Carol Gilligan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carol Gilligan
Carol Gilligan dan James Gilligan pada 2011
Carol Gilligan dan James Gilligan pada 2011
Lahir28 November 1936 (umur 83)
PekerjaanDosen
KebangsaanAmerika Serikat
TemaPsikologi, etika, feminisme
Karya terkenalIn a Different Voice
PasanganJames Gilligan

Carol Gilligan (/ˈɡɪlɪɡən/; lahir 28 November 1936) adalah seorang feminis, ahli etika, dan psikolog asal Amerika Serikat yang dikenal akan karyanya mengenai komunitas yang etis, hubungan yang etis serta beberapa permasalahan mengenai subjek-objek di bidang etika.

Gilligan adalah dosen di bidang Humaniora dan Psikologi Terapan di Universitas New York dan adalah dosen tamu di Pusat Studi Kajian Gender dan Jesus College di Universitas Cambridge hingga tahun 2009.

Ia paling dikenal akan bukunya yang diterbitkan pada tahun 1982, yang berjudul "In a Different Voice: Psychological Theory and Women's Development " atau "Dengan Suara yang Berbeda: Teori Psikologis dan Perkembangan Perempuan". Karyanya dianggap menginspirasi bagian dari Undang-undang Kesetaraan Gender dalam Pendidikan tahun 1993.

Majalah Time menobatkan Gilligan sebagai salah satu dari 25 orang-orang yang paling berpengaruh di Amerika pada tahun 1996.[1] Dia mengembangkan apa yang dikenal sebagai etika kepedulian.

Latar belakang dan karier[sunting | sunting sumber]

Carol Gilligan dibesarkan di sebuah keluarga Yahudi di kota New York.[2] Ia merupakan anak satu-satunya dari seorang pengacara, William Friedman, dan seorang guru sekolah TK, Mabel Caminez. Gilligan bersekolah di Sekolah Walden, yaitu sebuah sekolah swasta yang progresif di daerah Upper West Side di Manhattan. Ia bermain piano dan berkarier di bidang tari modern selama di pendidikan tinggi. Gilligan memperolah gelar sarjan dengan predikat summa cum laude di bidang sastra Inggris dari Swarthmore College, juga gelar master dalam bidang psikologi klinis dari Radcliffe College, serta gelar doktor di bidang psikologi sosial dari Universitas Harvard.[3] Disertasi doktoralnya berjudul "Respon terhadap Cobaan: Sebuah Analisis terhadap Motif".[1]

Ia memulai karier mengajarnya sebagai dosen di Universitas Chicago dari 1965 hingga 1966, di mana ia mengajar mata kuliah "Pengantar Ilmu Sosial Modern". Ia kemudian menjadi dosen di Universitas Harvard pada 1967 di mana ia mengajar mengenai Pendidikan Umum. Setelah menjadi asisten dosen di Sekolah Tinggi Pendidikan Harvard di tahun 1971, ia menjadi sangat dihormati dan mendapatkan posisi tetap di sana pada 1988 sebagai dosen. Gilligan juga mengajar selama dua tahun di Universitas Cambridge pada 1992 hingga 1994 sebagai Pitt Professor di bidang Sejarah dan Institusi Amerika dan merupakan profesor tamu dalam bidang Ilmu Sosial dan Politik. Pada 1997, ia menjadi Patricia Albjerg Graham Chair di bidang Kajian Gender di Harvard.[3] Dari 1998 hingga 2001, ia merupakan Visiting Meyer Professor dan profesor tamu di Fakultas Hukum Universitas New York.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Graham, Ruth (June 24, 2012). "Carol Gilligan's Persistent 'Voice'". Boston Globe. Diakses tanggal January 9, 2018. 
  2. ^ Medea, Andrea (March 1, 2009). "Carol Gilligan". Jewish Women's Archive. Diakses tanggal July 22, 2012. 
  3. ^ a b "Carol Gilligan (1936-present)". Webster University. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2012. Diakses tanggal July 22, 2012. 
  4. ^ Gilligan, Carol. 2011. "Looking Back to Look Forward: Revisiting In a Different Voice." Classics@, Issue 9, "Defense Mechanisms," http://nrs.harvard.edu/urn-3:hul.ebook:CHS_Classicsat