/tab Social.

Halaman Social untuk menemukan teman-teman dan menyebarkan berita. Pengguna dapat terhubung dengan "teman seluler" pengguna yang berarti teman pengguna sudah siap untuk melakukan chatting menggunakan perangkat masing-masing yang terhubung dengan Coco Voice. Adapun pilihan untuk untuk mengiklankan aplikasi di Facebook, Twitter, dan / atau email. Pengguna dapat membiarkan semua orang tahu bagaimana mereka dapat menghubungi pengguna. Yang terakhir, tab Settings yang memungkinkan pengguna memeriksa profil pengguna Coco Voice secara rinci. Dari layar ini, pengguna dapat memperbarui pesan status pengguna, dan memodifikasi aplikasi, pemberitahuan, serta pengaturan privasi. Ada juga pilihan untuk Auto-Play pesan suara dan ketika terdapat pesan suara baru yang masuk.

Syarat dan Ketentuan[sunting | sunting sumber]

Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Coco Voice memiliki ketentuan-ketentuan penggunaan aplikasi Coco Voice. Kita sering mengenalnya dengan Terms of Service. Ketentuan-ketentuan yang diberlakukan Coco Voice salah satunya adalah masalah privasi. Adapun masalah umur, di mana ada batasan-batasan umur untuk menggunakan aplikasi ini. Semua hal, termasuk penggunaan, dibahas dengan jelas dalam ketentuan Coco Voice. Demi kenyamanan pengguna, Coco Voice menyarankan untuk membaca terlebih dahulu ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penggunaan aplikasi Coco Voice.

Hubungi / Kontak[sunting | sunting sumber]

Coco Voice

  • Pengaduan : feedback@cocovoice.com
  • Dukungan Produk : support@cocovoice.com
  • Pertanyaan bisnis : bd@cocovoice.com
  • Media : press@cocovoice.com

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Coco Voice Mobile Messenger". Karoo Lark. Retrieved 13-10-2011.
  • "Coco Voice Messaging for iOS and Android". Laura Tucker. Retrieved 16-05-2012.
  • "34597 Coco Voice". Instanza, Inc. Retrieved 24-07-2011.
  • "Real Time Photo Text Voice Sharing App Coco voice Comes to Android". A. Rehman. Retrieved 06-03-2012

Pranara Luar[sunting | sunting sumber]