Charles Dixon (seniman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
HMS Bellerophon (1907) saat Sudut Berangin di Pertempuran Jutlandia

Charles Edward Dixon (8 Desember 1872 – 12 September 1934) adalah seorang pelukis maritim Inggris pada akhir abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh, yang karyanya sangat sukses dan dipamerkan secara rutin di Royal Academy of Arts. Beberapa lukisannya disimpan oleh Museum Maritim Nasional dan dia adalah seniman tetap yang berkontribusi pada majalah. Dia tinggal di Itchenor di Sussex dan meninggal pada tahun 1934.

RMS Carmania menenggelamkan SMS Cap Trafalgar dekat Trindade.
Poster oleh Charles Dixon

Charles Dixon lahir di Goring-on-Thames pada bulan Desember 1872, putra dari Alfred Dixon (1842–1919), seorang pelukis bergenre sukses, yang mendidik putranya dalam bidang keahliannya. Charles juga menjadi seniman profesional, dan segera sukses berlatih menghasilkan pemandangan bahari, baik cat air kehidupan pesisir maupun lukisan cat minyak besar bertema sejarah atau angkatan laut kontemporer. Ia rutin mengadakan pameran di Royal Academy dan beberapa lukisannya kini menjadi koleksi Museum Maritim Nasional di London. Di antara karyanya terdapat sejumlah besar karya yang diproduksi untuk majalah, termasuk The Graphic. Pada tahun 1900 ia diangkat menjadi anggota Royal Institute of Painters in Water Colours. Dia tinggal di Itchenor di Sussex, di mana dia adalah seorang yachtsman yang rajin, dan meninggal di rumahnya pada 12 September 1934.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biography of Charles Dixon (1872–1934)". Maritime Art Greenwich. National Maritime Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 September 2003. Diakses tanggal 18 January 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Charles Dixon (artist) di Wikimedia Commons