Chemical Society

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Chemical Society dibentuk pada tahun 1841 (yang kemudian dinamakan Chemical Society of London) oleh 77 ilmuwan sebagai hasil dari meningkatnya ketertarikan dalam hal-hal ilimiah.[1] Kimiawan Robert Warington adalah penggerak di balik terbentuknya organisasi ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu sasaran Chemical Society adalah mengadakan pertemuan untuk "komunikasi dan diskusi tentang penemuan dan pengamatan, sebuah laporan yang akan diterbitkan oleh Society". Pada tahun 1874, pentingnya Society diakui oleh Royal Charter, yang menambahkan pada perannya dalam kemajuan sains, pengembangan aplikasi kimia dalam bidang industri. Anggotanya mencakup kimiawan terkemuka dari luar negeri termasuk August Wilhelm von Hofmann, yang menjadi presiden Society pada tahun 1861. Keanggotaan terbuka untuk siapa saja yang berminat dalam bidang kimia, tetapi kepengurusan dibatasi untuk pria.

Pada tahun 1904, Edith Humphrey, yang dianggap sebagai wanita Inggris pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam bidang kimia (di Universitas Zurich), adalah salah satu dari sembilan belas kimiawati yang mengajukan petisi kepada Chemical Society untuk penerimaan wanita sebagai pengurus. Hal ini akhirnya diberikan pada tahun 1919, dan Humphrey kemudian terpilih menjadi pengurus.[2]

The Chemical Society of London sukses ketika kegagalan menimpa sejumlah asosiasi kimia sebelumnya seperti Lunar Society cabang London tahun 1780-an, Animal Chemical Club tahun 1805, London Chemical Society tahun 1824. Salah satu kunci kesuksesan Chemical Society of London adalah, tidak seperti pelopornya, sebuah "peleburan yang bermanfaat antara kimiawan teknologi dan akademis".[3]

Kegiatannya berkembang selama bertahun-tahun, termasuk akhirnya menjadi penerbit utama di bidang kimia. Pada tahun 1980, Society bergabung dengan Royal Institute of Chemistry, Faraday Society dan Society for Analytical Chemistry menjadi Royal Society of Chemistry.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Anggota pertama[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Februari 1841 sebuah pertemuan diadakan untuk mempertimbangkan pembentukan Chemical Society. Provisional Committee yang ditunjuk untuk mengejawantahkannya mengundang sejumlah pria yang terlibat dalam praktik kimia untuk menjadi anggota pertama. Tujuh puluh tujuh ilmuwan dan kimiawan berikut menyampaikan persetujuan tertulis mereka:[4][5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.rsc.org/globalassets/02-about-us/corporate-documents/financial-statement-trustee-report-2014.pdf
  2. ^ Rayner-Canham, Marelene; Rayner-Canham, Geoff (2003). "Pounding on the Doors: The Fight for Acceptance of British Women Chemists" (PDF). Bulletin for the History of Chemistry 28 (2). 
  3. ^ Brock, William H (2011). The Case of the Poisonous Socks: Tales from Chemistry. Royal Society of Chemistry. hlmn. 67–73. 
  4. ^ "Memoirs and Proceedings, Chemical Society". Proceedings of the Chemical Society of London 1: A001. 1842. doi:10.1039/MP842010A001. 
  5. ^ A list of the Officers and Members of the Chemical Society of London. London. 1843. 
  6. ^ Hunt, L.B. (1843). "William John Cock". Platinum Metals Review 27 (3): 129–132.