Christiaan Barnard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Christiaan Barnard
Christiaan Barnard pada 1969
LahirChristiaan Neethling Barnard
(1922-11-08)8 November 1922
Beaufort, Western Cape, Afrika Selatan
Meninggal2 September 2001(2001-09-02) (umur 78)
Paphos, Distrik Paphos, Siprus
PekerjaanAhli bedah
Dikenal atasberhasil melakukan transplantasi jantung pertama di dunia

Christiaan Neethling Barnard (8 November 1922 – 2 September 2001) adalah seorang ahli bedah jantung dari Afrika Selatan. Ia mulai dikenal di seluruh dunia sejak berhasil melakukan operasi transplantasi jantung pertama di dunia yang sukses dari manusia ke manusia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Barnard dilahirkan dan dibesarkan di Beaufort Barat, Afrika Selatan. Ia merupakan putera dari pengurus gereja. Satu dari saudara laki-lakinya meninggal karena masalah pada jantungnya ketika masih balita. Hal inilah yang memengaruhi keluarga Barnard dan ambisi karier Christiaan.

Barnard belajar ilmu kedokteran di Universitas Cape Town, dan melaksanakan masa kepaniteraan dan residen di Rumah Sakit Groote Schuur di Cape Town. Ia menjadi dokter umum di Ceres, sebuah kota di provinsi Western Cape.

Pada 1951, ia kembali ke Cape Town dan bekerja di dua rumah sakit. Sambil bekerja, ia mengambil pendidikan magister dan lulus pada 1953 dari Universitas Cape Town. Ia kemudian mendapatkan gelar doktor kedokteran pada universitas yang sama dengan disertasi "Perawatan tuberkulosis meningitis".

Sebagai residen bedah pada Rumah Sakit Groote Schuur pada tahun 1953 hingga 1956, Barnard pertama kali menunjukkan kelainan cacat lahir atresia intestinal yang dikarenakan ketidakcukupan darah pada janin saat di kandungan.

Sejak 1956, ia belajar ilmu bedah di Universitas Minnesota. Ketika di Minneapolis, ia kemudian mempelajari lebih dalam bedah kardiothorax (bedah jantung dan dada). Di sini ia bertemu Norman Shumway, yang banyak membantu riset untuk transplantasi jantung manusia pertama.

Pada 1958, ia ditunjuk menjadi ahli bedah kardiothorax di Rumah Sakit Groote Schuur.

Ia melakukan eksperimen dalam beberapa tahun dengan menggunakan transplantasi jantung hewan setelah ia berhasil melakukan transplantasi ginjal pertama yang sukses pada 1953. Ia melakukan transplantasi ginjal pertama di Afrika Selatan pada 1959.

Selain penelitian, ia juga mengajar di Universitas Cape Town.

Transplantasi jantung[sunting | sunting sumber]

Operasi transplantasi jantung manusia yang pertama dilakukan pada 3 Desember 1967. Ia dibantu oleh saudaranya, Marius Barnard. Operasi tersebut berlangsung selama sembilan jam dan melibatkan sebuah tim yang beranggotakan tigapuluh orang. Pasien transplantasi, Louis Washkansky, 55 tahun, menderita kencing manis dan penyakit jantung. Donor jantung berasal dari seorang wanita muda, Denise Darvall, yang tewas karena kecelakaan lalu lintas. Washkansky bertahan hidup sejak operasi, dan hidup selama delapan belas hari. Keadaannya semakin buruk karena pneumonia yang disebabkan obat supresif-immuno yang digunakannya.

Barnard melanjutkan transplantasi jantung. Sebuah operasi dilakukan pada 2 Januari 1968 pada pasien Philip Blaiberg dan berhasil bertahan hidup selama 19 bulan. Pada 1969 dilakukan transplantasi jantung pada Nyonya Dorothy Fisher dan berhasil bertahan hidup selama 24 bulan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Perkawinan pertama Barnald bersama Aletta Louw, seorang perawat, yang dinikahinya pada 1948 ketika praktik di Ceres. Pada 1969, mereka bercerai, dan pada 1970 ia menikah lagi dengan Barabara Zoellner.

Barnard bercerai dengan Zoellner pada 1982, dan menikah untuk ketiga kalinya pada 1988 dengan Karin Setzkorn. Setzkorn diceraikannya pada 2000.

Christiaan Barnard menulis dua otobiografi yang berjudul One Life yang diterbitkan pada 1969, dan Second Life pada 1993.

Buku[sunting | sunting sumber]

Selain menulis otobiografi, Barnard juga menulis beberapa buku termasuk:

  • The Donor
  • Your Healthy Heart
  • The Second Life
  • Night Season
  • The Best Medicine
  • Arthritis Handbook: How to Live With Arthritis
  • Good Life Good Death: A Doctor's Case for Euthanasia and Suicide
  • South Africa: Sharp Dissection
  • 50 Ways to a Healthy Heart
  • Body Machine

Pranala luar[sunting | sunting sumber]