Cinenen kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cinenen kamboja
Orthotomus chaktomuk.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Cisticolidae
Genus: Orthotomus
Spesies: O. chaktomuk
Nama binomial
Orthotomus chaktomuk
Mahood et al., 2013[1]

Cinenen kamboja (Orthotomus chaktomuk) adalah spesies burung yang ditemukan di Phnom Penh, ibu kota Kamboja, pada tahun 2009, selama pemeriksaan flu burung. Burung ini berukuran kecil dengan seberkas oranye-merah di atas kepalanya. Cinenen kamboja adalah burung endemik, hanya ada di Kamboja, kemungkinan terbatas pada habitat semak padat tunggal di dataran banjir sungai Mekong.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Cinenen kamboja ditemukan di Phnom Penh, ibu kota Kamboja, pada tahun 2009, selama pemeriksaan flu burung.[1] Sejak itu, burung ini telah terlihat di berbagai bagian di kota Phnom Penh, termasuk di situs konstruksi di mana peneliti burung Ashish John memfoto burung ini.[2] Fotonya kemudian digunakan untuk membantu mendeskripsikan burung tersebut.[2]

Pada bulan Juni 2012, John mulai berkolaborasi dengan Wildlife Conservation Society, BirdLife International, Universitas Kansas, Louisiana State University, dan Sam Veasna Centre untuk menguji bulu burung, genetika, dan kicauannya.[2][3] Tes dilakukan untuk menentukan bahwa burung ini adalah spesies yang unik.[4] Penggambaran resmi tentang Cinenen kamboja diterbitkan dalam edisi awal-pandangan khusus daring dari jurnal Oriental Bird Club.[1] Nama khusus burung ini berasal dari kata bahasa Khmer yang berarti empat-wajah, yang menggambarkan di mana burung ini ditemukan: di dataran banjir Sungai Bassac, Mekong, dan Tonle Sap bertemu.[5]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Cinenen kamboja memiliki seberkas bulu oranye-merah di atas kepalanya, dan bulu hitam di tenggorokannya.[3] Bulu tubuhnya yang lain berwarna terang dan abu-abu gelap. Cinenen kamboja dikenal karena "kicauan keras" nya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Mahood, SP; A.J.I. John; J.C. Eames; C.H. Oliveros; R.G. Moyle;Hong Chamnan; C.M. Poole; H. Nielsen; F.H. Sheldon (2013). "A new species of lowland tailorbird (Passeriformes: Cisticolidae: Orthotomus) from the Mekong floodplain of Cambodia" (PDF). Forktail. 29: 1–14. 
  2. ^ a b c "Cambodian tailorbird: new species discovered in Phnom Penh". The Guardian. 2013-06-26. Diakses tanggal 2013-06-26. 
  3. ^ a b c "Cambodian Tailorbird". Google. AFP. June 26, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2013. Diakses tanggal June 26, 2013. 
  4. ^ "Cambodian tailorbird: A new species seen in Phnom Penh". BBC News. 2013-06-26. Diakses tanggal 2013-06-26. 
  5. ^ Fowlie, Martin (2013-06-26). "Hiding in plain sight: New species of bird discovered in capital city". IUCN Red List. Diakses tanggal 2013-06-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]