Clarence Walker Barron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Clarence Walker Barron (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 2 Juli 1855 – meninggal di Battle Creek, Michigan, Amerika Serikat, 2 Oktober 1928) adalah seorang penerbit surat kabar asal Amerika yang dikenal sebagai pelopor dalam pengembangan jurnalisme ekonomi. Barron berkontribusi dalam transformasi publikasinya agar meninggalkan praktik lama yang hanya menyediakan data statistik mentah dan pernyataan formal, terutama The Wall Street Journal. Salah satu hal yang dilakukannya adalah menelusuri fakta yang mendasari sebuah data atau pernyataan agar dapat dijelaskan dengan mudah bagi pembaca yang bukan merupakan pakar di bidangnya[1].

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Barron dilahirkan di Boston pada tanggal 2 Juli 1855. Ia pernah bekerja untuk Boston Transcript sebagai reporter selama 11 tahun. Pada tahun 1887, ia mendirikan Boston News Bureau, sebuah kantor berita yang berfokus di bidang pemberitaan bisnis. Berkat usahanya yang kemudian membuahkan keberhasilan, Dow Jones & Company diakuisisi oleh Barron dari pendirinya, Charles Dow, pada tahun 1901. Publikasi utama Dow Jones, The Wall Street Journal, telah berkembang dari surat kabar lokal berskala kecil menjadi surat kabar berskala nasional pada saat kematian Barron[1].

Barron dikenal sebagai seorang pekerja keras yang bermartabat dan ramah. Karyanya, They Told Barron, adalah sebuah buku yang terdiri atas dua volume dan berisi percakapan antara Barron dengan tokoh-tokoh terkenal pada masanya. Buku tersebut menjadi sumber rujukan yang komprehensif mengenai sejarah pada masa tersebut. Karyanya yang lain termasuk War Finance dan Twenty-Eight Essays on the Federal Reserve Act. Pada tanggal 2 Oktober 1928, Barron meninggal dunia di Battle Creek, Michigan[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Encyclopedia Americana Volume III. New York: Americana Corporation. 1968. hlm. 270.