Clube de Regatas do Flamengo (wanita)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Flamengo
Nama lengkapClube de Regatas do Flamengo/Marinha
JulukanRubro-Negro (Merah-Hitam)
Mengão ('Mengo Besar)
Urubu (Burung bangkai)
Berdiri1995; 29 tahun lalu (1995)
2015; 9 tahun lalu (2015) (dibentuk kembali)
StadionEstádio Luso Brasileiro,
Rio de Janeiro, Brasil
(Kapasitas: 5.000)
LigaSérie A1
2022Série A1, Peringkat ke-6
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

Clube de Regatas do Flamengo atau umumnya dikenal dengan Flamengo, adalah klub sepak bola wanita profesional yang berbasis di Rio de Janeiro, Brasil. Klub ini dibentuk pada tahun 1995 sebagai afiliasi dari Federasi Sepak Bola Negara Bagian Rio de Janeiro [en] (FFERJ). Klub ini bermain di Campeonato Brasileiro de Futebol Feminino (liga nasional) dan Campeonato Carioca de Futebol Feminino (liga negara bagian). Klub ini bekerjasama dengan Angkatan Laut Brasil sejak tahun 2015 dan pemain-pemain mereka merupakan bagian dari Angkatan Laut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995 hingga 2001, tim wanita Flamengo berkompetisi di Campeonato Carioca (liga negara bagian) bersama tim-tim wanita lainnya seperti Vasco da Gama, Botafogo, dan Fluminense. Tim ini tidak memenangkan gelar apapun. Pada tahun 2002, ketika Campeonato Carioca tidak diselenggarakan, Flamengo membubarkan tim wanita mereka.

Pada tahun 2011, tim wanita Flamengo dibentuk kembali dengan kerja sama antara klub dan pemerintah kota di kawasan São Paulo, Guarujá. Beberapa pemain dari tim nasional wanita Brasil berhasil direkrut oleh klub.

Pada 10 Juli 2015, untuk memperingati 120 tahun Flamengo, Walter D'Agostino, bagian dari manajemen Flamengo, mengumumkan bahwa tim wanita akan bekerja sama dengan Angkatan Laut Brasil untuk mengikuti kompetisi nasional. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tim dalam rangka mengikuti Pesta Olahraga Militer Dunia 2015 di Korea Selatan.[2]

Di tahun pertama setelah pembentukan ulang, tim ini menjuarai Campeonato Carioca musim 2015. Di kompetisi itu, mereka mendapatkan sepuluh kemenangan dari sebelas pertandingan. Satu-satunya kekalahan didapatkan dengan walk-out karena menolak bermain di kondisi lapangan yang buruk saat mereka bertandang.

Pada musim 2016, mereka menjuarai kejuaraan nasional untuk pertama kalinya dan menjadi tim dari luar negara bagian São Paulo yang menjuarai kompetisi nasional.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Janeiro, Por Felippe CostaRio de. "Fla anuncia parceira com a Marinha para disputar o Brasileiro feminino". globoesporte.com (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  2. ^ "Marinha e Flamengo unem forças no Futebol Feminino" [Angkatan Laut dan Flamengo bekerja sama dalam Sepak Bola Wanita]. Flamengo (dalam bahasa Portugis). 15 Juli 2015. 
  3. ^ "Flamengo vence Rio Preto fora de casa e é campeão do Brasileirão feminino" [Flamengo mengalahkan Rio Preto jauh dari rumah dan juara Brasileirão putri]. globoesporte.globo.com (dalam bahasa Portugis). 20 Mei 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]