Cisco TelePresence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


WebEx adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah.

http://www.idn.id training cisco jakarta == Aplikasi WebEx ==

WebEx mengkombinasikan komunikasi lewat Telepon dengan tampilan di layar Komputer. Tidak perlu menghabiskan biaya untuk perjalanan dan melakukan pertemuan, cukup melalui Penjelajah web di meja masing-masing dan lebih produktif dibandingkan mengirim file yang akan didiskusikan lewat email. Tidak ada Perangkat keras yang harus dibeli, maupun Perangkat lunak yang harus diunduh. Dengan aplikasi ini, baik perusahaan maupun pengguna perorangan bisa mengurangi biaya operasional dan membuat pekerjaan lebih efisien[1] .

Layanan WebEx[sunting | sunting sumber]

Layanan WebEx ditujukan bagi semua kalangan, baik kalangan bisnis, bisnis menengah, maupun perorangan.

  • Cisco WebEx Meeting Center

Bertemu Dalam jaringan dalam waktu yang nyata. Mengurangi batasan, mengurangi waktu untuk menyelesaikan masalah, dan waktu dalam bekerja bersama.

  • Cisco WebEx Training Center

Memberikan lingkungan belajar yang dinamis kepada pekerja, pelanggan, maupun pemegang saham dengan ruang kelas dalam jaringan. Pelatihan bisa dilakukan dalam waktu yang nyata, kehadiran didata secara otomatis, dan umpan balik bisa dikirim secara instan.

  • Cisco WebEx Event Center

Perusahaan bisa mempromosikan bisnis dan pelayanan mereka melalui pertemuan Dalam jaringan dan saling berinteraksi.

  • Cisco WebEx Support Center

WeBex menawarkan dukungan teknis yang berkelas dunia. Melayani koneksi dengan sekali klik secara nyata, pengiriman data dengan dua arah, masuk kedalam komputer meja klien sebagai penyelenggara, dan mengatur staf dengan pemantauan secara berkala.

  • Cisco WebEx Connect

Berkomunikasi lebih efektif, menginformasikan keputusan secara lebih cepat, dan mengurangi ongkos perjalanan. Pengguna dapat memanfaatkan dukungan Instan Messenger, suara, Voice over IP, video, file sharing, dan konferensi Jejaring Jagat Jembar/web yang terintegrasi.

  • Cisco WebEx Mail

Biaya menjadi lebih efektif dengan dukungan Microsoft Outlook, kapasitas penyimpanan data yang besar, dan akses yang aman bagi para pengguna.

Keunggulan WebEx[sunting | sunting sumber]

WebEx memiliki banyak kelebihan yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain.

  • Berbagi komputer meja, dokumen, dan aplikasi

Memudahkan pengguna untuk mengendalikan Komputer meja atau desktop pengguna lain dan juga sebaliknya. Mengkolaborasikan isi data, mengaturnya di layar komputer tanpa harus mengunggah isi data terlebih dahulu[2]

  • Multimedia

Memudahkan presentasi melalui fitur-fitur Microsoft PowerPoint, flash™ animation, audio, serta video

  • Audio dan Voip yang terintegrasi

Pengguna dapat memilih toll atau toll-free untuk interaksi audio, ataupun menggunakan Voice over IP yg terintegrasi di komputer.

  • Pembicara aktif

Mengidentifikasikan siapa lawan bicara dengan ikon bergerak yg muncul pada layar pengguna

  • Konferensi video

Simulasi pertemuan tatap muka antar pengguna yang berbeda lokasi dengan fitur multi-point video

  • Merekam pembicaraan, menyunting, dan memutar kembali

Merekam pembicaraan untuk referensi di pertemuan selanjutnya, pelatihan, dan demonstrasi

  • Integrasi rangkaian komputer meja

Memudahkan pertemuan instan para pengguna dengan menggunakan Microsoft Office, Microsoft Outlook, lotus notes, dan berbagai solusi pesan instan lainnya termasuk Cisco WebEx Connect.

  • Akses pertemuan dengan sekali klik

Memulai pertemuan dan mengundang pengguna lain secara instan melalui Komputer meja, taskbar, atau aplikasi favorit

  • Mengadakan pertemuan dengan mudah

Mengirimkan undangan pertemuan dan pengingat menggunakan panggilan telepon otomatis, pesan teks, email dari klien lokal atau instant messenger termasuk Cisco WebEx Connect dan instan messenger lainnya.

Perkembangan teknologi WebEx[sunting | sunting sumber]

Cisco memperluas pengalaman kolaborasi pada peranti Telepon pintar terkemuka. Kebebasan yang akan didapat dari WebEx dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dan karyawan, karena para karyawan dapat bekerja di mana pun dan kapan pun mereka ingin, dengan alat pilihan mereka sendiri[3]

Melalui Cisco WebExTM Meeting memungkinkan para pengguna telepon pintar untuk tetap terhubung satu sama lain walaupun mereka sedang tidak berada di kantor atau rumah. Mereka dapat melakukan pertemuan bersama pelanggan, kolega ataupun mitra secara produktif semudah menggunakan telepon. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ini, Cisco memperluas dukungan Cisco WebEx Meeting pada telepon pintar seperti Blackberry BoldTM, BlackBerry Curve 8900, dan Blackberry StormTM dari Research In Motion (RIM), Nokia E71, Nokia E75, Nokia N97, Nokia Eseries dan Nokia Nseries lainnya, serta Samsung Blackjack II.

WebEx juga memperkenalkan aplikasi Meeting Center untuk iPhone dan iPod touch. Adanya aplikasi tersebut di iPhone dan iPod Touch membuat pengguna tak perlu menggunakan komputer untuk menghadiri rapat dan rapat bisa dilakukan di mana saja. Rapat atau presentasi file bisa dilihat lewat layar kedua telepon pintar tersebut. Para pengguna juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lain dengan fasilitas instan messenger[4]

Para pengguna dapat mengakses layanan Cisco WebEx Meeting Center melalui penjelajah pada telepon pintar agar dapat menjalankan audio dan konferensi online melalui koneksi 3G atau kombinasi 2G dan Wi-Fi. para pengguna dapat ikut serta dalam pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya, serta melihat materi presentasi dan mendengar penjelasan secara langsung dari masing-masing peserta pertemuan. Penawaran layanan ini akan tersedia di beberapa sistem operasi telepon pintar termasuk di BlackBerry, Symbian OS, dan Windows Mobile. Khusus pengguna iPhone, pengguna dapat mengunduh aplikasi WebEx Meeting Center untuk iPhone di Apple store dan berlangganan secara korporat atau perorangan.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Sistem Operasi

Windows, Mac, Linux, Solaris, HP-UX dan AIX

  • Dukungan Bahasa

Bahasa Inggris, Spanyol, Brazil Portugis, Prancis, Italia, German, Swedia, Jepang, Korea, dan Cina.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Elliza, Presentasi Cerdas Gaya Webex, Majalah Seluler, Edisi 0906614074 Maret 2009, halaman 3-5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]