Chang Jo-ri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Chang Jo-ri (창조리, 倉助利) (?-?) merupakan seorang Perdana Menteri Goguryeo di dalam masa pemerintahan Raja Bongsang dan Micheon.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Asal Chang Jo-ri atau leluhurnya tidak disebutkan di dalam catatan sejarah. Dapat diartikan bahwa Perdana Menteri Chang Jo-ri berasal dari keluarga ningrat yang terkenal karena ia bekerja di posisi tinggi pemerintah seperti Daesaja dan Daejubu.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan Raja Bongsang[sunting | sunting sumber]

Chang Jo-ri disebutkan pertama kali bekerja sebagai Daesaja di Provinsi Selatang, dan kemudian sebagai Daejubu. Ia naik pangkat ke posisi Perdana Menteri pada tahun 294, menggantikan Perdana Menteri Sang-nu. Pada tahun 296, Kaisar You dari Kerajaan Yan Akhir, Xianbei, menyerang Goguryeo. Dengan invasi ini, Chang Jo-ri mendesak Raja Bongsang untuk menugaskan Daehyeong Jenderal Go Noja ke posisi tuan kastil di Benteng Shin. Berkat penugasan tersebut, pasukan Yan Akhir dapat dikalahkan. Ketika Bongsang menjadi korupsi dan kejam, Chang Jo-ri mengundurkan diri dari posisi Perdana Menteri dan bermaksud melancarkan kudeta untuk menggulingkan tirani dan menempatkan Go Eul-bul, keponakan raja ke atas tahta. Chang Jo-ri melaksanakan kudeta pada tahun 300, dan menggulingkan Raja Bongsang yang bunuh diri setelah dikucilkan.

Pemerintahan Raja Micheon[sunting | sunting sumber]

Chang Jo-ri dikembalikan ke posisinya sebagai Perdana Menteri dibawah pimpinan Raja Micheon. Samguk Sagi menyatakan kejinakan aturan Raja Micheon, dan penasehat Perdana Menterinya Chang Jo-ri. Tahun kematiannya tidak diketahui.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Samguk Sagi, Goguryeo Bon-Gi
Didahului oleh:
Sang-nu
Perdana Menteri Goguryeo)
294 –?
Diteruskan oleh:
Wang San-ak