Celestia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerajaan Luar Angkasa Celestia

Space Kingdom of Celestia
Bendera
SemboyanA Nation of freedom, peace, and equality throughout the vastness of space
(Indonesia: "Bangsa yang bebas, damai, dan setara di seluruh ruang angkasa yang luas")
Lagu kebangsaanHymn Space Kingdom of Celestia
(Indonesia: "Himne Kerajaan Luar Angkasa Celestia")
Ibu kotaCelestia-1 (satelit)
Bahasa yang umum digunakanInggris
DemonimCelestial
PemerintahanMonarki Konstitusional
James Thomas Mangan
Pendirian
• Didirikan
20 Desember 1948
01 Januari 1949
• Pengibaran Bendera Celestia di Kantor PBB
06 Juni 1958
Mata uangDollar Celestia
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kerajaan Luar Angkasa Celestia atau Celestia[1] adalah sebuah negara pengakuan terbatas yang diumumkan pada tanggal 01 Januari 1949 oleh James Thomas Mangan[2], seorang warga Illinois, Amerika Serikat. Negara yang diusulkan tersebut dimaksudkan untuk membuka akses ke luar angkasa, bebas dari kendali negara-negara yang ada, untuk diakui sebagai sebuah negara berdaulat.[3][4]

Celestia terdiri dari keseluruhan luar angkasa termasuk Bumi yang diklaim Thomas Mangan atas nama manusia untuk memastikan bahwa tidak seorang negara dapat mendirikan hegemoni politik disana.[5] Sebagai pendiri dan perwakilan pertama, ia mendaftarkan Celestia ke PBB dan mengklaim bahwa keanggotaan telah berkembang menjadi 19.057.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konsep negara luar angkasa melanda James Thomas Mangan selama mengobrol dengan rekan bisnisnya, tampaknya ia sedang melihat langit sambil menatap ke luar jendela kantor di Gedung Dewan Perdagangan di Chicago. “Ada banyak barang di luar sana,” kata seorang rekan bisnis sambil menunjuk ke luar jendela.

Mangan bertanya-tanya siapa yang memilikinya. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, ia membuat klaimnya pada tengah malam pada tanggal 20 Desember 1948 dan menciptakan Celestia, bangsa ruang angkasa dan memberi dirinya gelar perwakilan pertama.[7]

Hari berikutnya Mangan mengeluarkan deklarasi yang menyatakan bahwa negara baru ini terpisah dan berbeda dari semua negara lain dengan hak suci untuk mengatur dan mengendalikan wilayahnya. Dia mendaftarkan akuisisinya dengan Recorder of Deeds and Titles of Cook County di Illinois.

Dalam publikasinya tahun 1958, di media berita State of the Sky, Mangan menulis bahwa dia secara resmi dan berulang kali memberitahu Departemen Luar Negeri setiap negara mapan di bumi tentang keberadaannya, klaimnya, haknya, niatnya, dan kebangsaannya.” Dia berbicara dengan pejabat dari banyak negara, muncul di acara bincang-bincang dan banyak menulis tentang ruang angkasa sebagai sumber daya yang harus dilindungi.

Mangan melamar di kursi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas nama Celestia. Meski permohonan itu masih tertunda, benderanya dengan simbol hitam tajam dalam piringan putih berlatar belakang biru dikibarkan di depan gedung PBB pada 6 Juni 1958. Filosofi dasar Celestia terkandung dalam satu kata, kemurahan hati. Dengan mencapai kebesaran pikiran, dia menegaskan orang-orang di dunia dapat menemukan perdamaian abadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNODA Treaties". treaties.unoda.org. Diakses tanggal 2022-08-24. 
  2. ^ "Chicago Man Stakes Claim to Outer Space". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-03. Diakses tanggal 2009-08-11. 
  3. ^ "Treaty on Principles Governing the Activities of States in the Exploration and Use of Outer Space, including the Moon and Other Celestial Bodies". United Nations Office for Disarmament Affairs. Diakses tanggal 2013-04-18. 
  4. ^ "Azerbaijan improves legal framework for space cooperation". 13 May 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-13. Diakses tanggal 2013-05-18. 
  5. ^ Space Policy Volume 22, Issue 3, August 2006, Pages 205-213, accessed via Science Direct, 11 Aug 2008
  6. ^ Fahadi 4Spot. "History". Nation of Celestial Space (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-15. 
  7. ^ jeffmasteradmin. "History". Nation of Celestial Space (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]