Catster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Catster
Jenis situs
Situs Jejaring Sosial
BahasaInggris
PemilikCatster, Inc
PendiriThed Rheingold
Steven J. Reading
John Vars
Slogan"Catster Never Sleep"
Situs webwww.catster.com
KomersialYa
Daftar akunDiperlukan
DiluncurkanAgustus 2004
StatusAktif

Catster merupakan situs jejaring sosial untuk para pecinta kucing yang diluncurkan pada bulan Agustus 2004 lalu di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Jejaring sosial ini berbasis forum, di mana para pecinta kucing dapat bertukar informasi kepada sesama pecinta kucing lainnya. Keunikan dari situs ini terletak pada para pemilik akunnya yang berupa para kucing. Pengguna situs Catster ini membuatkan akun untuk kucing peliharaan mereka dan memberikan perlakuan-perlakuan khusus kepada kucing mereka, seperti membelikan barang-barang virtual. Pembelian barang-barang virtual tersebut dilakukan dengan menggunakan mata uang yang biasa disebut dengan zealies. Namun, mata uang ini baru dapat dimiliki oleh pengguna akun setelah ia terlibat aktif dalam beberapa kegiatan website yang menggunakan sistem PayPal atau berlangganan Plus. Situs jejaring sosial Catster ini memiliki sister company yang bernama Dogster. Dogster memiliki format yang sama persis dengan Catster, namun memiliki perbedaan orientasi, yaitu kepada para pecinta anjing. Pada tahun 2005, Dogster memenangkan Webby sebagai situs komunitas terbaik.

Sekilas Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Catster merupakan situs jejaring sosial hewan peliharaan dengan pertumbuhan tercepat dan merupakan top five situs para pecinta hewan di dunia. Catster diciptakan pada bulan Agustus 2004 oleh tiga orang serangkai yang bernama Ted Rheingold, Steven J. Reading dan John Vars. Saat ini kantor pusat Catster berlokasi di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Catster sendiri mulai menjadi situs komersial sejak tahun 2007 lalu. Hingga saat ini, Catster melayani lebih dari 22 juta kunjungan halaman setiap bulannya dan melayani lebih dari 3 juta foto yang berasal dari lebih 450.000 hewan peliharaan. Jumlah anggota Catster hingga saat ini adalah sebanyak 500.0000 anggota. Catster merupakan sister company dari situs jejaring hewan peliharaan sejenis, yaitu Dogster, yang lebih berorientasi pada hewan anjing.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Sejak diluncurkan pada tahun 2004 hingga sekarang, Catster telah melakukan berbagai peningkatan fitur-fitur aplikasi seperti aplikasi forum, buku harian, pengiriman pesan pribadi, classified, treats, Gimme Some Paw, DogsterPlus, Photo Tagging, Themed Scroll, perjalanan dan aktivitas kucing berjalan-jalan, serta pet personality matrix. Selain itu, situs jejaring Catster ini juga menyediakan layanan adopsi kucing gratis, tips, ataupun vet finder. Para pencipta dan pengelola Catster menyadari bahwa orang – orang yang datang ke situs jaringan sosial ini tidak hanya bertujuan untuk mencari aspek–aspek sosial, namun juga untuk mendapatkan informasi dan layanan. Untuk itu, Catster berupaya menyediakan sebanyak mungkin informasi dan pelayanan seputar hewan peliharaan kucing. Tak heran jika fitur-fitur yang ada pada Caster ini merupakan campuran antara penciptaan komunitas dan konten profesional.

  • Forum

Forum merupakan wadah yang dapat digunakan para pengguna Catster untuk melakukan percakapan ataupun diskusi mengenai segala hal seputar kucing mereka. Mulai dari masalah kesehatan, makanan, gizi, perawatan, pelatihan ataupun kebiasaan para kucing mereka. Masing-masing percakapan ini biasanya dipisahkan berdasarkan kategori–kategori tertentu.

  • Buku Harian

Buku harian atau yang biasa disebut dengan diary ini adalah buku yang berisi kisah kehidupan sang kucing peliharaan setiap harinya. Buku harian ini ditulis oleh para pemilik akun dengan maksud untuk berbagi kisah keseharian sang kucing kepada teman-teman pecinta kucing lainnya, sehingga tercipta rasa pertemanan yang lebih erat.

  • Photo Tagging

Photo tagging merupakan fitur yang memungkinkan para pengguna akun Catster untuk mengunggah (upload) dan kemudian menge-tag foto tersebut ke sesama pemilik akun lainnya. Fitur photo tagging pada Catster ini memiliki prinsip dan format yang sama dengan fitur photo tagging pada akun jejaring sosial Facebook.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Selain melakukan pertukaran informasi di dunia maya, Catster juga mengadakan kegiatan-kegiatan seperti pertemuan tatap muka antar para penggunanya ataupun kegiatan Show Chat yang dilakukan secara online. Acara Show Chat ini merupakan lomba foto kucing yang dibagi ke dalam beberapa kategori. Setiap peserta diminta untuk mengunggah (upload) foto kucing mereka ke situs jejaring Catster sesuai dengan kategori - kategori yang ada.

Referensi[sunting | sunting sumber]