Cente manis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lantana
Lantana camara
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Lantana

Spesies tipe
Lantana camara
Spesies

Lihat teks

Lantana (/lænˈtɑːnə, -ˈt-/)[2] , cente manis, tahi ayam, tembelakan, saliara atau sasahangan adalah genus dari sekitar 150 spesies tumbuhan berbunga dalam famili Verbenaceae. Mereka merupakan tumbuhan asli daerah tropis Amerika dan Afrika. Ada pula spesiesnya yang diperkenalkan di banyak daerah, terutama di wilayah Australia-Pasifik serta bagian Selatan dan Timur Laut India. Genus ini mencakup tumbuhan herba dan semak yang tumbuh setinggi 0,5–2 m. Nama genusnya berasal dari bahasa Latin Akhir, yang mengacu pada tumbuhan Viburnum lantana yang tidak berkerabat dengan genus ini.[3]

Kluster bunga aromatik Lantana (disebut bunga payung) adalah campuran kuntum merah, jingga, kuning, atau biru dan putih. Warna lain ada saat varietas baru dipilih. Bunganya biasanya berubah warna saat dewasa, menghasilkan perbungaan yang memiliki dua atau tiga warna.

Daftar spesies[4][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lantana L". TROPICOS. Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal 2009-10-18. 
  2. ^ "lantana". Lexico UK English Dictionary. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-30. 
  3. ^ Holloway, Joel Ellis; Neill, Amanda (2005). A Dictionary of Common Wildflowers of Texas & the Southern Great Plains. TCU Press. hlm. 88. ISBN 978-0-87565-309-9. 
  4. ^ "Lantana". The Plant List.