Christian Dior

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Christian Dior (21 Januari 1905 - 23 Oktober 1957) adalah seorang perancang busana terkenal dari Perancis. Butik-butiknya tersebar di Paris, London, Milan, Tokyo, Shanghai, Hong Kong, New York, Boston, Los Angeles, Honolulu, Las Vegas, San Francisco, Sydney, dan Melbourne. Ia dilahirkan di Granville, Manche, Normandy dari keluarga Maurice Dior, seorang pengusaha bahan kimia dan pupuk tanaman, dan istrinya Madeleine Martin.

Sesuai dengan kehendak orang tuanya, Dior bersekolah di École des Sciences Politiques dari 1920 sampai 1925. Keluarganya ingin agar ia menjadi diplomat, namun ia ingin menjadi seniman. Setelah meninggalkan sekolah, ia menerima uang dari ayahnya dan mendirikan sebuah galeri seni kecil pada 1928, di mana ia menjual karya-karya Pablo Picasso dan Max Jacob. Setelah usaha ayahnya bangkrut, Dior juga terpaksa menutup galerinya. Ia kemudian bekerja sebagai penggambar sketsa untuk rumah-rumah busana haute couture. Pada 1938 ia bekerja dengan Robert Piguet dan kemudian bergabung dengan rumah busana Lucien Lelong. Pada 1945 ia memulai usahanya sendiri, didukung oleh Marcel Boussac. Rumah busana Dior dibuka pada Desember 1946, dan pada bulan Februari 1947 ia mempersembahkan koleksi pertamanya, dikenal sebagai Corolle atau the New Look. Istilah "New Look" dicetuskan oleh Carmel Snow, editor-in-chief majalah Harper's Bazaar.

Rumah Busana Dior[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1946, Marcel Boussac seorang pebisnis terkaya di Perancis mengundang Dior untuk medesain untuk Philippe et Gaston, sebuah rumah busana Paris yang didirikan tahun 1925. Dior menolak karena ingin membuka usaha sendiri dengan namanya. Akhirnya pada 8 Desember 1946, Boussac membiayai pembangunan rumah busana Dior. Karya pertamanya ditampilkan pada tahun 1946. Desainnya lebih bervolume daripada tren boxy pasca Perang Dunia II.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]