Cause célèbre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cause célèbre (/ˈkɔːz səˈlɛb/; bahasa Prancis: [koz selɛbʁ], kasus terkenal; plural causes célèbres) adalah sebuah masalah atau indsiden yang berkembang menjadi kontroversi yang merebak, di luar perkiraan, dan memanaskan debat publik.[1] Istilah tersebut biasanya digunakan dalam hubungannya dengan kasus hukum terselebrasi.[2]

Istilah tersebut adalah sebuah daftar frase Prancis yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Prancis, cause artinya kasus hukum dan célèbre artinya "terkenal". Frase tersebut bermula dari Nouvelles Causes Célèbres 37 volume, yang diterbitkan pada 1763, yang merupakan kumpulan laporan keputusan sidang Prancis terkenal dari abad ke-17 dan ke-18. Meskipun para pemakai bahasa Inggris telah menggunakan frase tersebut selama beberapa tahun, frase tersebut makin umum digunakan setelah pendakwaan tahun 1894 Alfred Dreyfus karena spionase, yang meraih sorotan dari seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hirsch, E.D., Jr.; Kett, Joseph F.; Trefil, James, ed. (2002). "cause célèbre". The New Dictionary of Cultural Literacy (edisi ke-3rd). Houghton Mifflin Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 21, 2008 – via Bartleby.com. 
  2. ^ "cause célèbre". The American Heritage Dictionary of the English Language (edisi ke-4th). Houghton Mifflin Company. 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 3, 2008 – via Bartleby.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]