Cichlasoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cichlasoma
Cichlasoma trimaculatum
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Cichlasoma

Swainson, 1839
Spesies tipe
Labrus bimaculatus
Spesies

Lihat teks

Cichlasoma adalah genus ikan air tawar dalam keluarga cichlidae. Genus ini sebelumnya sangat besar (takson keranjang sampah) yang meliputi anggota cichlidae dari Amerika Utara, termasuk Amerika Tengah dan Selatan. Penglasifikasian ulang dan pemisahan genus selanjutnya oleh Sven Oscar Kullander dan ahli iktiologi lainnya telah mengakibatkan hilangnya banyak spesies, yang sebelumnya merupakan bagian dari Cichlasoma dipindahkan ke genus seperti Amphilophus, Archocentrus, Herichthys, Heros, Nandopsis, Parachromis, Thorichthys, Vieja dan lainnya dalam tribus Heroini.[1][2]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Menurut FishBase, saat ini terdapat enam belas spesies yang dikenali dalam genus ini,[3] tetapi tiga takson Amerika Tengah yang sangat berbeda (Cichlasoma geddesi yang merupakan sinonim dari Herichthys deppii, serta Cichlasoma istlanum dan Cichlasoma trimaculatum ditempatkan dalam genus Amphilophus) tidak termasuk dalam Catalog of Fishes, sehingga secara efektif membatasi Cichlasoma ke sekelompok cichlidae berukuran sedang-kecil yang agak mirip di Amerika Selatan.[4]. Di bawah ini merupakan daftar spesies Cichlasoma:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McMahan, C.D.; Matamoros, W.A.; Piller, K.R.; Chakrabarty, P. (2015). "Taxonomy and systematics of the herichthyins (Cichlidae: Tribe Heroini), with the description of eight new Middle American Genera". Zootaxa. 3999 (2): 211–234. doi:10.11646/zootaxa.3999.2.3alt=Dapat diakses gratis. PMID 26623572. 
  2. ^ Říčan, O.; Piálek, L.; Dragová, K.; Novák, J. (2016). "Diversity and evolution of the Middle American cichlid fishes (Teleostei: Cichlidae) with revised classification". Vertebrate Zoology. 66 (1): 1–102. 
  3. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2020). Species of Cichlasoma di FishBase. Versi February 2020.
  4. ^ Templat:Cof genus