Khimaira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Chimaera)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambar Khimaira pada suatu nampan dari masa Yunani Kuno.

Khimaira (Yunani: Χίμαιρα; Chímaira) adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, tetapi beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Khimaira mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya.[1] Kadang-kadang Khimaira menjadi lambang kekuatan setan.

Menurut mitologi, Khimaira merupakan puteri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Kerberos dan Hidra dari danau Lernai.

Khimaira berhasil dikalahkan oleh Bellerofon sambil menunggangi Pegasus (kuda bersayap), atas perintah Raja Iobates dari Likia. Ia mengalahkan Khimaira dengan lembing dan memenggal kepala makhluk itu.

Masa kini[sunting | sunting sumber]

Perkembangan ilmu pengetahuan sudah sangat pesat saat ini. Maka ada sebuah percobaan untuk menanamkan sel manusia di embrio hewan agar tumbuh menjadi organ manusia spesifik. Secara teori, pendekatan ini memberikan penggantian yang selalu tersedia bagi jantung atau liver yang sakit — sehingga orang tak harus mengantre donor manusia dan mengurangi risiko penolakan tubuh terhadap organ donor. Adanya penelitian ini melampaui batasan antar spesies,

"Semuanya bergerak begitu cepat di bidang ini sekarang," kata Janet Rossant di Rumah Sakit Anak di Toronto, dan salah satu pionir penelitian awal khimaira. "Ini akan membuka pemahaman baru dari biologi."[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cirlot, J.E (2001). A Dictionary of Symbols: Second Edition. London: Routledge. hlm. 46. ISBN 0-203-13375-7. 
  2. ^ https://www.bbc.com/indonesia/vert-earth-39113249