Clement Greenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Clement Greenberg
LahirClement Greenberg
(1909-01-16)16 Januari 1909
New York City, A.S.
Meninggal7 Mei 1994(1994-05-07) (umur 85)
New York City, A.S.
PendidikanUniversitas Syracuse (AB)

Clement Greenberg (16 Januari 1909 – 7 Mei 1994) adalah seorang penulis esai Amerika yang dikenal sebagai kritikus seni terkait dengan seni modern Amerika pada pertengahan abad ke-20 dan ahli estetika formalis[1]. Ia juga kadang-kadang menulis dengan nama samaran K. Hardesh. Ia paling dikenang karena hubungannya dengan gerakan seni ekspresionisme abstrak dan pelukis Jackson Pollock.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Clement Greenberg lahir di wilayah Bronx, NYC. Orang tuanya adalah imigran Yahudi kelas menengah. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Sejak kecil, Greenberg membuat sketsa secara kompulsif. Beranjak dewasa, ia mulai fokus pada sastra. Greenberg bersekolah di Erasmus Hall High School, Marquand School for Boys, dilanjutkan ke Universitas Syracuse. Ia lulus dengan gelar A.B pada 1930 dengan predikat cum laude, Phi Beta Kappa.

Ia fasih berbahasa Yiddish dan Inggris. Setelah kuliah, Greenberg belajar bahasa Italia, Jerman, Perancis, dan Latin secara autodidak. Beberapa tahun berikutnya, Greenberg melakukan perjalanan ke AS untuk bekerja di bisnis barang kering milik ayahnya. Namun, pekerjaan itu tidak sesuai dengan minatnya. Ia pun beralih menjadi seorang penerjemah.

Greenberg menikah pada 1934. Ia memiliki seorang putra pada tahun berikutnya. Satu tahun kemudian, ia bercerai. Pada 1936, Greenberg mengambil pekerjaan di pemerintah federal dari Administrasi Pelayanan Sipil, Administrasi Veteran, dan Divisi Penilai Pelayanan Bea Cukai pada 1937. Saat itu, Greenberg mulai menulis secara serius. Beberapa tulisannya diterbitkan di majalah kecil dan jurnal sastra[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Clement Greenberg | American Art Critic & Modernist | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-11. 
  2. ^ Greenberg, Clement (1993). The Collected Essays and Criticism, Volume 3: Affirmations and Refusals. Chicago: The University of Chicago Press. hlm. 195. ISBN 0226306232.